Promo Kartu Kredit, Solusi Defisit Setelah Lebaran

Aisyah
Aisyah
10 Juli 2017

Defisit dan Promo Kartu Kredit

Lebaran selesai, dompet pun kering dengan sukses. Itukah kondisi yang anda alami sekarang? Ironisnya di Indonesia, hari kemenangan seolah identik dengan risiko pengurasan anggaran.

Maklum saja, bagi kalangan yang merayakan, kebutuhan untuk menyambut festive season Iedul Fitri butuh biaya tidak sedikit. Apalagi jika anda melengkapinya dengan ritual mudik ke kampung halaman. Anda harus menyiapkan dana ekstra untuk keperluan akomodasi dan transportasi yang jumlahnya tidak sedikit.

Akibatnya begitu euphoria lebaran usai, kondisi keuangan berantakan bahkan bisa kritis sampai titik gaji penghabisan. Tunjangan Hari Raya (THR) yang diterima pada pertengahan Ramadhan hanya numpang lewat tanpa bekas.

Maka menjadi fenomena umum, sebagian besar orang mengalami penurunan daya beli setelah musim lebaran berakhir. Tahun ini kondisi menjadi semakin sulit karena momen hari raya berimpitan dengan pergantian tahun ajaran baru. Siapa yang bisa menunda kebutuhan anak sekolah?

Dengan seabrek pengeluaran yang sudah terjadi, kita harus lebih jeli memanfaatkan celah penghematan supaya kebutuhan dana tertutupi. Biasanya kita akan cenderung menggunakan cara apa pun asal halal, untuk menutup defisit.

Mungkin anda akan menggerogoti tabungan yang ada, atau “meminjam” sementara dana kebutuhan darurat. Sah-sah saja selama tidak lupa mengisinya kembali setelah kondisi keuangan stabil pada bulan berikutnya.

Di luar itu, anda sebenarnya bisa melirik fasilitas promo kartu kredit guna menyiasati kebutuhan yang tidak bisa ditunda. Banyak jenis promo yang bisa dimanfaatkan untuk menekan akumulasi kebutuhan dana ketika situasi keuangan cekak.

Cermati beberapa fasilitas yang ditawarkan para penyelenggara kartu kredit di bawah ini. Manfaatkan secara efisien dan hati-hati, agar anda tidak terjebak kesalahan finansial yang malah bisa menyulitkan di belakang hari.

Promo Kartu Kredit untuk Menghemat Perjalanan


BCA punya cukup banyak program promosi kartu kredit yang relevan dengan liburan pasca lebaran. Sampai 6 Juli ini, mereka menawarkan 25% diskon untuk pembelian tiket Garuda Indonesia. Sementara Garuda Miles memberikan bonus miles 50% sampai akhir Juli 2017.

Masih bersama maskapai Garuda Indonesia, Bank Mega menawarkan harga kompetitif kepada pengguna kartu kreditnya. Untuk semua rute domestik dan internasional Indonesia outbond (kecuali Jeddah) mereka menawarkan diskon 5% saat periode black out. Fasilitas berlaku untuk semua kelas,termasuk kelas ekonomi special promo. Segera manfaatkan fasilitas ini, karena program promo yang dibesut sejak September 2016 tersebut akan berakhir pada 31 Juli 2017.

Untuk yang memiliki kepentingan traveling ke Jepang, US, Kanada dan Meksiko, kartu kredit Bank Mega menawarkan diskon sampai 10% bersama ANA Airlines. Periode booking dan terbang paling lambat 30 September 2017 dan berlaku untuk kelas ekonomi dan ekonomi premium.

Lebih spesifik, ANZ menawarkan promo kartu kredit untuk transaksi travel dan online. Cashback yang mereka tawarkan untuk kedua jenis transaksi tersebut mencapai 20% dan berlaku hingga 31 Juli 2017. Anda masih bisa memanfaatkannya untuk pembelian tiket liburan anak-anak yang akan berakhir tanggal 17 nanti. Yang termasuk transaksi travel adalah tiket pesawat, hotel, tur dan travel, theme park dan transportasi.

Promo Kartu Kredit Mandiri di Merchant Bandara

Masih dalam suasana liburan anak sekolah, Bank Mandiri memberikan Fasilitas Merchant Bandara yang berlaku sampai akhir 2017. Ini merupakan program loyalty bagi pemegang kartu kredit Mandiri yang sedang melakukan perjalanan menggunakan maskapai penerbangan.

Cukup dengan menunjukkan kartu kredit miliknya, pemegang kartu Mandiri berhak mendapatkan fasilitas paket makanan dan minuman secara gratis di merchant bandara Terminal 3 Ultimate Soekarno Hatta, Jakarta. Fasilitas tersebut juga bisa didapatkan dengan menukarkan Fiestapoin.

Merchant bandara yang bekerjasama Kartu Mandiri adalah Hongtang, Liberica, Warung Koffie Batavia, dan Papabunz. Jenis kartu yang dilayani oleh fasilitas ini meliputi Mastercard World Elite, dan Master Card Platinum (Feng Shui Card).

Termasuk Visa Signature, Visa Signature Golf, Visa Platinum, Visa Gold, Visa Golf Platinum, Visa Gold Golf, Titanium, Mastercard Skyz Card, Corporate Card Platinum, Corporate Card Gold. Juga untuk Mandiri Affinity Card (IBI, HA-IPB, POGI, Affinity Teratai) , Pertamina Card, serta beberapa Kartu Kredit Co Brand.

Manfaatkan Promo Kartu Kredit untuk Transaksi Online

Promo kartu kredit ANZ ditawarkan untuk transaksi online yang mencakup semua transkasi pembelian melalui portal online. Anda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk membeli tiket balik liburan, keperluan sekolah bahkan untuk belanja kebutuhan sehari-hari di modern market.

Fasilitas ini berlaku sampai 31 Agustus 2017 untuk semua kartu kredit ANZ, kecuali iPay,iTravel dan Corporate Credit Card.

Hanya saja, agar mendapatkan cashback travel dan online dari ANZ, pemegang kartu harus melakukan transaksi pada kategori lainnya terlebih dahulu, dengan akumulasi belanja minimal Rp 2,5 juta. Kategori transaksi lain adalah semua transaksi selain transaksi di kategori travel (online dan merchant) dan online yang digunakan oleh pemegang Kartu Utama dan Kartu Tambahan.

Transaksi juga bukan berupa penarikan tunai (cash advance), transfer tunai (cash transfer), Bill payment, ANZ Instalment, iuran tahunan, biaya keterlambatan dan biaya-biaya lainnya.

Untuk akumulasi transaksi kategori di luar travel dan online pada kisaran Rp 2,5 juta – Rp 5 juta, pemegang kartu kredit akan mendapatkan cashback sebesar 5%. Akumulasi Rp 5 juta – Rp 15 juta sebesar 10%, dan cash back untuk akumulasi Rp 15 juta – 35 juta,cashbacknya dijanjikan sebesar 15%. Di atas Rp35 juta, pemegang kartu kredit ANZ bisa mendapatkan cashback 20% untuk transaksi travel dan online.

Pulihkan Kesehatan melalui Promo Kartu Kredit

Anda merasakan gangguan kesehatan karena paparan menu lezat yang intens anda santap santap selama lebaran? Khusus untuk pemegang kartu kredit BNI, ada diskon hingga 10% di Mayapada Hospital Jakarta Selatan dan Tangerang. Discount 10% berlaku untuk kamar VIP & VVIP, sementra untuk paket Medical Check Up anda bisa mendapatkan potongan harga sebesar 5%. Fasilitas ini berlaku untuk Kartu Kredit Titanium, Platinum, Signature, Infinite dan Kartu Debit Platinum & Emerald.

Jika anda butuh melakukan perawatan gigi, kartu kredit Bank Mega akan memfasilitasi diskon eksklusif hingga 30% untuk setiap perawatan gigi di CBC Dental Center. Diskon 30% berlaku untuk scalling/pembersihan karang gigi dan tambal gigi, diskon 10% hingga 20% untuk jenis perawatan lainnya. Promo kartu kredit yang berlangsung hingga 31 Januari 2018 tersebut tidak berlaku pada hari libur nasional dan tidak dapat digabungkan dengan promo lainnya.

Promo Kartu Kredit untuk Penuhi Kebutuhan Kantor dan Sekolah


Untuk yang butuh alat rumah tangga dan perkantoran, kartu kredit BCA menawarkan cicilan 0% di IKEA yang berlangsung sampai akhir Oktober. Di Kawan Lama Group, mereka menawaarkan reedem reward BCA hingga 24 bulan yang berlaku sampai akhir Januari tahun depan.

Untuk yang butuh kacamata, BCA menawarkan diskon hingga 10% di Optik Seis dan 20% di Optik Melawai plus freevoucher hingga 40%. Promo di Optik Seis berlaku hingga akhir tahun ini, sementara untuk Optik Melawai berlangsung hingga Maret 2018.

Manfaatkan Promo Kartu Kredit untuk Merawat Kendaraan


Untuk perawatan kendaraan anda yang baru saja melakukan perjalanan jauh, Kartu Kredit Mandiri menawarkan program kerjasama dengan Shop & Drive yang berlaku sampai pertengahan Agustus 2017. Setiap pembelian 3 liter Oli Pertamina di outlet tersebut, pemegang Kartu Kredit Mandiri akan mendapatkan bonus 1 liter oli sejenis.

Sementara untuk pembelian Shock Absorber Kayaba dan Ban Dunlop, nasabah kartu kredit Mandiri berhak mendapatkan diskon sampai 35%. Jika anda sekalian menukarkan Fiestapoin, fasilitas diskon ini bisa ditambah 30% lagi. Bisa juga jika anda menghendaki kemudahan pembayaran cicilan 0% selama 3 bulan ke depan.

Promo Kartu Kredit untuk Produk Fesyen

Penghematan di merchant-merchant fesyen bisa anda dapatkan melalui promo kartu kredit BCA. Central Dept Store misalnya, menawarkan cash coupon Rp100 ribu dan cicilan 0% sampai akhir Januari tahun depan. Poney memberikan diskon 20% untuk pemegang kartu kredit BCA dengan cicilan 0% sampai akhir Juli ini.

Andrew Shoes menawarkan diskon 10% hingga awal Mei 2018, dan Clark memberikan tambahan diskon 10% untuk seluruh produk reguler dan produk dengan harga diskon sampai 20%. Sementara Hardware menawarkan penghematan 20% plus 5% yang berlaku sampai Maret 2018.

Yang butuh arloji bisa datang ke Watch World, kartu kredit BCA menawarkan diskon 10% sampa akhir Mei tahun depan. Untuk memulihkan kondisi kendaraan, anda bisa memanfaatkan tawaran CoolKars yang memberikan diskon hingga 50% sampai Maret 2018.

Sementara Kartu Kredit Mega menawarkan diskon fantastis sampai 70% untuk barang-barang dari Nike Factory Store. Lokasi NFS yang terdaftar adalahNFS Alam Sutera, NFS Margonda Depok, NFS Cikarang, NFS Bogor, NFS Bintaro, NFS Living Plaza Bekasi, NFS Dago Bandung, NFS Diponegoro Surabaya, dan NFS Medan. Diskon akan ditambah 20% lagi untuk produk Barcelona dengan menggunakan Mega Barca Card.