Kredit Mobil Bekas, Apa yang Harus Anda Perhatikan?

Laras
Laras
11 Juli 2018

Ingin punya mobil, tapi anggaran minim. Mengapa tidak mencoba mengajukan kredit mobil bekas? Ini strategi cerdik untuk punya mobil tanpa usaha susah payah yang bisa mengganggu kesehatan finansial kita.  

(Artikel terkait plus minus membeli mobil bekas : Pilih mana, kredit mobil baru atau beli mobil bekas?).

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan untuk punya mobil melalui proses kredit mobil bekas?

Batasan Umur Kredit Mobil Bekas

Seperti halnya motor, pembelian mobil bekas juga melibatkan perusahaan pembiayaan atau leasing. Namun tidak semua mobil bekas bisa dibeli secara kredit.

Seperti dikutip dari Kompas.com, para pengelola diler mobil bekas ternyata punya aturan sendiri terkait usia mobil bekas yang boleh dikredit. Mereka biasanya menentukan aturan, yang bisa dikredit adalah mobil yang masa usia pakainya sudah mencapai 12 tahun saat masa berakhirnya cicilan. Sementara masa tenornya, kebanyakan dibatasi 4 tahun. 

Jadi, jika dihitung mundur dari tahun 2018 ini, mobil bekas usia paling lama yang bisa dikredit untuk tenor empat tahun adalah yang diproduksi tahun 2010. Karena itu, mobil di bawah tahun tersebut tidak boleh lagi dikredit. Mobil lansiran 2008 bisa saja dikredit, dengan syarat, tenor yang harus dijalani konsumen dibatasi maksimal dua tahun. 

Mobil bekas yang populer dikredit biasanya adalah Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia. Sebagai contoh, Agya atau Ayla lansiran 2014 dan 2015 harganya dibanderol pada angka sekitar Rp 80 juta. Bila ingin kredit, calon konsumen bisa hanya membayar uang muka Rp 10 juta. Dan selanjutnya cicilan dilanjutkan selama 4 tahun sebesar Rp2,5 juta per bulan.

Okay, jika Anda sudah memutuskan untuk ambil kredit mobil bekas, rencanakan kesiapan finansial Anda secara matang dan perhatikan beberapa poin penting berikut ini. 

Tips Kredit Mobil Bekas 

1. Lebih Baik Cari dari Pemakainya 

Masuk akal bukan, jika membeli mobil bekas langsung dari pemakainya akan lebih murah ketimbang harga di pedagang mobil atau showroom? Bagaimanapun juga, pedagang pasti akan mencari untung yang biasanya dia ambil dari selisih harga beli dengan harga jual dari pemilik lama. Maka alangkah cerdas jika Anda membeli langsung kepada orang yang menjualnya. 

Agar bisa membeli di bawah harga pasaran, usahakan jangan melewati perantara. Lebih bagus lagi jika Anda mencari pemilik yang tengah butuh uang. 

Anda bisa mulai mencari-cari melalui  teman,  dan orang terdekat yang ingin menjual mobilnya.  Lihat-lihat juga iklan di koran dan internet. Di media internet, informasi yang disuguhkan biasanya lebih jelas. Dan yang lebih penting lagi ada foto mobil dan diskripnya. 

Dari iklan yang ada di internet juga, Anda dapat mengetahui apakah calon penjual menjual mobilnya karena alasan ingin cepat terjual atau karena ingin ganti yang baru.  Melalui informasi tersebut, Anda punya peluang untuk mendapatkan mobil yang Anda cari  dan impikan dengan harga jauh lebih murah ketimbang harga pasar. 

2. Kredit Mobil Bekas Melalui Leasing Terpecaya

Sesudah mendapatkan mobil yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah menghubungi pihak leasing mobil bekas. Sebaiknya Anda pilih leasing yang sudah punya nama. Akan lebih bagus jika sudah memiliki kenalan di sana. (Simak dulu : Panduan beli mobil melalui leasing)

Jika belum punya kenalan orang leasing, Anda bisa menghubungi langsung kantornya agar bisa mendapatkan penawaran simulasi kredit mobil bekas. Hal ini penting karena Anda akan dibantu untuk memahami dan mempelajari perhitungan  simulasi kredit dari besaran DP dan angsuran. 

Melalui simulasi tersebut, Anda akan mendapatkan gambaran jelas besaran cicilan yang masih terjangkau dan bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda sekarang. 

Bahkan jika uang muka yang Anda pegang kurang, Anda dapat meminta pihak leasing atau dealer terkait untuk mengondisikannya. Biasanya  mereka akan membantu dengan menaikkan harga mobil, agar uang yang dikeluarkan leasing bisa sekalian menutup uang muka yang diperlukan. 

Hanya saja Anda mesti ingat, taktik ini akan meningkatkan risiko nilai kredit. Dalam arti, cicilan bulanan yang Anda persiapkan sudah tentu menjadi lebih besar lagi karena nilai pinjaman yang Anda ajukan juga lebih besar. 

Cobalah berfikir ulang. Apakah keputusan tersebut bukan berarti Anda telah memaksa diri untuk mengambil kredit yang sebenarnya di luar kemampuan? Hitung kembali kemampuan pengeluaran Anda.  (artikel terkait : Ingin beli mobil, ini panduan finansialnya)

Jika menurut hitung-hitungan besaran angsuran tersebut bisa mengganggu kesehatan finansial, solusinya adalah menambah uang muka atau mencari lagi mobil bekas lain yang harganya lebih murah agar cicilannya juga lebih terjangkau. 

Jangan sampai kredit baru berjalan 3 bulan, leasing mobil atau bank menariknya karena Anda tidak mampu melanjutkannya. Selain rugi waktu, Anda juga telah menyia-nyiakan uang yang sudah dikeluarkan untuk membiayai kredit mobil bekas tersebut. 

3.  Syarat Kredit Mobil Bekas

Setelah Anda mendapatkan mobil dari pemakai dengan harga yang lebih murah, segera ajukan lagi kredit melalui pihak leasing yang sedang membantu proses kredit mobil  bekas Anda.  Mereka pasti akan membantu proses itu sampai selesai tanpa dipungut  biaya. 

Secara umum, persyaratan kredit mobil bekas adalah sebagai berikut.
1. Fotocopy KTP Permohonan dan Pasangan
2. Fotocoy Kartu keluarga (KK)
3. Fotocopy Tabungan atau Rekening Koran (3 bulan terkahir)
4. Slip Gaji atau Keterangan Penghasilan
5. Bukti Kepemilikan Rumah (Bisa Fotocopy PBB/AJB/Sertifikat/Rekening Listrik)

Kredit Mobil Bekas Pengaruhi Kesehatan Finansial Jangka Panjang

Intinya, mengambil kredit apapun termasuk kredit mobil bekas, sebaiknya dipikirkan segala aspek secermat mungkin karena akan berpengaruh terhadap kesehatan finansial  keluarga dalam jangka panjang.

Oleh karena itu,  alangkah lebih baik apabila Anda bisa memperhitungkan terlebih dulu risiko yang nantinya akan timbul, agar bisa mengantisipasi segala hal buruk yang bisa saja terjadi kapanpun tanpa diduga-duga.  

Anda juga bisa mulai memanfaatkan lembaga pembiayaan kredit dengan baik untuk bisa lebih membantu mempermudah proses kredit mobil yang Anda inginkan.