2 Motor Gede Andalan BMW di IIMS 2018

Arie Brahmantyo
Arie Brahmantyo
17 April 2018

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 akan dibuka pekan ini di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Dalam pameran yang akan digelar pada 19-29 April 2018 tersebut, BMW Motorrad akan memamerkan tiga unit motor gede yang digilai kalangan mapan dan penggila jalan jauh.  

Dari tiga kendaraan yang akan dikenalkan, BMW Motorrad membocorkan dua unit modelnya yaitu BMW R1200RT Spezial dan BMW R NineT Spezial melalui  siaran pers yang dikirimkan ke berbagai media. 

Konsep Modern BMW R1200RT Spezial 

BMW membangun motor touring BMW R1200RT Spezial dengan konsep modern, baik dari segi desain eksterior, fitur maupun performa.

Untuk dapur pacu, motor gede ini mengandalkan mesin Flat Twin with Balancer Shaft empat langkah, empat katup per silinder yang dilengkapi double overhead camshaft wet lubricants yang siap memberikan hasil daya sangat besar. Sehingga, mampu memberikan sokongan daya dari mesin BMW R 1200 RT ini.

Desain BMW R1200RT Spezial ini memang tak berbeda dari saudaranya BMW R1200RT yang telah lebih dulu hadir. Namun yang membuat R1200RT Spezial ini jadi special karena penggunaan warna Sparkling Storm Metallic dengan sentuhan jok berwarna cokelat berbahan kulit dengan emboss RT yang berada di jok belakang, menjadikan R1200RT Spezial ini terlihat semakin mewah.

Yang tak kalah menarik dari fitur-fitur tadi, BMW R1200RT Spezial ini sudah terdapat built in speaker yang nantinya bisa dikoneksikan dengan smartphone berkoneksi bluetooth untuk keperluan telfon dan memutar musik.

Setang dengan model Fatbar membuat segitiga berkendara semakin nyaman. Posisi duduk dan setang yang tinggi membuat tangan jadi tidak mudah pegal, meskipun berkendara dalam waktu yang lama. 

Jarak jok ketanah 805mm, bisa diatur ketinggiannya, membuat rider dengan postur tubuh asia masih bisa menapak dengan sempurna. Hal ini memastikan kenyamanan punggung rider saat harus melakukan perjalanan jauh.

Windscreen-nya pun juga bisa diadjust ketinggiannya sesuai kebutuhan, tanpa perlu repot menggunakan kunci-kunci, BMW membekalinya dengan electronic adjustable, jadi tinggal pencet windscreen akan turun/naik secara otomatis.

BMW R nineT Spezial

Sementara BMW R NineT Spezial, menggunakan mesin injeksi 1.170cc. Untuk chassis, motor ini memakai baja berbentuk tabung segaris lurus sampai bagian buritan belakang.

Sebuah Mottogadget Motoscope Pro digital LED ditanamkan di bagian depan di antara lampunya yang merupakan indikator performa moge kustom asal Jerman ini. Untuk lampunya sendiri diletakkan di bawah kolong triple-clamp menggunakan diameter 50mm (mungil).

Beberapa aksesoris terkini yang teraplikasikan dalam moge kustom BMW R NineT Spezial, antara Iain kopling dan master silinder dari Brembo, m-Blaze Disc bar untuk sektor lampu sein belakang dan m-Lock digital key.

Ciip-ons atau sering disebut dengan stang setir gantung mencomot dari merek Gilles Tooling bernuansa klasik yang dipercantik dengan gas grip dari Domino.

Dua ban gambotnya pada BMW R nineT Spezial diisi oleh part dari Golden Tire dengan model dual-sport GT201. Di Italia ban ini cukup terkenal dengan produk yang mumpuni untuk trek berlumpur atau ban motocross.

Sayangnya, sampai hari ini  BMW masih merahasiakan detail lengkap dan harga dari kedua motor gede ini, sampai pameran IIMS 2018 resmi dibuka. Bagi Anda yang penasaran, bisa berjumpa langsung  hadir ke sana.

(Jika Anda ingin mendapatkan produk baru ini secara kredit, silakan baca dulu panduan Membeli Kendaraan Melalui Leasing. Alternatif lain, Anda bisa mempertimbangkan fasilitas keuangan yang disediakan mitra kami)