Selusin Ide Bisnis Untuk Anak Kos

Intan Rizky Adelia
Intan Rizky Adelia
06 September 2018

Menjadi anak kos adalah pelajaran mandiri menuju kedewasaan. 
Jauh dari orang tua berarti harus siap mental kalau kiriman kurang atau malah transferan telat sekali waktu.

Yup, keuangan adalah masalah yang paling banyak dihadapi anak kos.  Apalagi kalau orang tuamu terbilang bukan orang berada, yang kau tahu sendiri kehidupannya sangat sederhana di rumah. Minta tambahan kiriman kamu tak enak hati. Mau tak mau, kamu harus mampu mencari cara untuk keluar dari masalah itu sendirian. (Coba baca dulu : Cara mengelola keuangan anak kos)

Hey, mengapa tidak mencoba cari uang untuk menutup kebutuhanmu? Kalau kamu mampu menyingkirkan perasaan malu dan malasmu, ada  beberapa jalan yang bisa ditempuh untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Simak beberapa ide bisnis yang bisa dicoba oleh anak kos sepertimu, yang relative tidak perlu modal besar. 

Wujudkan, Jangan Takut Gagal

Kalau kamu sudah niat untuk mulai  belajar bisnis, bulatkan tekad dan jangan takut gagal sebelum mencoba. Kedua, jangan langsung memikirkan keuntungan besar dari bisnis ini. Yang penting, coba dulu dengan modal seadanya. 

Ketiga, jangan ragu untuk banyak bertanya kepada yang sudah pengalaman. Selain untuk memperkaya pengetahuan, kamu juga bisa menggali info sebanyak-banyaknya tentang kesulitan-kesulitan dan jebakan yang mungkin timbul di tengah jalan. Selain bertanya kepada orang lain, kamu juga bisa mencari info dengan membaca  lebih banyak buku atau melalui internet. 

Selanjutnya tentukan bisnis apa yang akan kau terjuni. Siapkan apa saja yang diperlukan untuk menjalankan ide bisnis tersebut. Jangan lupa,  catat semua biaya yang kamu keluarkan untuk melakukan kalkulasi di kemudian hari. 

Kenali juga target pasar bisnis yang akan kau pilih. Amati dengan teliti, siapa yang kira-kira potensial kau garap sebagai target pasar dan di mana produk kamu akan laku terjual. Terakhir, pastikan kegiatan cari uang ini tidak mengganggu aktivitas kuliahmu yang utama.  

Apa saja ide bisnis yang layak dicoba oleh anak kos?  

1. Kerja Part Time
Kalau punya cukup banyak waktu, kamu bisa mencoba upaya ini karena masih bisa dilakukan bersama aktivitas kuliah seperti biasa. Coba tawarkan tenagamu ke laundry kiloan di sekitar tempat kos, koperasi mahasiswa (kopma) di kampus, warnet, penjaga toko, pelayan kafe sampai menjadi customer service di toko online.

Tak hanya mendapatkan tambahan pemasukan, salah-salah kamu bisa sekalian mempelajari praktis bisnis yang situ. Siapa tahu nanti kamu bisa membuka usaha sejenis. 

Tapi jangan lupa ya, sesuaikan sift jam kerjamu dengan waktu kuliah. Jangan  mengambil jam-jam yang berbenturan dengan jadwal kuliahmu. Orang tuamu pasti tidak ingin  nilai-nilaimu jelek karena kamu lebih berat mengejar tambahan jajan dari usaha  sampingan ini. 

2. Mengajar dan Les Privat
Usaha ini juga cukup mudah dilakukan. Kalau kamu memiliki minat mengajar, coba bergabung dengan bimbingan belajar atau menjadi pengajar les privat. Saat ini banyak orang tua butuh guru les pelajaran, bahkan juga guru ngaji untuk anak kesayangannya. Aktifkan jaringan pertemananmu untuk mencari calon murid. 

Peluang usaha satu ini sering kita temu pada mahasiswa yang kuliah di keguruan dengan bidang spesifik. Seperti Matematika, Kimia, Fisika, Ekonomi. Bahasa Inggris dan lain-lain.

Kalau kamu menguasai dengan baik minimal salah satu mata kuliah tersebut, cobalan manfaatkan pengetahuanmu. Ilmumu tak akan berkurang karena dibagikan. Dengan mengajarkannya kamu akan semakin menguasai ilmu itu dan justru akan semakin tertantang untuk mengembangkan guna kebaikan anak bimbingmu.

3. Pengetikan / Print
Mungkin ide bisnis ini terdengar lucu untuk jaman sekarang. Tapi kenyataannya ada saja mahasiswa yang sangat malas untuk mengetik tugas-tugasnya dan lebih memilih jasa pengetikan untuk menyelesaikan tugas mereka. Modal usaha ini relative kecil. Kamu cukup  menyiapkan printer lengkap dengan kertas dan tinta printer, serta laptop yang sudah pasti kamu miliki. 

Promosikan jasamu dari mulut ke mulut, atau bagikan. Bisa juga kau pasang ijklan di majalah dinding kampus. 
 
4. Bisnis Online
Tak hanya untuk anak kos, bisnis online banyak diminati berbagai kalangan sebagai usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, bahkan karyawan. 

Kamu bisa mulai dengan mencoba menjadi reseller atu dropshipper supplier yang mudah, murah dan bisa dilakukan di mana saja dank e mana saja asal kamu punya ponsel Adroid dan paket datanya. (Coba baca : Ide-ide cari uang di internet. Oya, agar lebih hemat biaya berinternet, manfaatkan fasilitas dari kartu kredit City Telkomsel )

5. Jualan pulsa
Bisnis ini terlihat sepele dan hanya menjanjikan margin tipis. Tapi kalau kamu punya banyak pelanggan, kamu akan bisa mengumpulkan nominal dalam jumlah lumayan.

Coba saja, sekarang hampIr semua orang punya gadget bahkan smartphone yang selalu butuh pulsa. Orang-orang, terlebih mahasiswa kos, biasanya butuh internet sehingga mereka rela menyisihkan sebagian uangnya.
 
6. Bekerja Freelance
Kelebihan menjadi freelancer, kamu bisa kerjakan kapan saja mau. Banyak lho peluang dari job ini semacam ini. Seperti menjadi penulis konten website, bikin video, video editing, job posting gambar, edit gambar, copy writing dan masih banyak lagi. 

Sekarang banyak website yang menerima tulisan-tulisan pendek atau artikel. Usaha ini cocok bagi kamu yang hobi menulis. Kalau berminat dan memiliki ketrampilan tertentu, coba mulai daftar di situs freelancer seperti. Sribulancer.com. Dari luar negeri, ada banyak situs lain yang serupa. Banyak 

Jangan salah, kalau rajin kamu bisa mendapatkan penghasilan lumayan. Namun hati-hati ya, banyak juga website yang mengaku telah membayar tulisanmu namun ternyata bogong.  

7. Reparasi dan Instalasi Laptop
Kalau kamu menguasai masalah ini, reparasi dan instalasi laptop memiliki peluang besar untuk menambah penghasilan. Bagaimana tidak. HampIr semua mahasiswa sekarang punya laptop untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Modalnya juga tidak besar. Kamu cukup beli software dan yang penting kamu memang menguasai masalah ini. 

8. Bisnis kuliner sederhana
Bisnis kuliner tidak pernah mati. Sekalipun ekonomi sedang sulit, bisnis makanan akan selalu berputar seperti halnya bisnis di bidang kesehatan.Tidak heran kalau bisnis kuliner juga tumbuh terus. Hampir tiap bulan selalu saja ada usaha baru dan usaha kuliner lama yang tutup karena tidak laku. 

Memang dibutuhkan ide kreatif dalam memasarkan usaha kuliner. Cari ide-ide baru untuk mengombinasikan usaha kulinermu dengan makanan yang memang sudah popular. Misalnya bakso dengan cita rasa unik, seperti isi keju, atau bakso bentuk kotak, sosis bakar, sate bakso dan lain-lain. Varian makanan inilah yang membuat usaha kuliner berjalan sukses. 

Perkara kreativitas dalam menciptakan jenis-jenis kuliner baru, kamu bisa mencontoh etos warga Bandung, atau streetfood Thailand. 

9. Event Organizer & wedding organizer
Bisnis ini butuh modal yang relative tidak banyak, namun memang butuh networking dan tenaga yang lumayan menguras. Dan yang menyenangkan, untungnya sangat lumayan. 

Tak hanya keuntungan nominal, dengan terjun di bidang event organizer kamu akan berajar banyak ilmu terapan. Mulai dari manajemen waktu, manajemen keuangan, manajamen konflik, negosiasi dan leadership.Kamu bisa mulai dengan mengerjakan kegiatan local kampus. 

Sejenis dengan event organizer, kamu juga bisa bikin wedding organizer. Di antara teman-teman seusiamu, akan banyak yang mulai menempuh hidup baru.  Bentuklah tim yang solid dengan kawan-kawan seide yang mau kerja keras dan tawarkan jasamu kepada teman-teman dengan menawarkan unsure kreatifitas dan efektivitas.

10. Ojek Online
Apa salahnya menjadi pengemudi ojek online? Ini peluang usaha yang banyak diminati orang sekarang. Popularitasnya sudah menjalar ke berbagai tingkat usia. Muda, tua, anak kuliahan, mantan karyawan dan lain-lain. 

Untuk bergabung pada usaha ini sudah tentu kamu harus punya kendaraan roda dua dengan surat-surat yang lengkap. Kamu juga harus siap dengan ponsel android dan paket data. 

Pendapatan sebagai pengemudi ojek online  memang bervariasi, tergantung kerajinan dan kelincahanmu. Namun  paling tidak, daripada nongkrong tidak jelas, kamu bisa dapat penghasilan tambahan setiap harinya. 

11. Gerakkan tanganmu, aktifkan otak kananmu
Kalau kamu termasuk golongan yang  aktif otak kanannya dan suka berkreasi dengan kerajinan tangan, manfaatkan sekarnag juga. Kamu bisa mulai membuat produk-produk handcraft yang kreatif,  dengan mempertimbangkan kebutuhan target market. 

Seperti bros dan perhiasan untuk kelengkapan hijab, kotak rokok unik dengan motif menarik, flip cover  ponsel dan tablet, kerajinan daur ulang dan lain-lain.  

12. Fotografer event
Kalau suka fotografi, tidak ada salahnya kau jadikan bisnis serius. Yang penting sudah punya kamera bagus, dan kamu pintar mengambil angle. Tawarkan jasamu kepada teman-teman, atau bergabunglah dalam event organizer untuk menjadi fotografer pada berbagai event seperti seminar, outbond, pernikahan, hingga acara formal. 

Siapkan kartu nama bersahaja  namun tetap  artistic dan elegan dan bagikan kepada setiap orang yang kau jumpai dalam acara tersebut agar jasamu semakin dikenal orang.  

Selamat berjuang! Tetap semangat.