Asuransi Milenial dari BRI Life

Intan Rizky Adelia
Intan Rizky Adelia
06 November 2018

Bertepatan dengan HUT ke-31 akhir pekan lalu,  BRI Life merilis empat produk baru yang ditujukan untuk segmen milenial. Produk asuransi milenial yang di launching tersebut adalah Asuransi Lentera, Asuransi Medicare, Asuransi Medicare Plus,  serta Asuransi CC (Critical Care) 108.  

(Milenial, coba baca dulu 4 Jalur merdeka milenial yang cocok untukmu)

4 Produk Baru Asuransi Milenial

Keempat produk asuransi milenial tersebut menawarkan manfaat berbeda. Berikut rinciannya.  

Asuransi Lentera memiliki keunggulan perlindungan terhadap lima jenis penyakit kritis yaitu kanker, jantung, stroke, ginjal dan hepatitis. Di akhir masa asuransi, nasabah akan mendapatkan pengembalian premi sebesar 110%.

Lentera, yang merupakan akronim dari Lengkap Ekonomis Nyaman Sejahtera. Produk ini dikhususkan bagi usia milenial atau usia muda, dimana saat ini jumlah usia produktif (17-50 tahun) di Indonesia berjumlah sekitar 80 juta jiwa. BRI Life melihat kondisi tersebut sebagai pangsa pasar potensial.

Dengan pembayaran premi yang ringan, mulai dari Rp100.000/Bulan hingga Rp450.000/Bulan selama 5 (lima) Tahun, nasabah akan mendapatkan proteksi asuransi jiwa hingga tahun ke-8 dengan dana proteksi asuransi sebesar 100% dari Uang Pertanggungan.

Asuransi Medicare merupakan produk asuransi yang memberikan perlindungan kesehatan dengan batasan manfaat yang lengkap (inner limit) serta fasilitas cashless (pembayaran non tunai) yang berlaku hingga ke manca negara.

Asuransi Medicare Plus menambahkan manfaat lengkap as charged. Selebihnya sama dengan Asuransi Medicare, yaitu fasilitas cashless (pembayaran non tunai) yang berlaku hingga manca negara.

Asuransi CC (critical care) 108 merupakan produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap 108 kondisi penyakit kritis berupa fasilitas perawatan di tahap stadium awal terdeteksinya suatu penyakit kritis (early stage).

Distribusi Digital Asuransi Milenial 

Guna menunjang penetrasi dan distribusi seluruh varian produk asuransi BRI Life, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan MOU BRI Life dengan tiga mitranya yang berbasis e-commerce, yakni Gofit, Pasar Polis, Oy dan Fast Pay. Selain itu, dilakukan juga penandatanganan kerjasama co-branding BRI Life di kartu Brizzi milik BRI. 

”Kami menyadari teknologi digital saat ini memiliki peran penting dalam menunjang infrastruktur manajemen bisnis sebuah perusahaan, untuk itu, melalui MoU antara BRI Life dengan Oy, Pasar Polis dan Fast Pay, diharapkan kerja sama ini akan dapat mempermudah akses pelayanan dan transaksi asuransi BRI Life kepada nasabah," ungkap Direktur Utama Asuransi BRI Life Gatot Mardiwasisto Trisnadi.

“Sementara, melalui kerja sama dengan Gofit, salah satu perusahaan rintisan (start up), BRI Life akan menyediakan asuransi produk kesehatan, asuransi olahraga hingga gaya hidup untuk konsumen Gofit," imbuhnya seperti dilansir dari Kontan. Ia mengatakan, BRI Life akan mengubah fokus perusahaan yang saat ini menggarap segmen masyarakat dewasa menjadi mengarah ke milenial.

Saat ini, lanjut Gatot, dari tujuh juta nasabah BRI Life, hanya 30% yang berasal dari segmen milenial dengan kisaran usia di bawah 45 tahun. Padahal potensi segmen ini diyakini masih luas. Dengan perhitungan jumlah nasabah dari induk perusahaan atau Bank BRI saat ini ada lebih dari 103 juta, maka pada tahun 2018 BRI Life menargetkan bisa mendapat 3 juta nasabah.

Anik Hidayati, Direktur Pemasaran & Bisnis Asuransi Syariah juga mengatakan BRI Life pada tahun 2019 akan membuka lebih luas jalur distribusi bancassurance sekaligus jalur distribusi digital untuk semua produk-produk asuransi perusahaan.

Anik optimistis di tahun 2019 mereka bisa mewujudkan target 50% nasabah berasal dari milenial atau sekitar lima juta nasabah. "Karena itu, strategi yang kami lakukan adalah kerjasama dengan startup diantaranya Go-Fit, Pasar Polis dan Fast Pay,” katanya. Rencananya, pemasaran produk melalui MoU dengan perusahaan-perusahaan startup akan mulai dijalankan pada Januari 2019. 

Lebih jauh, Gatot  berharap keempat produk asuransi milenial ini nantinya dapat mendorong tercapainya misi BRI Life di tahun 2019 untuk menjadi perusahaan asuransi terbesar di skala asuransi mikro.