Buka Konter Pulsa, Apa Yang Harus Disiapkan?

Intan Rizky Adelia
Intan Rizky Adelia
22 Februari 2018

Siapa sih yang sekarang tidak pegang hanphone setiap hari? Alat telekomunikasi modern ini sekarang telah menjadi piranti yang tidak bisa ditinggalkan dalam keseharian manusia modern. Orang tua sampai anak kecil, kalangan berpunya sampai berkantong cekak. Rasanya sekarang semua butuh HP.  

Fenomena itu tak pelak memunculkan berbagai peluang bisnis baru. Sekarang makin banyak bisnis kios (konter) yang menjual pulsa.   Kios-kios itu biasanya dilengkapi dengan aksesoris handphone seperti powerbank (charger HP yang bisa dibawa-bawa), mika layar anti-gores/tempered glass, gantungan, stiker, guard skin/pelindung HP. Selain itu aksesoris primer, seperti sim card, baterai.

Jika Anda tertarik untuk terjun ke bisnis konter pulsa, yuk perhatikan hal-hal yang perlu dipersiapkan berikut ini.

1. Beli Etalase dan Perlengkapan

Saat memulai bisnis pulsa dan aksesoris HP, Anda perlu menyediakan etalase untuk memajang produk, stok pulsa (voucher), aksesoris HP, dan lain-lain. Harga etalase sekitar Rp2 juta, belum termasuk biaya pembelian peralatan dan perlengkapan usaha pulsa elektrik dan aksesoris ponsel. 

Modal bisnis konter pulsa dan aksesoris HP bisa disesuaikan dengan anggaran keuangan yang Anda miliki. Misalnya, deposit pulsa Rp1000.000 (tergantung keinginan), Kartu Perdana Rp100.000 – Rp300.000/all operator (tergantung keinginan), dan sebuah HP untuk mengisi pulsa (bisa menggunakan HP yang Anda pergunakan sehari-hari, harga bervariasi).

2. Lokasi Usaha

Untuk lokasi bisnis konter pulsa elektrik dan aksesoris HP, pilihlah tempat yang sangat strategis dan mudah dilihat atau dijangkau banyak orang dari berbagai arah. Hal ini sangat menentukan keberlangsungan usaha Anda. 
Misalnya di pusat keramaian yang banyak dilintasi calon konsumen atau prospek, seperti pinggir jalan raya yang ramai, dekat pasar, atau terminal. Namun jika Anda belum memiliki modal yang cukup untuk menyewa tempat, Anda bisa memulai usaha ini di rumah atau secara online. Dengan demikian, komponen biaya sewa tempat bisa dihemat. 

3. Cari Pemasok 

Setelah menetapkan lokasi yang strategis, langkah selanjutnya adalah mencari pemasok/supplier. Ada banyak pemasok atau agen pulsa dan aksesoris HP yang bisa Anda ajak jalin kerja sama saling menguntungkan. Namun pastikan Anda memilih pemasok pulsa dan perlengkapan HP yang dapat dipercaya, harga jualnya paling murah, barang berkualitas baik, dan lain-lain. Barang-barang yang bisa Anda beli di pemasok, meliputi voucher pulsa, kartu perdana, pulsa elektrik m kios all operator, voucher game online, headset, PPOB, pulsa token listrik, casing HP, baterai ponsel dan lain-lain.

4. Harga Murah 

Di tengah tingginya persaingan bisnis pulsa elektrik maupun aksesoris HP, diperlukan berbagai upaya untuk memenangkan persaingan usaha. Salah satunya, penjualan pulsa elektrik dengan harga lebih murah dari kompetitor. Hal ini dilakukan supaya bisa menjadi daya tarik calon konsumen. Untuk mendapatkan harga jual pulsa lebih murah dari pesaing, Anda harus membelinya dari distributor langsung, seperti distributor pusat Telkomsel, XL, Indosat, dan lain-lain. Kendati keuntungan setiap transaksi sangat kecil, namun besarnya volume penjualan yang sangat tinggi bisa mendatangan keuntungan cukup signifikan. 

5. Pelayanan Cepat

Pulsa murah yang Anda jual di konter harus didukung oleh pelayanan yang super cepat. Misalnya seorang konsumen mau mengisi pulsa untuk HP-nya, Anda bisa melayaninya dalam beberapa detik. Ini termasuk salah satu pelayanan terbaik yang diberikan kepada konsumen. Ini dilakukan supaya konsumen balik lagi ke tempat Anda dan menjadi pelanggan tetap. Pelayanan prima ini bisa menjadi pembeda sekaligus nilai tambah usaha Anda dibanding usaha kompetitor. 

6. Pahami Tren

Bisnis pulsa elektrik dan aksesoris HP memerlukan perencanaan yang matang. Seperti halnya toko HP yang harus peka terhadap perkembangan tren yang terus berubah. Di satu saat ramai jenis HP tertentu, dan pada saat lainnya popularitas HP tersebut akan digantikan dengan HP jenis baru. Ini pula yang harus Anda lakukan dalam bisnis pulsa dan aksesoris HP, yakni mengikuti tren. 
Setiap keluar tipe HP terbaru tentu memerlukan aksesoris model baru pula, yang sesuai dengan tipe HP tersebut. Misalnya casing HP. Juga model dan jenis bahannya. 
Jangan sampai produk yang Anda jual merupakan produk ketinggalan zaman, sehingga sudah tidak ada peminatnya lagi. Meskipun demikian, beberapa produk aksesoris tertentu, seperti baterai, tidak mengenal tren sama sekali. 

7. Barang Lengkap

Selain menjual produk aksesoris HP yang mengikuti tren kekinian, Anda juga harus menyediakan produk-produk itu secara lengkap. Misalnya, baterai HP aneka merk, charger, speaker, casing, kartu perdana, tempered glass (pelapis/pengaman layar), dan lain-lain. Hal ini untuk menimbulkan citra baik di mata masyarakat, bahwa konter Anda layak didatangi oleh siapa saja yang memerlukan aksesoris HP maupun pulsa elektrik.

8. Manajemen Stok Barang

Meski produk aksesoris HP bukan produk yang mudah rusak seperti halnya makanan, namun menyetok barang dalam jumlah yang terlalu besar sangat tidak disarankan. Pasalnya, stok barang yang terlalu banyak bisa memakan modal Anda, sehingga modal Anda bisa "mati" untuk stok produk tersebut. 
Sebaiknya Anda menyediakan produk dalam jumlah tidak terlalu banyak, namun sangat bervariasi. Dengan cara ini konsumen akan mendapatkan lebih banyak opsi, sekaligus modal Anda juga tidak "mati" di beberapa macam produk saja. Untuk itu, Anda perlu membeli produk aksesoris yang beraneka macam. 

9. Perhatikan Modal Anda

Meskipun terlihat sepele, produk-produk aksesoris HP ini memakan modal dalam porsi besar dibanding modal pulsa Anda. Agar proporsi dan penggunaan modal usaha konter pulsa Anda bisa berjalan dengan baik dan seimbang, kondisi permodalan Anda wajib diperhatikan sebaik-baiknya. Untuk itu, Anda perlu memisahkan antara modal untuk pulsa dan modal untuk aksesoris. Pasalnya, konsumen yang membeli pulsa belum tentu turut membeli aksesoris, dan begitu pula sebaliknya. (baca juga : 6 Tips Mengelola Keuangan Usaha Secara Efektif. Baca juga business plan agar usaha Anda terarah).

10. Buka Toko Online

Untuk mendongkrak penjualan sekaligus meningkatkan omset, selain membuka konter pulsa dan aksesoris HP secara fisik, Anda pun bisa berjualan pulsa dan aksesoris HP secara online atau membuka toko online di internet. Misalnya menggunakan situs marketplace dan medsos, seperti OLX, Tokopedia, Bukalapak, Kaskus, Twitter, Facebook, Whatsapp, Line, Instagram, blog, dan lain sebagainya. Langkah ini terbukti menambah banyak konsumen dan pelanggan dari seluruh Indonesia dan mancanegara. (Coba simak Tips Optimalkan Bisnis Online dengan Media Sosial) 

11. Promosi Usaha

Di awal-awal usaha, biasanya penghasilan per bulan dari berjualan pulsa elektrik jauh dari yang diharapkan. Namun seiring berjalan waktu, keuntungan jual pulsa semua operator dan aksesoris HP akan semakin meningkat, asalkan disertai promosi yang gencar, baik, dan benar. Diperlukan promosi yang masif di awal usaha untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas. 
Promosi sangat menentukan keberlangsungan bisnis pulsa elektrik dan aksesoris HP, apalagi bisnis Anda dijalankan di rumah. Anda harus memastikan bahwa promosi usaha dilakukan secara berkesinambungan agar orang-orang mengetahui keberadaan bisnis Anda itu.
Promosi bisa dilakukan secara online maupun offline, misalnya dengan memasang iklan di Facebook atau media sosial lainnya, atau memasang spanduk, banner, brosur, maupun pasang iklan di koran. 

12. Pembagian Keuntungan 

Jika Anda memiliki mitra maupun karyawan dalam bisnis konter pulsa elektrik ini, maka pembagian keuntungannya sebagai berikut:  
– 40% keuntungan/hari untuk pemilik modal.
– 40% Keuntungan/hari untuk penjaga konter.
– 20% Keuntungan/hari untuk pengembangan modal.
Jadi jika kita memiliki 10 konter penjualan pulsa dengan sistem seperti ini, dengan asumsi keuntungan perhari Rp30.000/konter, maka: 40% x Rp30.000 = Rp12.000/konter.
Jika 10 konter: Rp12.000 x 10 = Rp120.000/hari.
Setiap hari dapat keuntungan Rp120.000, hanya dengan melakukan kontrol di pagi dan sore hari.

Bagaimana, sudah siap mencoba bisnis pulsa. Apapun bisnis yang dirintis, sangat penting Anda punya mental tahan banting.