5 Jurus Gaul Hemat Bersama Teman

Intan Rizky Adelia
Intan Rizky Adelia
09 Agustus 2018

Jumat sore diajak nongkrong di kafe yang lagi hits, sabtu malam nonton di bioskop kelas I, lanjut makan di resto mahal.  Begitu setiap pekan dengan  berbagai variasinya.  

Asyik sih, tapi aduhai betul konsekuensinya.  Baru tengah bulan, dompet hampir jebol tak karuan.  Pos tabungan pun ngenes menunggu diisi dengan janji tarsok- tarsok tak jelas. 

Yup, gaya hidup kadang menuntut uang keluar lebih banyak daripada yang sudah direncanakan.  Agak miris juga sebenarnya kalau kita sadari bahwa pertemanan ternyata mahal harganya.

Maksudnya, gara-gara ingin menjaga hubungan pertemanan, Anda terpaksa ikut nongkrong sampai harus mengorbankan porsi uang yang sebenarnya sudah dialokasikan untuk keperluan lain. (Coba baca dulu artikel ini: Latte Factor, Secangkir Kopi yang Mengancam Kemerdekaan Finansial)

Padahal nih, sebenarnya banyak cara gaul hemat yang tetap asyik bersama teman.  Anda  tidak perlu menjadi orang anti-sosial namun di sisi lain tetap bisa mempertahankan tabungan.  Yang penting, jadilah proaktif untuk mengajak orang-orang di sekeliling Anda untuk  bergaya hidup positif tanpa mengorbankan masa depan.  

1. Pilih Teman yang Mau Diajak Gaul Hemat

Pilih-pilih teman tidak selalu berkonotasi negatif. Pada kenyataannya, tidak semua orang cocok dengan  Anda dan sebaliknya. Karena itu tidak salah juga kalau pilih-pilih teman yang memang sesuai dengan karakter dan visi kita.

Teman mungkin perlu banyak, namun untuk posisi sahabat pilih saja yang benar-benar cocok dengan Anda. Bersamanya, Anda merasa nyaman bergaul apa adanya tanpa terbebani perasaan untuk selalu menyenangkannya. 

Coba perhatikan mana di antara teman Anda yang sikap hidupnya tidak boros. Jika Anda berteman dekat,  secara tidak langsung teman seperti ini akan mendorong untuk berhemat. Selain itu, Anda juga mudah bekerjasama untuk memilih teman nongkrong sesuai bujet. 

2. Makan Hemat di Tempat Mahal

Tak harus kaku, sesekali makan di  restoran mahal bolehlah. Karena tidak mungkin juga Anda selalu memaksakan ide Anda diterima teman-teman.

Begitupun, cobalah cari trik untuk bisa tetap makan hemat meski di resto mahal. Misalnya membawa minuman dalam botol sendiri. Ingat, jangan bawa air mineral kemasan ya. Karena Anda pasti akan kena tegur. 

Trik kedua, coba ingat-ingat, adakah promo makan hemat yang ditawarkan kartu kredit Anda bulan ini? Periksa juga tawaran kartu kredit teman yang lain. 

Tempat hang-out seperti kafe biasanya rutin menawarkan promo untuk menarik pelanggan. Ada yang memberi promo berupa potongan harga, buy 1 get 1, hingga makanan gratis. 

Promo semacam ini biasanya diinfokan melalui akun media sosial. Karena itu jangan sungkan mengecek ke sana dan mencari tahu di mana kafe yang tengah mengadakan promo. 

Sebelum teman-teman mengajak ke mana,  berikan usul dulu untuk nongkrong di sana.  Tidak usah malu untuk berburu promo di cafe atau restoran, karena bisa menghemat pengeluaran badget untuk nongkrong..

Yang terpenting Anda tetap bisa senang-senang bareng teman-teman. Dengan cara ini, Anda bisa tetap makan mahal (dan gaya), dengan cara hemat.

3. Anggaran Khusus untuk Gaul Hemat

Agar tidak kebablasan menguras dompet saat nongkrong,pastikan Anda sudah menganggarkan bujet khusus untuk kongkow setiap bulan. Tanpa perencanaan, Anda bisa terjebak pada perilaku boros hanya untuk bersenang-senang. 

Anggarkan secukupnya saja, sekitar 5% -10% dari total pendapatan. Saat gajian, segera sisihkan 60% untuk tabungan dan 30% untuk kebutuhan pokok. Sisanya boleh Anda ambil sebagian untuk pos gaul hemat

Selanjutnya, tinggal disiplin aja pada diri sendiri. Kalau memang dananya sudah habis, urungkan niat untuk nongkrong. Dengan begitu, pengeluaran untuk gaul bakal terkontrol dan terencana.

4. Gaul Hemat di Ruang Publik

Berteman tidak selalu harus nongkrong di tempat mewah atau sekadar ‘duduk-duduk cantik”. Percayalah, pertemanan akan semakin seru dengan melakukan aktivitas bersama.

Coba pikirkan beberapa alternatif aktivitas gaul dan hang-out seru tanpa bikin boros. Misalnya olahraga bareng di momen Car Free Day. Tak perlu punya  member tempat fitnes atau instruktur senam, Anda sudah bisa menyehatkan badan sambil gaul bareng teman-teman.

Hunting foto bersama termasuk cara gaul  hemat. Anda jalan-jalan, dan  foto-foto hasil hunting itu bisa Anda pamerkan di media sosial dengan menandai para sahabat. Jangan lupa siapkan bekal dari rumah, agar piknik sederhana itu tidak perlu memberi makan di luar.  

Pengeluaran paling-paling untuk ongkos kendaraan dan masuk ke tempat wisata. Kalau ingin wisata yang lebih hemat, Anda bisa mengunjungi taman, museum, atau bahkan kebun binatang. 

5. Teman adalah Motivator Gaul Hemat  Paling Efektif

Sebagai teman yang baik, Anda bisa menjadi orang yang memberikan pengaruh baik pada orang-irang di sekitar.  Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah berbagi motivasi untuk hidup hemat kepada teman-teman.

 Percayalah, kalau omongan Anda konsisten dengan tindakan,  dalam waktu yang tidak terlalu lama Anda bisa menyamakan visi dan misi hidup hemat kepada teman-teman. 

Saat pengertian itu sudah terbentuk, Anda akan lebih mudah menentukan cara berteman dan memilih tempat hang out yang seide .  Asyik kan,  punya teman yang saling dukung untuk mempersiapkan masa depan yang lebih mapan? Yang penting, jangan segan untuk tampil pro-aktif di komunitas.