Bank Rakyat Indonesia

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau (Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto(, suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Lembaga tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.


Beberapa produk dan layanan keuangan yang ditawarkan oleh BRI diantaranya adalah Produk Tabungan BRI, Produk Deposito BRI, Produk Giro BRI, Pinjaman BRI, Kartu Kredit BRI, Kredit Pemilikan Rumah atau KPR BRI, Kredit Kendaraan Bermotor atau KPM BRI, Dana Pensiun Lembaga Keuangan, Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Sukuk Negara Ritel (SR), Jasa Wali Amanat, Jasa Kustodian, dan Layanan BRI Prioritas.

Produk Tabungan BRI
Produk tabungan yang ditawarkan BRI diantaranya adalah BRI SIMPEDES, BRI Tabungan BritAma, BritAma Bisnis, Tabungan BRI BritAma Edisi Anak Muda, Tabungan BRI Simpedes, Tabungan BRI Simpel, Tabungan Haji BRI, Tabungan BritAma Rencana, Tabungan BritAma Valas, dan Tabungan BRI Junio.

Produk Deposito BRI
Produk deposito yang ditawarkan oleh BRI diantaranya adalah BRI Deposito Rupiah, BRI Deposito Valas, dan BRI Deposito on Call.

Produk Giro BRI
Produk Giro yang tersedia di BRI adalah BRI Giro Rupiah dan BRI Giro Valas.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI
Kredit Usaha Rakyat atau KUR BRI tersedia bagi KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR TKI.

Pinjaman Mikro BRI
BRI memberikan pinjaman KUPEDES, yaitu Kredit dengan bunga bersaing yang bersifat umum untuk semua sektor ekonomi, ditujukan untuk individual (badan usaha maupun perorangan) yang memenuhi persyaratan dan dilayani di seluruh BRI Unit dan Teras BRI.

Pinjaman Ritel Komersial dan Menengah BRI
Pinjaman Ritel yang diberikan BRI diantaranya adalah Kredit Modal Kerja, Kredit Agunan Kas, Kredit Waralaba, Kredit Investasi, Supply Chain Financing, dan Bank Garansi.

BRIGUNA BRI
Beragam pilihan pinjaman untuk usaha Anda tersedia sesuai kebutuhan seperti Briguna Karya, Briguna Purna, dan Briguna Umum.

Pinjaman Progam BRI
Pinjaman Program yang tersedia di BRI adalah BRI Kredit Pangan, BRI Pinjaman Kemitraan, dan BRI Resi Gudang

Kartu Kredit BRI
Kartu kredit BRI yang tersedia adalah Kartu Visa, Kartu Master, dan Kartu JCB.

Kredit Pemilikan Rumah BRI
KPR BRI terdiri dari KPR BRI (Reguler) dan KPRS BRI yang ditujukan khusus bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Kredit Kendaraan Bermotor BRI
Kredit Kendaraan Bermotor yang tersedia adalah KKB Mobl Baru dan Bekas, KKB Refinancing, dan KKB Harley Davidson.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan BRI
Dana Pensiun Lembaga Keuangan Bank Rakyat Indonesia (DPLK BRI) menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP) bagi peserta Individu maupun Korporasi, serta Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP) bagi peserta Korporasi.

Tujuan PPIP adalah untuk memberikan jaminan kelangsungan penghasilan dan kesejahteraan hari tua bagi para pesertanya, dengan menginvestasikan dana peserta ke instrumen investasi yang menarik melalui diversifikasi portofolio efek sesuai pilihan paket investasi yang dipilih peserta.

Tujuan PPUKP adalah untuk membantu perusahaan dalam mencadangkan pembayaran dana pesangon pekerja yang berhak atas dana pesangon sesuai Undang-Undang Ketenagakerjaan dan ketentuan internal perusahaan.

ORI & SR BRI
Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Sukuk Negara Ritel (SR) merupakan Surat Berharga yang dijamin pembayaran bunga, bagi hasil serta pokoknya oleh Pemerintah dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi investor individu Warga Negara Indonesia.

Jasa Wali Amanat BRI
BRI berkewajiban membantu emiten melaksanakan pelunasan jumlah pokok obligasi dan pembayaran bunga obligasi dengan cara melakukan pembayaran-pembayaran atas nama Emiten menurut ketentuan-ketentuan dalam perjanjian agen pembayaran dan perjanjian perwaliamanatan. Selain itu BRI juga berkewajiban membantu wali amanat dalam pengawasan nilai jaminan obligasi, mendaftarkan jaminan kepada kantor fiducia setempat dan memelihara dokumen jaminan obligasi dengan baik.

Jasa Kustodian BRI
BRI telah melayani jasa bank kustodian sejak tahun 1996 dengan berbagai jenis penitipan efek, termasuk instrumen monye market berupa deposito / deposito on call hingga Sertifikat Bank Indonesia, instrumen fixed income berupa obligasi dan berbagai jenis surat hutang baik yang diterbitkan oleh pemerintah (goverment bond) dan corporate bond, serta instrumen ekuitas berupa saham. Layanan Kustodian BRI termasuk pula mewakili nasabah dalam kegiatan Rapat Umum Pemegang Saham dan Rapat Umum Pemegang Obligasi terkait efek yang dimiliki.

Layanan BRI Prioritas
Layanan BRI Prioritas mempersembahkan sebuah layanan perbankan istimewa dan menyeluruh untuk anda sebagai Pribadi Terpilih. Sebagai Pribadi Terpilih, kami mengundang Anda untuk menikmati fasilitas dan layanan eksklusif BRI Prioritas, mulai dari layanan dan solusi perbankan dengan konsep one stop service, hingga pengelolaan kekayaan (wealth management) secara menyeluruh dan eksklusif dari Priority Banking Officer profesional dan bersertifikasi.

Produk Bank Rakyat Indonesia