5 Strategi Mencari Penghasilan Tambahan

Intan Rizky Adelia
Intan Rizky Adelia
10 Juli 2018

Bingung karena penghasilan semakin tidak mencukupi? Bukan hanya karena kebutuhan yang semakin meningkat, kenyataannya dari hari ke hari harga-harga terus melonjak. Kalau sudah begitu, mau tidak mau Anda harus mencari penghasilan tambahan.

Peluang apa yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah penghasilan?  Financial planner Prita Gozali memberi masukan beberapa strategi tentang bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan, yang kami padukan dengan masukan dari berbagai sumber lain. Ikuti paparan berikut. 

1.  Aktifkan aset tidak produktif penghasilan tambahan

Jika saat ini Anda memiliki tanah, rumah, atau pun bentuk properti lain yang menganggur, aktifkan sekarang juga agar menjadi sumber pendapatan baru.  Sebagai contoh, apabila bangunan rumah terdiri dari beberapa area, maka bisa saja sebagian area disewakan. Atau sebagian dari tanah yang dimiliki dikerja-samakan dan dibangun menjadi townhouse.

Di masa kini, Anda semestinya juga tidak hanya terpaku pada properti berbentuk konvensional semata untuk disewakan. Alternatif menyewakan aset lain seperti motor untuk usaha jasa pengantaran atau pun peralatan makan serta katering untuk jasa katering.

Atau sewakan saja mobil di garasi yang hanya Anda pakai sekali-kali. Namun hati-hati, jangan sampai aset berharga itu melayang ya. Pertimbangkan untuk membeli GPS tracker, guna mempermudah pelacakan.  

Jika ada space kosong di rumah, cobalah mencoba membuka warung kecil-kecilan yang menjual  barang-barang kebutuhan sehari-hari. Jika istri tidak bekerja, Anda bisa memintanya untuk menjaga warung sambil mengurus anak. Siapa tahu nanti warungnya bisa dikembangkan menjadi besar. 

Barang-barang yang bekas yang tidak berguna lagi dapat dijual untuk memperoleh penghasilan tambahan. Misalnya bagi para wanita setelah berkeluarga, mereka dapat menjual sepatu atau tas yang tidak terpakai lagi atau menjual baju yang kesempitan.

2.  Investasi dalam produk finansial

Saat ini, pilihan produk finansial sangat beragam dan masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda. 
Jika dana yang tersedia mencapai angka seratus juta rupiah atau lebih, Anda  dapat menempatkan di produk seperti Obligasi Ritel Indonesia untuk mendapatkan bagi hasil per bulan.

Simulasi penggunaan produk investasi dengan hasil 9% per tahun untuk dana sebesar Rp. 100.000.000  bisa mendapatkan penghasilan bulanan sekitar Rp. 750.000. Jika dananya berkali lipat, maka penghasilan yang diperoleh pun akan lebih besar.

Alternatif lain seperti investasi di reksa dana atau pun berdagang saham juga dapat digunakan. Dengan dana yang tersedia, maka Anda dapat melakukan proses perdagangan saham untuk mendapatkan penghasilan tambahan berupa selisih harga jual dengan harga beli.  Sebagai pemula, sebaiknya Anda memilih reksadana dengan tingkat risiko yang rendah yaitu reksadana pendapatan tetap. 

Namun, pahami bahwa dana yang tersedia tidak diperuntukkan untuk tujuan finansial lain seperti kebutuhan dana pendidikan anak, kebutuhan membayar pajak bumi dan bangunan, dan lainnya.

3. Bekerja lepas di luar rutinitas normal

Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa Anda lakukan di luar jam kerja. Coba salah satu cara di bawah ini :

Cari Uang lewat Blog 
Jika Anda gemar bepergian, tuliskan pengalaman bepergian Anda ke dalam travel blog. Umumnya, jika blog Anda disukai, Anda bisa mendapat undangan-undangan untuk berkunjung baik sendiri mau pun dengan keluarga. Dengan demikian, anggaran untuk berlibur pun dapat dialihkan sebagai tambahan penghasilan untuk tujuan finansial lain.

Jika mempunyai pengalaman unik atau tips-tips yang layak di bagi, Anda juga bisa mencoba membuat blog  sendiri dan di blog itu bisa dipasangkan iklan. Yang harus dipikirkan adalah bagaimana menulis secara menarik dan memasarkan blog tersebut sehingga banyak orang tertarik membacanya.

Jika blog sudah ramai (pengunjung diatas 1000 orang per bulan), Anda dapat mencoba menjual space iklan. Kuncinya adalah memiliki blog yang ramai oleh pengunjung.

Jual Skill Anda
Misalnya jika jago bahasa Inggris, Anda bisa memulai bisnis jasa menterjemahkan dokumen. Jika jago mengajar Anda bisa memberikan kursus pada malam hari. Atau jika mempunyai keahlian dalam design, cobalah menjual jasa design logo atau brosur.

Jika suka menulis dan ingin berbagi pengalaman, cobalah menulis suatu artikel dan mengirimkannya ke koran atau majalah. Anda bisa mendapatkan ratusan ribu rupiah dari artikel yang dimuat. Contoh artikel yang populer ditulis antara lain mengenai keuangan, kesehatan, hukum, social dan travelling. 

Apabila hobi masak, maka itu juga dapat dijadikan bisnis. Anda bisa membuka warung kecil dan menjual aneka macam kue, atau dapat juga membuka usaha katering. Yang sedang populer saat ini adalah bisnis menyediakan sarapan dan makanan bayi.

Menjadi Broker, mengapa tidak?
Menjadi makelar merupakan cara yang mudah untuk mencari penghasilan tambahan. Mungkin ada teman yang ingin menjual rumah atau mobil dan kita kenal dengan orang yang ingin membelinya, Anda pertemukan mereka dan mendapatkan komisi. Menjadi agen asuransi part-time juga patut dicoba. 

Membuka toko online 
Jualan online bisa juga menjadi sumber penghasilan tambahan. Saat ini Anda sudah bisa membuat toko online dengan modal tidak sampai Rp1.000.000. Caranya dengan membeli barang secara offline dan menjualnya ke luar daerah atau memakai sistem dropship, dimana pesanan dari customer langsung dioper ke supplier yang akan langsung mengirimkannya ke customer. Jadi Anda hanya menerima pembayaran dan uangnya langsung dibayarkan ke supplier. 

Cara mudah membuat toko online adalah dengan menggunakan WordPress. Jika anda sudah mempunya toko online, ada baiknya Anda convert ke WordPress, karena lebih SEO friendly.

4. Manfaatkan program di perbankan.

Coba Anda periksa apa saja program kartu kredit atau pun kartu debit yang dapat memberikan poin rewards? Dari berbagai poin tersebut ternyata Anda bisa berkesempatan untuk mendapatkan berbagai voucher berbelanja gratis ataupun tiket gratis. Dengan penawaran-penawaran inilah Anda dapat menambah penghasilan rumah tangga sembari memenuhi berbagai kebutuhan.

5. Cara ampuh = berhemat!

Satu  lagi cara ampuh untuk memperoleh penghasilan tambahan adalah dengan cara berhemat. Pertama-tama tulislah daftar pengeluaran bulanan Anda. Jika belum punya, cobalah membuatnya mulai bulan ini.

Berdasarkan daftar pengeluaran tersebut, kita dapat mengambil keputusan untuk mengurangi beberapa pengeluaran yang sesungguhnya tidak perlu. Misalnya dari pada makan di luar tiap minggu, kita bisa mencoba untuk memasak di rumah sesekali. Jangan lupa penghematan adalah penghasilan tambahan.

Mana yang Anda rasa cocok dengan profil dan keluarga Anda, silakan dicoba. Terpenting, saat mendapat tambahan penghasilan, pastikan Anda memiliki rencana yang jelas guna mencapai tujuan finansial tertentu.

Usahakan agar penghasilan tambahan ini dapat diinvestasikan kembali. Sekali-kali bolehlah memberi hadiah untuk diri sendiri guna keinginan gaya hidup.