5 Cara Menemukan Dana Extra Didalam Anggaran Yang Sudah Ketat

Windu Pratama
Windu Pratama
10 Agustus 2018

Bicara dari pengalaman pribadi. Seketat apapun anggaran yang kita punya masih akan selalu ada ruang untuk melakukan perbaikan.

Saya bagikan 5 cara dalam menemukan dana tambahan dari anggaran rutin yang sudah ketat

1. Potong biaya belanja minuman Kopi/Es Teh Manis dan lainnya

Jangan sepelekan minuman kemasan dengan harga murah dikisaran Rp. 4000,-  Rp.7000,- . Sebagai penggemar minuman kemasan hampir setiap pagi sebelum bekerja saya akan mampir ke toko kelontong waralaba dan membeli sebotol kopi atau tes manis.

Belakangan ini saya sadari bahwa banyak juga biaya yang saya keluarkan untuk minuman kemasan tersebut. Mari kita hitung bersama Rp. 7000 di kalikan 20 hari kerja adalah Rp. 140.000,- untuk sesuatu yang bisa saya siapkan dari rumah.

Coba bayangkan bila selera saya lebih tinggi lagi dan sering membeli kopi dari toko waralaba kopi luar negri. Satu kopi seharga Rp. 35.000, - dikalikan 3 hari seminggu adalah Rp. 420.000,- Hampir setengah juta dalam sebulan.

Alternatif dari kebutuhan ngopi dan ngeteh saya bisa saya gantikan dengan menyiapkan kopi dirumah atau es teh manis di rumah lalu bawa ke tempat kerja.

Sekali kali jajan kopi dan teh memang tidak ada salahnya namun perlu  di ingat bahwa saya bisa mendapatkan dana tambahan sebesar setengah juta rupiah sebulan yang bisa saya alokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih seru, seperti akhir pekan di bandung mungkin ?

2. Potong biaya belanja mingguan atau bulanan.

Biasakan untuk selalu membeli kebutuhan sehari hari kita dalam kemasan besar, seperti pasta gigi, sabun cair, shampoo dan juga kebutuhan dapur.

Barang dalam kemasan besar pada umumnya dijual lebih murah daripada yang dijual dalam kemasan kecil.

Mari kita hitung Shampoo dalam kemasan besar untuk 45 hari seharga Rp. 50.000,- sedangkan barang yang sama dalam kemasan sedang seharga Rp. 40.000,- untuk 30 hari. Mari kita hitung bersama, Rp. 60.000 untuk 45 hari berarti = Rp. 1100/hari dan Rp. 40.000 untuk 30 hari = Rp. 1300,- Penghematan sebesar Rp. 200/hari memang tidak terlihat besar namun jika perhitungan ini diterapkan ke item item yang lain jumlahnya akan mencapai ratusan ribu juga.

3. Berbagi Biaya langganan Applikasi Online

Didalam berlangganan applikasi online kita bisa berbagi dengan teman kita alih alih membayar harga full untuk diri sendiri. Harga berlangganan applikasi musik online sendiri seharga Rp. 50.000/bulan namun bila kita berlanggan secara group per orang hanya membayar Rp. 30.000/bulan

4. Berhemat didalam pengeluaran Listrik dan Air

Berhemat kebutuhan pokok seperti Listrik, Air dan Pulsa walau terlihat remeh namun bila benar benar dijalankan bisa memberikan penghematan yang signifikan.

Penghematan bisa dilakukan dengan benar benar mematikan perlengkapan listrik (TV) dan bukan hanya ditaruh dalam mode tidur (sleep)

5.Naik kendaraan umum atau nebeng teman searah

Setiap hari saya menggunakan transjakarta didalam menuju dan pulang dari tempat kerja. Biaya satu perjalanan adalah Rp. 3500/perjalanan dibandingkan dengan naik gojek online seharga Rp. 25.000/perjalanan. Bisa dilihat perbedaan besar yang bisa saya hemat.

Pada umumnya penghematan harian saya dari kendaraan umum ini akan saya gunakan untuk "ngemall" di akhir pekan karena jumlahnya lumayan, saya bisa berhemat hingga Rp. 20.000 x 5 hari kerja = Rp. 100.000 seminggu , cukup untuk membeli tiket bioskop setiap akhir pekan.

6. Gunakan kupon diskon

Ini ilmu yang saya dapat dari istri saya dengan rajin mencari kupon diskon untuk item item yang biasa kami beli sehari hari kami bisa menghemat 10-25% setiap pembelian.

Di apotik ternama di mall - mall sering ada promo Beli 1 barang lalu tambah Rp. 2000,- dapat 1 barang sejenis, kami sering berburu item item di apotik ini untuk memenuhi kebutuhan harian kami dari barang barang receh seperti sachet tolak angin hingga vitamin mahal.

Diskon belanja online diinformasikan secara rutin di www.Danaxtra.com melalui newsletter yang dibagikan secara berkala. Untuk mendapatkan diskon belanja online silhkan subscribe newletter atau berlangganan newsletter danaxtra.com dengan klik disini.

Dari aktivitas saya berhemat di 6 point diatas dalam 1 bulan saya bisa mendapatkan danaxtra sebesar 1 jutaan dengan tidak mengubah anggaran belanja bulanan saya, lumayan kan.