5 Cara Main Pintar Kartu Kredit Bagi Karyawan Baru

Intan Rizky Adelia
Intan Rizky Adelia
05 Desember 2017

Lulus kuliah dan langsung mendapatkan kerja. Hati siapa yang tidak berbunga-bunga? Harga diri terasa membuncah karena sudah punya penghasilan. Anda boleh bangga, sekarang sudah tidak lagi menjadi tanggungan orang tua. 

Memiliki penghasilan sendiri berarti sudah masuk dalam kategori mandiri finansial. Anda harus mampu mengatur keluar masuk uang. Kalau kurang hati-hati hingga tekor di akhir bulan, Anda sendiri yang harus menanggungnya.

Anda tentu tidak ingin  ini terjadi bukan ;  akhir bulan datang ke orang tua, malu-malu bilang mau pinjam uang untuk nombok biaya transport dan kebutuhan lain sampai saatnya gajian. 

Agar tidak malu akibat salah kelola, bagaimana jika Anda belajar mengatur keuangan melalui penggunaan kartu kredit? Tawaran ini tidak memaksa. Hanya salah satu solusi untuk  “newbie” dalam manajemen pribadi dan mengatur keuangan sehari-hari.

Bagaimana Kartu Kredit bisa Menjadi  Kartu Pintar untuk Mengatur Keuangan?

Sekalipun banyak yang menilainya sebagai pisau bermata dua,  kartu kredit bisa menjadi tools untuk belajar mengontrol keuangan dengan baik.  

1.    Kartu Kredit, Cara Gampang Pantau dan Atur Pengeluaran

Urusan mengatur keuangan bisa menjadi sumber kecanggungan karyawan newbie. Pada umumnya, karyawan-karyawan seperti ini masih gampang tergoda gaya hidup boros. 

Mereka seperti gegar budaya karena sebelumnya tidak pernah pegang uang yang benar-benar hasil keringat sendiri.  Secara psikologis, ia akan  terstimulasi untuk menraktir teman atau saudara, atau ikut arus nongkrong di kafe yang sudah tentu butuh biaya.

Nah di sinilah kartu kredit bisa membantu pengendalian diri. Dengan memanfaatkan kartu kredit,  secara rutin Anda akan mendapatkan pencatatan pengeluaran yang jelas dan teratur. Melalui  riwayat pembelanjaan, Anda bisa memantau pada bagian mana pengeluaran menjadi tidak terkendali. 

Anda bisa menelisik satu per satu transaksi yang telah dilakukan lewat rekaman/cetakan pada lembar tagihan yang datang setiap bulan. Melalui  lembaran itu, Anda dengan cepat bisa menemukan kalau ada penggunaan berlebihan. 

Inilah yang akan membuat Anda berfikir dua kali untuk mengulangi kesalahan yang sama bulan berikutnya. Dengan rekaman tersebut, Anda bisa merencanakan pos-pos pengeluaran untuk bulan selanjutnya. 

2.    Kartu Kredit untuk Menambah Tabungan

Kok bisa? Penjelasannya begini. Transaksi kartu kredit yang bersifat non tunai (cashless) tidak akan mengenakan biaya tambahan  (transaksi dan denda) jika Anda membayar jumlah tagihan secara penuh (tidak membayar minimum dan tidak ada tunggakan). 

Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini secara cerdik.  Untuk belanja kebutuhan bulanan, lakukan transaksi melalui kartu kredit dengan niat pembayaran dilakukan secara penuh dan tepat waktu. 

Sementara itu, budget yang tadinya Anda  anggarkan untuk biaya bulanan bisa Anda tabung dulu. Keuntungan lainnya, dengan pemakaian kartu kredit secara rutin, Anda akan sering mendapatkan penawaran promo cashback (uang kembali). Kumpulkan point ini dan jadikan tabungan pribadi. Oke?

3.    Promo Kartu Kredit untuk Harga Murah

Adalah praktik marketing yang umum, ketika para penerbit kartu kredit berlomba-lomba menawarkan berbagai promo melalui kerjasama dengan merchant (pedagang).  Banyak di antara promo itu menawarkan harga yang jauh lebih murah ketimbang pembelian secara tunai. 

Promo semacam ini  hampir selalu ada setiap bulan lho, bahkan sepanjang bulan. Mulai dari diskon atau potongan harga hingga puluhan persen, maupun promo cashback untuk transaksi tertentu.

4.    Traveling dengan Kartu Kredit

Traveling dan adventure adalah godaan besar bagi karyawan baru yang darahnya masih menggelegak. Kegiatan ini seringkali disisipkan sebagai agenda wajib dan cita-cita. Entah periode tahunan untuk memanfaatkan cuti, atau bahkan lebih sering lagi saat long week end. Entah untuk destinasi pelosok-pelosok negeri atau  bertualang ke manca negara. 

Jika aktivitas itu merupakan cita-cita dalam mengisi kemudaan Anda, penggunaan kartu kredit akan memberikan banyak keuntungan.

Kemudahan yang ditawarkan kartu kredit untuk pehobi traveling antara lain dari promo tiket pesawat secara online,  pemesanan hotel dan transaksi keuangan di destinasi tujuan. Berbagai promo ini, jika Anda manfaatkan secara optimal, akan memberi banyak penghematan. 

Untuk Anda yang suka taveling ke luar negri, bisa coba apply kartu HSBC ini : https://danaxtra.com/kartu-kredit/hsbc-indonesia/hsbc-visa-platinum.html.

Jika Anda lebih suka traveling domestik, coba saja apply kartu Danamon ini : https://danaxtra.com/kartu-kredit/danamon/danamon-visa-platinum.html. 

5.    Riwayat Kartu Kredit yang Baik untuk Pengajuan KPR

Saat ini mungkin Anda belum terpikir apa guna riwayat kredit yang baik. Namun tak lama lagi, ketika Anda mulai terpikir untuk membeli rumah secara kredit melalui bank (Kredit Kepemilikan Rumah - KPR), riwayat kredit  yang baik akan sangat memudahkan. 

Karena itu, jaga credit score Anda dengan disiplin  dalam membayar tagihan kartu kredit. Credit score Anda merupakan acuan  bagi perbankan atau lembaga keuangan lain untuk memberikan kredit yang Anda butuhkan kelak. Score credit ini juga tercatat di pemeriksaan Bank Indonesia (BI Checking).

Bikin Kartu Kredit Sekarang Tidak Sulit

Di waktu-waktu silam, membuat kartu kredit memang tidak terlalu mudah. Salah satu  syarat utama perbankan adalah masa kerja yang sudah lama. Pihak bank biasanya mensyarakatkan minimal pengalaman kerja 1 tahun untuk mengajukan aplikasi kartu kredit.

Namun makin ke sini, pengajuan kartu kredit terlihat semakin mudah dan tidak terbatas bagi karyawan yang sudah mempunyai masa kerja panjang. Saat ini banyak bank atau lembaga keuangan yang mengeluarkan kartu kredit khusus bagi karyawan yang baru mulai bekerja. 

Satu poin penting, bagaimana pun mudahnya Anda mendapatkan kartu kredit dan bagaimana pun besarnya manfaat yang ditawarkan dari kepemilikan kartu kredit, Anda mesti disiplin terhadap diri sendiri. Disiplin dalam penggunaan, jangan sampai memakai kartu kredit melebihi limit yang tersedia. 

Hal ini sangat penting guna mengantisipasi tagihan yang menumpuk nantinya. Ingat-ingat saja, bukan hanya tagihan pokok yang harus Anda bayar. Namun juga biaya bunga dan denda jika Anda  membayar di bawah minimum. 

Pastikan menggunakan kartu kredit di bawah batas limit tersebut dan manfaatkan kartu kredit seoptimal mungkin. Selamat bermain pintar dengan kartu kredit, Bro...