Tips Belanja Fashion Lebaran di Toko Online

Intan Rizky Adelia
Intan Rizky Adelia
16 Mei 2018

Saat ini mungkin Anda tengah memikirkan kebutuhan outfit yang cocok untuk dikenakan saat hari kemenangan sebulan ke depan. Namun kesibukan kantor, membuat Anda tak mungkin mencari baju  di butik langganan.

Betul, pilihan paling tepat adalah belanja di toko online. Anda tak perlu keluar rumah, dan barang yang dipilih akan datang sendiri melalui jasa pengiriman.  Enak, ya.  Sama halnya saat masuk toko offline, belanja di toko online juga menawarkan pilihan bervariasi, dengan berbagai tingkat harga yang bisa dibandingkan seketika.

Namun kenyataannya belanja fashion secara online tidak semudah itu. Ada ukuran yang harus disesuaikan, ada bahan yang hanya dilihat tanpa dipegang. Bagaimana cara belanja online untuk mendapatkan item fashion sesuai yang diinginkan, ikuti paparan berikut ini.

1. Cek Isi Lemari

Sebelum memutuskan untuk belanja fashion secara online, coba Anda periksa dulu stok baju di lemari. Apakah sebenarnya gamis lama Anda masih enak dipakai? Apakah celana panjang anak memang sudah kependekan? Apakah baju koko suami sudah kekecilan? Dan sebagainya.

Dengan mengecek stok baju di lemari, Anda akan terhindar dari penyesalan karena membeli baju yang jenisnya masih banyak. Atau membeli baju yang tidak terlalu dibutuhkan, sementara yang lebih diperlukan justru tidak dibeli.

Cara ini juga bisa membantu kita memilih baju baru yang sifatnya cukup sebagai pelengkap baju lama sehingga tidak menguras banyak dana. Misalnya, tahun ini kita cukup membeli rok bermotif untuk dipadupadankan dengan tunik lama yang berwarna polos.

 2. Cek Toko online

Saat ini ada beberapa toko ritel yang membuat situs jual beli online. Tentu saja hal tersebut akan memudahkan Anda untuk belanja fashion, karena toko online tersebut sudah pasti terjaga kualitasnya.

Di luar itu, ada juga toko fashion  online yang berdiri independen atau bukan perpanjangan toko ritel. Di toko seperti ini Anda sebaiknya waspada. Kadang-kadangh kualitas baju yang dijual tidak sama.

Anda tentu tidak ingin membeli barang berkualiltas rendah atau palsu. Itulah sebabnya Anda harus memilih toko dengan manajemen ketat pada vendor dan produknya. (Coba simak :Cara aman belanja online)

Untuk mendapatkan keuntungan dan penghematan, Anda bisa belanja melalui situs yang memberikan cashback atau harga khusus. Dengan adanya cashback, pengeluaran untuk belanja online Anda bisa lebih dihemat lagi.

Namun begitu, Anda tetap harus hati-hati karena tidak selamanya diskon dapat memberikan penawaran harga yang murah. Menurut data yang ada, orang-orang cenderung akan rela belanja sebuah produk jika memiliki label diskon. Padahal jika dihitung-hitung harga produk tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda ketika tanpa diskon.

(Artikel terkait : Cara pintar atur anggaran fashion)

3. Cek Ukuran

Permasalahan yang dihadapi saat belanja fashion secara online adalah kita tidak bisa mencobanya. Oleh sebab itu, Anda harus tahu patokan ukuran baju.

Kadang kala ada ukuran yang menggunakan angka seperti dari 4 sampai 28. Namun ada juga yang ukuran baju menggunakan huruf seperti XS, S, M, L dan XL.

Cek terlebih dahulu jenis ukuran dan standar yang ditulis dalam penjelasan baju tersebut. Bukan hanya itu saja, cermati juga ukuran baju dalam bentuk centimeter.

4. Cek material

Selain itu, cek bahan yang menjadi material dalam pembuatan busana yang ingin Anda beli.  Misalnya tertulis bahan polyester, jenis bahan ini akan flexibel dan melar, sehingga kemungkinan Anda akan kesempitan menjadi kecil.

5. Cek harga

Dengan maraknya toko baju online, Anda harus mengambil kesempatan. Kadang kala untuk produk yang sama harga akan berbeda antara satu toko online dengan toko online lain. Oleh sebab itu, selalu bandingkan harga.

6. Cek Pengiriman

Sebagian toko tidak mengirimkan barangnya ke seluruh penjuru dunia. Jadi sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu apakah pemesanan dari lokasi Anda mungkin dilakukan.

Selain itu, pastikan juga toko tersebut memiliki rekaman proses pengiriman yang aman dan lancar, karena pelanggan tak pernah mau menunggu terlalu lama untuk mendapatkan produk yang dipesan.

7. Cek Alamat Pengiriman

Pastikan alamat yang Anda tulis benar. Jangan sampai kurir yang mengirim baju lebaran Anda salah alamat sehingga Anda gagal berlebaran dengan  baju baru

Oke, selamat berburu fashion di dunia online ya..  Jaga akal sehat,  agar isi dompet hemat.