Siapkan Ini Agar Nyaman Nonton Java Jazz 2018

Intan Rizky Adelia
Intan Rizky Adelia
13 Februari 2018

Siap hadir dalam pagelaran Java Jazz Festival 2018?

Tahun ini, Festival Musik Jazz terbesar di Asia Tenggara tersebut rencananya akan digelar pada tanggal 2, 3, dan 4 Maret 2018 di Jakarta International Expo (JIE), Kemayoran, Jakarta. 

Bertajuk 'Celebrate Jazz in Diversity', Java Jazz Festival 2018 menghadirkan sejumlah musisi ternama dari dalam maupun luar negeri. Seperti Daniel Caesar, Lauv, Goo Goo Dolls, Andien, Dira Sugandi, Java Jive, Maliq and D Essential dan masih banyak yang lainnya. 

Anda yang berencana untuk hadir, mesti  bersiap diri dengan keribetan karena banyaknya konser musisi-musisi idola dalam waktu dan tempat yang sama.  Siap-siap, yuk. 

1.    Pelajari jadwal manggung Java Jazz 2018

Akan ada puluhan show per hari. Seleksilah pertunjukan artis yang mana saja yang akan ditonton. Perhatikan juga jam, nama ruangan, dan lokasi ruangannya. 

Anda dapat melihat jadwal ini pada website www.javajazzfestival.com. Di sana tertera dengan jelas,  pukul berapa dan di ruang mana masing-masing musisi akan tampil. Kalau sudah ada persiapan itu, Anda bisa santai lenggang kangkung langsung menuju panggung tanpa harus bertanya-tanya lagi ke bagian informasi yang biasanya dikerumuni sangat banyak orang.

 Dan Anda bisa segera menikmati penampilan penyanyi idola secara penuh, membagi-bagi waktu dengan mudah. Jadi, dalam sehari itu, Anda bisa menikmati penampilan beberapa penyanyi dengan nikmat tanpa bingung ingin menyaksikan penampilan siapa dan dimana. 

Jadwal acara bisa juga didapatkan di lokasi acara. Ada yang tersedia gratis dalam selebaran atau spanduk, tapi biasanya ada juga yang dijual dalam bentuk majalah beserta profil singkat dari setiap artis. 

2.    Siapkan dan pelajari peta lokasi Java Jazz 2018

Jangan sampai tersesat di lokasi. Memang, panitia Java Jazz 2018 akan menyiapkan peta dan jadwal dalam booklet, tapi tidak ada salahnya jika membawa sendiri peta dan juga jadwal yang ada supaya dapat Anda mempelajari terlebih dahulu medan tempurnya. 

3.    Persiapkan stamina dan air

Untuk bisa menghadiri sebuah festival musik selama tiga hari berturut-turut yang berlangsung dari sore sampai tengah malam, tentu butuh stamina. Apalagi lokasinya terbilang sangat luas dan perlu wira-wiri dari ruangan yang satu ke ruangan yang lain untuk mengikuti jadwal pertunjukan artis favorit.

Jagalah kondisi tubuh sebaik-baiknya agar dapat menikmati seluruh pertunjukan secara lengkap. Anda pasti akan sangat haus dan lelah saat menyaksikan konser. Jadi, tidak ada salahnya untuk selalu sedia sebotol air di tas Anda untuk mencegah dehidrasi.  Anda dapat membeli minum dari para penjual makanan di stand makanan yang ada di Java Jazz Festival (JJF).

4.    Kenakan pakaian dan alas kaki super nyaman 

Karena lokasi sangat luas dan waktu acara sangat lama. Anda harus mengenakan pakaian yang enak di badan dan bisa cepat menyerap keringat. Begitu juga dengan alas kaki. Pilihlah alas kaki yang super nyaman untuk digunakan wara wiri dengan enak dan nyaman dalam waktu berjam-jam. Kaos, celana jeans dan sepatu kets akan membuat Anda lebih nyaman saat menyaksikan Java Jazz 2018

5.     Perhitungkan waktu tempuh dan kemacetan

Oh, ya... banyaknya penonton yang ingin menyaksikan Java Jazz, biasanya membuat antrian mobil cukup panjang masuk ke areal. Begitu menjelang malam,  arus lalu lintas sekitar lokasi akan semakin padat dan cenderung macet. Terlebih pada hari Jumat.

Sebaiknya Anda benar-benar memperhitungkan waktu tempuh dari rumah ke lokasi plus kemacetan jalan agar tidak ketinggalan penyanyi idola. Tidak ada salahnya berangkat lebih awal, jika ingin menyaksikan pertunjukan artis tertentu. 

Panitia JJF biasanya menyediakan shuttle ke beberapa tempat di Jakarta dan luar Jakarta. Anda bisa mencari info lebih lanjut dan mempertimbangkan fasilitas yang disediakan ini untuk mempermudah kehadiran Anda. 

6. Jangan bawa makanan dan minuman dari luar

Ada larangannya. Karena itu Anda sebaiknya tidak nekat karena dijamin akan disita. Pemeriksaannya tergolong ketat. Untungnya, di dalam lokasi tersedia banyak makanan dan minuman. Memang, umumnya harga yang diterapkan agak tinggi jika dibandingkan di luar, tapi  masih cukup terjangkau kok. 

7. Jangan tunda beli merchandise Java Jazz 2018

Jika datang ke festival ini dari hari pertama, langsung saja sempatkan untuk berburu merchandise. Begitu ada yang cocok, jangan ragu segera membelinya. Tidak perlu menunda hingga hari terakhir karena biasanya di hari terakhir sudah banyak jenis suvenir yang stoknya habis. 

8. Perhatikan cara pembayarannya

Untuk membeli makanan dan minuman yang tersedia, cara pembayarannya tidak dengan uang tunai melainkan menggunakan kartu prepaid isi ulang milik salah satu sponsor utama.

Begitu juga untuk membeli merchandise. Mungkin cara pembayaran seperti itu terasa cukup merepotkan, tapi Anda tidak perlu bingung-bingung soal uang kembalian saat berbelanja. Kartu prepaid-nya sendiri cukup menarik untuk dikoleksi karena bergambar artis utama yang manggung di festival tahun ini. 

9. Bawa ransel atau tas selempang

Tinggalkan saja barang-barang 'tidak penting' di rumah. Agar tetap nyaman menyaksikan aksi panggung para musisi pujaan, tas selempang atau ransel bisa digunakan untuk menampung hasil berburu merchandise dan juga produk sampel yang biasa dibagikan di lokasi oleh sejumlah sponsor. Dari pada menenteng tas atau kantong plastik sambil nonton konser?Jangan lupa untuk memasukan handphone dan dompet di dalam saku / tas Anda.

10. Siapkan peralatan komunikasi

Banyak keluhan soal susahnya berkomunikasi dengan ponsel saat berada di lokasi acara. Lebih baik Anda siapkan lebih dari satu nomor seluler dengan operator yang berbeda sebagai alternatif. Jangan lupa, siapkan juga ketahanan baterai ponsel yang digunakan. 

11. Siapkan kamera

Java Jazz merupakan salah satu konser yang memperbolehkan pengunjung membawa kamera. Jadi jangan lupa siapkan kamera digital maupun SLR milik Anda untuk dibawa. Atau kalau dengan handphone, pastikan memorinya masih cukup. Siapa tahu, Anda bertemu artis yang tampil di JJF dan dapat mengambil foto dengannya. 

12. Periksa tiket Anda 

Jangan sampai Anda lupa membawa tiket JJF Anda. Juga hati-hati jika Anda berniat membeli dari calo, jangan sampai malah mendapat tiket palsu! 

Ok guys, nikmati pertunjukan yang ada, sebab Anda tidak pernah tahu kapan artis tersebut akan tampil kembali.