Cari Uang Di Youtube? Perhatikan Peluang Dan Rambu-Rambu Ini!

Intan Rizky Adelia
Intan Rizky Adelia
23 Februari 2018

Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube dan membuat channel YouTube yang sukses? Yuk, perhatikan beberapa poin berikut ini.

Tayangan Layak Tonton untuk Cari Uang di Youtube

Tayangan Tutorial
Tutorial berarti panduan untuk membuat atau melakukan sesuatu. Banyak video tutorial yang kita temukan di internet. Misalnya, membuat tutorial "how to" tentang cara membuat kue, masakan, atau merias wajah. Bisa juga berupa tips-tips memanfaatkan barang-barang yang bekas menjadi sesuatu yang berguna. 

Tayangan Voice Over
Rekaman suara narasi Anda tentang berbagai fakta menarik, komentar Anda seputar berita terkini, pendapat Anda soal film atau musik yang bisa berupa visual menarik, sehingga video Anda menarik pula untuk ditonton.

Tayangan List
Tayangan ini memuat listing segala sesuatu yang menarik untuk ditonton. Misalnya 5 peristiwa erupsi gunung berapi terdahsyat di dunia, 10 artis Indonesia dengan bayaran termahal, atau 5 hewan tercepat di dunia. Videonya bisa berupa suara dengan gambar bergerak, atau tulisan beserta kolase foto-foto.

Tayangan Unboxing
Pada dasarnya, secara psikis, manusia memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi. Ini juga yang menyebabkan video-video unboxing atau membuka kemasan atau bungkusan untuk pertama kalinya, sangat banyak dicari oleh pengguna YouTube. 
Misalnya video Unboxing mainan anak, alat-alat teknologi, bahkan motor dan mobil dalam kotak besar. Semua orang dari berbagai kalangan usia menyukai sensasi “membuka” sesuatu yang tersembunyi atau dibungkus. Sama seperti ketika Anda berbelanja dan mengeluarkan barang belanjaan Anda di rumah. 

Tayangan Ilustrasi
Saat ini, ada banyak sekali muncul tayangan edukasi yang dibuat dengan ilustrasi sangat menarik dan berkualitas luar biasa bagus. Misalnya kanal YouTube Vox yang menjelaskan fenomena-fenomena dengan ilustrasi yang bagus, atau CrashCourse dengan ilustrasi animasi atau kartun. Konten-konten mereka bisa juga Anda buat dengan gaya ilustrasi dan penuturan Anda sendiri.

Do & Don’t Cari Uang di Youtube! 

Berikut ini adalah hal-hal yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan saat mencari penghasilan dari YouTube:

Yang Boleh: 

  • Membuat video yang tampilannya bagus (resolusi, sudut pengambilan gambar, dsb)

  • Membuat video yang menarik kontennya bagi penonton agar menontonnya dari awal hingga akhir tayangan
  • Membuat video yang meningkatkan engangement, dengan mengajak penonton untuk berkomentar atau share video
  • Mengajak penonton menjadi subscriber pada kanal YouTube Anda
  • Memberikan nama atau judul yang sesuai dengan konten tayangan Anda, memberikan deskripsi video yang sesuai pula dan dapat berpengaruh pada rank karena telah sesuai SEO
  • Membuat banyak sekali video sesering mungkin
  • Mempublikasikan atau mensosialisasikan YouTube video Anda di semua sosial media yang ada

Yang Tidak Boleh: 

Jangan melakukan plagiasi semacam copy-paste konten YouTube milik orang lain ke akun YouTube Anda. Tindakan kecurangan Anda akan secara otomatis tertangkap oleh YouTube, karena melanggar copyrights (hak cipta), dan Anda akan dikenakan sanksi.  Jangan membuat konten eksplisit yang melanggar Terms of Service YouTube

Cari Uang di Youtube, Kenali Istilah CPM dan RPM

Jika Anda serius atau sungguh-sungguh ingin menghasilkan uang dari akun YouTube yang Anda kelola, ini berarti Anda tak hanya butuh untuk mengetahui cara-caranya tetapi juga mengenal istilah-istilah yang dipakai dalam monetisasi video YouTube Anda. 

Berikut istilah-istilah CPM dan RPM di YouTube:

CPM singkatan dari Cost per Mille. Istilah ini diadaptasi dari bahasa Latin, yang secara harfiah berarti per seribu. Terkait monetisasi video di YouTube Anda, ada rumus yang dipakai untuk menentukan berapa pendapatan Anda yaitu:
Pendapatan = CPM x (total impresi/ 1000)
Jadi, kita membagi jumlah atau total banyaknya tayangan dengan angka 1000, karena harga CPM berlaku 1 dolar per 1000 tayangan. 

Contoh perhitungan uang yang Anda dapat hasilkan dari YouTube Anda dengan perumpamaan 1 dolar ($1) = Rp 10.000:
1000 views/ $1 =kira-kira 10 ribu rupiah
10.000 views/ $10 = kira-kira 100 ribu rupiah
100.000 views/ $100 = kira-kira 1 juta rupiah
1.000.000 views/ $1000 = kira-kira10 juta rupiah
10.000.000 views/ $10,000 = kira-kira 100 juta rupiah

Jumlah uang yang dibayarkan juga dapat naik bila bertepatan dengan hari raya, seperti Idul Fitri dan Natal. Jumlah dapat dipengaruhi oleh waktu, konten dan gender dari visitor. Total uangnya juga bervariatif, mulai dari 50 sen hingga 10 dolar per thousand (1000) impressions. Pada Google AdSense, impression adalah jumlah halaman yang mengandung unit iklan yang tampil. Bagi negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris, CPM-nya lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan bahasa Inggris.

RPM singkatan dari Revenue per thousand impressions. YouTube mengambil potongan sejumlah 45% pendapatan iklan yang dihasilkan lewat saluran YouTube Anda dari keseluruhan total RPM. Rumusnya adalah:
Pendapatan = [Penghasilan ÷ Monetized playback video] x 1000

Itulah tips-tips tentang cara membuat akun YouTube dan cara mendapat penghasilan dari akun search engine berbasis video itu. Namun demikian, Anda jangan terlalu bergantung sepenuhnya pada YouTube dalam berkarir karena penonton bisa datang dan pergi begitu saja di platform ini. 

Alangkah bijak jika Anda juga mencari sumber penghasilan lainnya kanal YouTube Anda mulai stabil. Dan terpenting, jangan jadi "YouTuber abal-abal" yang kerjaannya mencuri konten orang lain atau membikin drama agar menarik perhatian khalayak, sebab cara-cara seperti itu tidak akan bertahan lama. Selamat mencoba!