Gaji Kecil? Ini Solusi Keuangan Agar Rumah Tangga Tetap Tenteram

Aisyah
Aisyah
31 Agustus 2017

Solusi Keuangan untuk Keluarga

Sudah diatur sedemikian rupa, tetapi tetap terasa kurang karena pendapatan yang diterima di bawah kebutuhan pokok bulanan. Alih-alih menyisihkan sebagian gaji untuk menabung, untuk keperluan sehari-hari pun seringkali harus gali lubang tutup lubang. Tak pelak, persoalan keuangan seringkali memicu perselisihan rumah tangga dan mengganggu keharmonisan keluarga. (coba baca ini : cara atur keuangan bagi pasangan muda)

"solusi

Sebenarnya, yang menjadi persoalan bukanlah seberapa besar atau kecil gaji Anda. Melainkan bagaimana cara mengelola penghasilan dan menempatkannya di pos-pos yang tepat. Namun tak bisa dipungkiri, dengan gaji kecil seseorang akan kesulitan untuk menyimpan sebagian keperluan darurat, seperti biaya rumah sakit, biaya sekolah anak, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana caranya mengelola dan mengatur keuangan keluarga dengan gaji terbatas? Dan yang paling penting, bagaimana menemukan solusi keuangan yang tepat agar rumah tangga tetap harmonis?

Susun Rencana Belanja Bulanan Sebagai Solusi Keuangan

Untuk menghindari pemborosan, alangkah baiknya jika Anda mulai membuat anggaran belanja bulanan. Tanpa perencanaan keuangan yang jelas, Anda dan keluarga cenderung akan mengeluarkan uang untuk memenuhi keinginan sesaat yang menyebabkan pemborosan.

Anggaran belanja ini bisa menjadi tolak ukur seberapa besar pengeluaran Anda untuk kebutuhan selama satu bulan. Belanjakan uang sesuai dengan anggaran yang telah Anda buat, jangan sampai melebihi dari anggaran yang sudah ditentukan. Mengapa? Karena, sisa uang Anda akan dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Anda bisa membagi anggaran belanja bulanan ini menjadi dua, yakni anggaran untuk kebutuhan primer, skunder dan tersier. Kebutuhan primer dan skunder antara lain, biaya makan, transportasi, tagihan listrik, air, telepon, serta berbagai cicilan. Sedangkan kebutuhan tersier, seperti anggaran shopping, travelling, hingga hang-out.

Sudahkah Anda menerapkannya? Anggaran belanja bulanan ini akan menjadi solusi yang tepat untuk keuangan Anda. Jadikan keterbukaan sebagai budaya rumah tangga. Jangan sampai masalah finansial menjadi topik tabu dalam diskusi keluarga.

Kartu Diskon dan Promo Bisa Jadi Solusi Keuangan

Salah satu solusi keuangan mengatasi persoalan rumah tangga Anda yakni dengan memanfaatkan kartu diskon dan promo untuk berbelanja. Dengan kartu diskon dan promo ini Anda bisa menghemat banyak uang. Terlebih jika Anda manfaatkan untuk membeli barang-barang kebutuhan pokok bulanan.

Yang terpenting, Anda harus pandai mencari tempat belanja yang menawarkan banyak kupon diskon. Tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak supermarket dan tempat-tempat berbelanja besar yang menawarkan banyak diskon dan keuntungan jika memiliki kartu member.

Solusi Keuangan Pokok : Bayar Tagihan dan Hutang Tepat

"membayar

Untuk menghindari penumpukan tagihan yang lebih besar, akan sangat baik dan bijak jika Anda tidak menunda-nunda dalam membayar tagihan dan cicilan bulanan. Seperti tagihan listrik, air, internet, TV kabel, angsuran rumah, cicilan kendaraan, dan tagihan lainnya.

Mengapa harus tepat waktu dalam membayar tagihan? Karena jika tidak tepat waktu atau sudah jatuh tempo, maka Anda dapat dikenakan denda. Kalau sudah begitu, Anda harus mengeluarkan biaya lagi, kan?

Menjumlahkan semua tagihan tiap bulan bisa jadi solusi keuangan Anda menjadi lebih baik. Dengan begitu Anda dapat memperkirakan seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tagihan.

Cari Solusi Keuangan dengan Pengeluaran Murah

Solusi keuangan lain yang paling bijak dalam mengelola gaji bulanan ialah dengan mencari alternatif pengeluaran yang murah. Hal ini dapat menghemat biaya anggaran belanja, misalnya ketika Anda membutuhkan barang elektronik atau furniture. Anda harus cermat dan pintar membelinya. Cari barang murah namun tetap yang memiliki kualitas baik.

Terkadang, barang bekas yang masih bagus dan layak pakai bisa menjadi solusi terbaik untuk menghemat anggaran belanja. Anda hanya perlu teliti dan pintar dalam memilah barang-barang bekas tersebut. Sekarang, sudah banyak toko online yang menjual barang bekas layak pakai. Mungkin Anda bisa memoles sedikit dan akan terlihat seperti baru.

Menabung Solusi Keuangan Sepanjang Masa

Jangan jadikan gaji kecil sebagai alasan Anda untuk tidak menabung. Sebaiknya, Anda menyisihkan sedikit gaji Anda di awal bulan untuk ditabung. Dengan begitu, Anda akan konsisten untuk menabung setiap bulannya. Biarpun sedikit, kelak tabungan yang terkumpul akan sangat berguna untuk masa depan Anda dan rumah tangga.

Anda juga bisa menyisihkan sisa uang Anda tiap harinya. Misalnya, setiap pulang kerja Anda menyisihkan Rp5.000 dan ditabung di celengan. Jika setiap hari Anda konsisten menabung, maka dalam setahun tabungan Anda mencapat Rp1.800.000. Lumayan untuk menambah ongkos mudik, kan?


Tambahan Penghasilan, Solusi Keuangan Paling Joss!

"solusi

Jika Anda masih merasa kesulitan mengatur dan mengelola keuangan rumah tangga dengan gaji yang terbatas, mungkin akan sangat tepat dan bijak jika Anda mulai mencari penghasilan tambahan. Manfaatkan waktu Anda untuk memperoleh uang tambahan. Misalnya dengan menjual pulsa, menjadi penulis lepas, membangun bisnis online, dan lainnya. Dengan catatan tidak mengganggu pekerjaan pokok Anda.

Dengan penghasilan tambahan ini, tentunya penghasilan bulanan Anda juga akan bertambah. Dengan begitu, Anda bisa menyisihkan uang untuk ditabung dengan jumlah yang lebih banyak. Bahkan, Anda dapat mengalokasikan penghasilan tambahan Anda untuk investasi. (silakan baca artikel ini juga : hemat dengan penghasilan bulanan )

Gaji kecil bukan alasan untuk munculnya persoalan keuangan rumah tangga. Solusinya ialah bagaimana cara Anda mengelola dan mengatur keuangan dengan tepat, cermat, dan bijak.