Agar Gaji Pertama Tak Kandas Begitu Saja

Aisyah
Aisyah
21 Juni 2017

Kegembiraan dari bekerja tentunya ketika Anda mendapatkan gaji pertama masuk ke rekening. Rasa bangga dan senang menjadi satu ketika melihat hasil kerja dihargai dan mengetahui kemampuan diri Anda untuk menghasilkan uang sendiri.

Maka terkadang kesenangan itu diluapkan melalui banyak cara seperti mentraktir teman, berbelanja, atau sampai traveling ketempat yang paling diimpikan. Namun suka cita tersebut tanpa disadari membuat gaji pertama Anda ludes tanpa jejak.

Pentingnya  Mengatur Keuangan dengan Bijak

Bagi pekerja pemula, ada baiknya sudah dapat berdiskusi dengan para perencana keuangan. Hal ini akan memberikan gambaran tentang bagaimana cara mengatur keuangan ke depannya. Agar dapat mengatur dengan baik dan membuat hidup Anda lebih terarah dengan tujuan keuangan yang jelas.

Karena apa yang Anda kelola sejak mendapat gaji pertama Anda akan sangat membantu Anda di masa depan. Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu mengatur gaji pertama.

Menjadikan Hidup Lebih Teratur
Mengatur uang intinya adalah disipin diri. Namun hal ini merupakan kebiasaan baik yang membuat Anda memiliki keuangan di masa depan.

Hidup Hemat
Punya penghasilan pertama bukan berarti bebas menggunakannya semaunya. Justru dengan penghasilan pertama ini, terkait erat dengan tanggung jawab. Anda juga belajar sebagai orang dewasa yang sudah dapat memilah mana yang baik dan buruk. Mengatur keuangan sejak memiliki penghasilan sendiri merupakan langkah baik untuk juga berhemat. Anda juga dapat  menabung walau masih dalam jumlah sedikit.

Hidup Lebih Tenang
Saat tidak punya uang Anda merasakan masalah yang tidak dapat melakukan apapun. Dan dapat mengerogoti produktivitas kerja. Gaji pertama jangan langsung dihabiskan. Perhitungan dengan matang agar Anda masih cukup untuk bulan berikutnya agar Anda bekerja lebih fokus.

Belajar dari Kesalahan Mengatur Keuangan ketika Menerima Gaji Pertama

Ludesnya gaji pertama Anda disebabkan oleh banyak kesalahan yang dilakukan dalam mengatur keuangan ketika menerima gaji pertama. Tanpa disadari gaji pertama berpotensi membuat Anda melakukan beberapa kesalahan dalam mengatur keuangan. Hal ini biasanya umum terjadi bagi mereka yang baru pertama kali bekerja.

Gaji pertama Anda justru menjadi ‘jebakan’ yang akan membuat Anda salah dalam mengatur penghasilan Anda seterusnya dan membuat masalah dalam hidup Anda.

Lalu apa saja kesalahan yang sering dilakukan? Dengan mengetahuinya akan membuat Anda belajar dan mempersiapkan cara untuk mengatur keuangan ketika menerima gaji pertama.

Mengatur Keuangan Agar Gaji Tak Terkuras Habis

Hal inilah yang sering terjadi bagi  para pekerja muda. Bersuka cita boleh saja, namun kendalikan diri agar tidak menggunakan seluruh gaji untuk bersenang-senang dan menikmati hidup mandiri. Bijaklah dalam mengatur keuangan ketika menerima gaji agar tidak sampai habis seluruhnya.

Karena bila Anda habiskan penghasilan Anda dalam minggu pertama, maka dipastikan operasional Anda pada  minggu-minggu berikutnya akan banyak terganggu. Pastikan Anda mengatur keuangan dengan bijak.

Perlunya Belajar Menabung untuk Hidup Lebih Nyaman

Menabung pangkal kaya, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Pepatah yang tentunya sering didengar dari Anda sejak  kecil. Namun, pepatah ini hanya akan menjadi sekadar pepatah tanpa dimengerti. Anda seringkali lupa bahkan malas untuk menyisihkan sedikit uang untuk ditabung.

Aktivitas menabung merupakan hal yang perlu dilakukan sejak dini dan ini menjadi bagian dari mengatur keuangan. Walaupun gaji pertama tidak dikuras dengan berfoya-foya, tidak menabung juga merupakan kesalahan. Tabungan adalah sebuah tolak ukur finansial seseorang, untuk itu Anda bisa memulainya sejak pertama kali menerima gaji.

Bagi pekerja pemula, ada baiknya sudah dapat berdiskusi dengan para perencana keuangan. Hal ini akan memberikan gambaran tentang bagaimana cara mengelola uang ke depannya. Agar dapat mengatur dengan baik dan membuat hidup Anda lebih terarah dengan tujuan keuangan yang jelas.

Menabung membutuhkan  disiplin dan komitmen tinggi, namun bukannya tidak mungkin dapat Anda lakukan. Ada beberapa hal agar Anda tetap dapat menabung:

•    Jumlah Kecil. Sebetulnya menabung tidak perlu dana besar yang tidak mungkin Anda lakukan. Daripada Anda mematok akan menabung per tahun Rp20 juta lebih baik Anda tetapkan jumlah yang real bisa Anda lakukan misalnya Rp500 ribu per bulan.
•    Investasi. Bila Anda menabung setiap bulan selama 25 tahun, maka Anda akan mendapatkan Rp 155 juta.  Mungkin jumlah ini akan tergerus inflasi. Namun, Anda bisa punya akal  menambah tabungan Anda untuk investasi. Misalnya saham, emas, reksadana atau jenis investasi lainnya.  Uang Anda akan bertambah.
•    Fasilitas Autodebit. Siapkan rekening khusus dengan fasilitas auto debit, dengan demikian otomatis dana Anda masuk ke rekening tersebut.
•    Lakukan di Awal Bulan. Biasakan menabung selalu di awal Anda dapat gajian per bulannya. Jangan pernah melakukannya di ujung akhir bulan yang biasanya justru Anda selalu kehabisan uang dan ‘nombok’.
•    Tingkatkan Jumlah Tabungan. Anda juga bisa mengakalinya lagi bila penghasilan Anda sudah naik, Anda juga perlu meningkatkan jumlah tabungan setiap bulannya.
•    Tujuan Keuangan yang Jelas. Siapkan tujuan Anda menabung dengan jelas dan bisa tercapai.  Misalnya untuk DP rumah atau mobil, tamasya keliling dunia, atau hal lainnya. Dengan demikian Anda akan punya arah keuangan yang dituju. Ini membuat Anda semangat untuk mencapainya.
•    Hilangkan dalam Benak Anda Punya Tabungan. Saat menabung, hilangkan dalam benak Anda kalau masih punya uang untuk digunakan. Tabungan ini khusus digunakan untuk dana darurat.

Tahan Godaan dan Bujuk Rayu Teman

Ketika gaji pertama datang terpaan godaan datang dari beberapa penjuru. Ada godaan yang sering kali melanda diantaranya adalah mentraktir teman-teman dan ikut bersenang-senang dengan uang yang Anda miliki.
Bersuka cita bersama-teman-teman ini memang tak perlu dihindari, berbagai kebahagiaan ketika mendapatkan gaji pertama tentunya sangat baik. Namun untuk mencegah kehabisan uang sejak awal menerima gaji pertama sisihkan dahulu untuk tabungan dan uang kebutuhan sehari-hari.

Jadi Anda hanya menyimpan sebagian kecil uang yang kiranya cukup untuk digunakan bersenang-senang bersama teman-teman, membahagiakan mereka juga bagian dari kesuksesan Anda. Namun ingat saja lakukan traktir dengan cara tidak berlebihan.

Gaji pertama datang tak sabar daftar belanjaan sudah menanti di depan mata. Sebelum lapar mata, tahan dulu hasrat tersebut. Pikiran untuk membeli barang-barang yang diincar ketika mendapatkan gaji pertama adalah musuh besar untuk Anda.

Bila Anda ingin membeli barang elektronik seperti handphone atau laptop dapat menggunakan kartu kredit.  Misalnya kartu kredit HSBC Gold Card untuk dapat mencicil barang elektronik yang dibutuhkan.
Jadi langkah pertama adalah berpikir matang-matang dan belajarlah memendam rasa untuk berfoya-foya. Namun bukan berarti Anda tidak bisa membeli apa yang diinginkan, mulailah belanja secara cerdas dengan memilih apa yang menjadi kebutuhan Anda.

Cobalah Mengatur Keuangan Buatlah Daftar Kebutuhan Anda

Menerima gaji pertama adalah langkah awal Anda untuk belajar memulai cara mengatur keuangan. Setelah Anda mengendalikan diri dan berpikir dengan matang, buat langsung daftar kebutuhan Anda dalam satu bulan.
Setelah gaji pertama tiba kurangi dengan kebutuhan belanja pribadi, uang makan dan transport, tagihan uang kost dan lain-lain. Bisa juga tarik uang sesuai nominal kebutuhan Anda dan masukan ke dalam amplop terpisah.

Anda dapat pertimbangan memiliki kartu kredit. Ingat kartu kredit bila digunakan dengan bijak akan membantu keuangan Anda. Anda justru dapat memperoleh banyak keuntungan dari promo diskon.

Mengatur Keuangan dengan Membuat Dua Rekening Tabungan

Buatlah dua rekening tabungan, cara ini berguna untuk mempermudah mengatur keuangan Anda kedepannya. Semua akan terasa mudah bila sudah terbentuk kebiasaan menyisihkan gaji ke dalam dua rekening yang berbeda setiap bulannya.

Dua rekening tabungan tersebut dapat di bagi menjadi rekening dana operasional dan rekening tabungan pribadi. Persentasi gaji dapat Anda bagi menjadi 70% untuk dana operasional dan 30% untuk tabungan.
Jadi ketika Anda ingin mengambil uang maka Anda hanya perlu mengecek kartu ATM dana operasional, sedangkan rekening tabungan tidak akan tersentuh. Bila perlu khusus untuk rekening tabungan tidak perlu dibuatkan kartu ATM, untuk mencegah Anda mengambilnya sewaktu-waktu.

Mengatur Keuangan untuk Dana Darurat

Menabung adalah salah satu cara untuk mengatur keuangan yang baik. Rekening tabungan yang dipisahkan dengan rekening dana operasional dapat menjadi wadah tepat menabung. Memang menabung tidak akan membuat uang Anda berkembang lebih banyak.

Jadi menabung di sini dapat berguna untuk mempersiapkan ketika suatu saat ada kebutuhan mendesak, seperti biaya ketika sakit, merenovasi rumah, ataupun kebutuhan terdesak lainnya. Menabung merupakan salah satu cara mengelola uang yang baik. Meski begitu, menabung tetap masih kalah dengan investasi, karena menabung tidak akan membuat uang Anda berkembang lebih banyak. Sedangkan dengan berinvestasi, uang Anda akan bisa menghasilkan lagi.

Belajar Mengatur Keuangan untuk Investasi

Langkah terakhir adalah belajar berinvestasi, melalui investasi uang yang dikelola nantinya akan berkembang dan berguna untuk masa depan. Berbeda dengan menabung berinvestasi membuat uang Anda berkembang lebih banyak.

Jadi dalam mengatur keuangan investasi menjadi unsur yang baik untuk mengembangkan gaji pertama Anda. Pilihan investasi yang paling mudah untuk pemula adalah deposito ataupun emas. Selain itu jika uang Anda sudah cukup banyak yang mungkin bisa dipilih adalah investasi properti.

Investasi properti merupakan salah satu favorit karena selalu mengalami kenaikan harga. Dengan berinvestasi Anda telah mempersiapkan kehidupan masa depan yang lebih baik. Jadi kelak ketika sudah tidak bekerja lagi Anda tinggal menikmatinya.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam mengatur keuangan ketika mendapatkan gaji pertama. Dengan membiasakan melakukan hal-hal di atas Anda akan terhindar dari kesalahan-kesalahan yang berdampak pada bulan-bulan selanjutnya.