11 Kebiasaan Orang Sukses yang Harus Anda Tiru

Arie Brahmantyo
Arie Brahmantyo
16 April 2018

Siapa tak ingin hidup sukses?  Karena hasrat sukses itulah, kita biasanya juga tertarik mengamati kebiasaan orang-orang yang sudah sukses terlebih dahulu. Kita ingin mengetahui, apa sih faktor-faktor yang menjadi kunci sukses dalam mengerjakan apa yang mereka tekuni?

Orang sukses, termasuk sukses dalam berbisnis, adalah mereka yang berhasil melakukan beberapa kebiasaan baik, dalam kurun waktu tidak sebentar.  Sikap dan kebiasaan ini bukan hanya terkait dengan pekerjaan, namun juga pada keseharian. Hal-hal kecil yang menjadi rutinitas sehari-hari, bisa membangun diri hingga orang bisa bekerja lebih baik.

Segala sesuatu yang kita miliki saat ini, dan semua yang telah dicapai, ditentukan oleh kualitas kebiasaan yang telah terbentuk. Dengan menciptakan kebiasaan baik, dan mengadopsi perilaku positif, seseorang bisa menjadi sukses dan menjalani kehidupan lebih sejahtera.  

Hasil pengamatan inilah yang mestinya kita adaptasi dalam perilaku keseharian mereka. Jadi tidak berhenti sekadar wacana, apalagi selesai pada sikap bertanya-tanya cara menjadi orang sukses.

Di bawah ini adalah 11 kebiasaan orang sukses yang bisa diteladani supaya kita pun menjadi pribadi serupa

1. Bangun Pagi dan Cukup Tidur

Anda yang suka bangun siang mungkin perlu belajar bangun lebih pagi mulai besok. Karena kebanyakan orang sukses dan kaya di dunia suka bangun pagi sekali.

Menurut penelitian yang dilakukan Corley dalam buku Change Your Habits Change Your Life, 50% orang kaya di dunia bangun paling tidak tiga jam sebelum berangkat kerja. Umumnya mereka bangun pagi untuk menyicil pekerjaan, membaca hingga olahraga.  (Coba baca juga : Kebiasaan yang Harus Dibangun untuk Menjadi Kaya).

Meski bangun pagi, orang-orang kaya tidak kekurangan tidur. Penelitian Corley membuktikan jika 89% miliuner tidur tujuh hingga delapan jam sehari bahkan lebih. Menurut Corley, tidur sangat penting untuk kesuksesan. Jadi, jangan begadang terlalu larut ya!

2. Teroganisir

Salah satu kebiasaan orang sukses yang paling sering dilakukan adalah peduli terhadap hidup yang terorganisir. Organisir di sini mencakup perencanaan serta menetapkan prioritas dan sasaran.

Supaya hidup lebih terencana/terorganisir, susun “to do list” setiap malam sebelum tidur untuk kegiatan esok hari. Sementara, Minggu merupakan hari penting untuk menyusun daftar pekerjaan dan prioritas yang harus dikerjakan pada satu minggu ke depannya lagi.

3. Bertindak

Salah satu syarat mutlak pribadi sukses adalah berani mengambil tindakan.   Mengatur, merencanakan, dan menetapkan prioritas memang sangat penting. Namun tanpa keberanian  berindak, rencana tidak lebih dari sekadar wacana dan potensi yang terpendam.

Orang sukses bertindak cepat dan kerap. Meski kedengarannya tidak masuk akal, mereka yang bertindak termasuk golongan yang selalu merasa siap.

4. Berjejaring atau Networking

Orang sukses dalam segala hal, baik dalam karir, bisnis, pun karya, mereka secara sadar mengerti betapa berharga nilai bertukar ide dengan orang melalui jejaring (networking). Mereka  juga tahu nilai kolaborasi dan kerja tim – yang semuanya mungkin terjadi dengan jalan berjejaring. Orang kaya (sukses) menghabiskan setidaknya lima jam perbulan untuk berjejaring.

5. Mengasah Kemampuan Komunikasi

Meski sudah sukses dan kaya, pengembangan diri tetap penting dilakukan. Tak hanya seputar bisnis dan karier, para orang kaya dan sukses pun suka mengasah kemampuan mereka dalam berkomuniksi.

Menurut CEO Virgin Richard Branson, komunikasi adalah kemampuan paling penting yang harus dimiliki seorang pemimpin. (Baca juga pola pikir 3 tokoh sukses lainnya, Jack Ma, Warren Buffett, dan Carlos Slim )

6. Relaks dan Meditasi

Menarik untuk dicatat bahwa bersantai, baik dengan bermeditasi atau sekadar menyepi menghindari gangguan keramaian merupakan kebiasan orang sukses lainnya. Kebiasaan tersebut punya manfaat mental dan fisik, termasuk menguatkan memori.

Salah satu orang sukses yang suka meditasi di keseharian adalah Jack Dorsey, CEO Twitter dan Square. Setelah bangun pagi pukul 05:00, ia mengaku langsung meditasi. Selain Jack Dorsey, Oprah Winfrey juga dikenal suka melakukannya.

Terkait pada poin kedua, relaksasi ini pun sejatinya akan lebih mudah dilakukan oleh mereka yang telah terorganisir hidupnya. Sisihkan waktu untuk bermeditasi. Langkah pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah berkonsentrasi pada pernapasan sendiri selama tiga sampai lima menit.

7. Perawatan Pribadi

Perawatan pribadi di sini berkaitan dengan diet, olahraga, dan kebersihan diri sendiri. Olahraga memang diketahui baik untuk kesehatan tubuh dan mental. Latihan fisik pun dapat meningkatkan ingatan dan kemampuan belajar sehingga Anda bisa bekerja lebih baik. Menurut riset Corley, 76% orang kaya yang dirisetnya olahraga paling tidak 30 menit setiap hari.

Bagi beberapa orang, perawatan pribadi melibatkan gaya hidup yang sangat disiplin. Kebiasaan ini memiliki dampak positif terbesar pada hidup. Salah satu contoh perawatan pribadi sederhana yang bisa langsung diterapkan adalah rajin mandi.

8. Membaca Buku Non Fiksi

Kebanyakan orang sukses suka membaca buku. Karenanya, mereka punya banyak informasi untuk mengembangkan diri dan usaha.

Akuntan dan financial planner Tom Corley pernah mensurvei 233 miliuner. Ia pun menemukan jika 88% dari mereka mendedikasikan waktu setidaknya 30 menit untuk membaca. Orang-orang kaya tersebut juga punya preferensi buku yakni genre nonfiksi, seperti biografi, sejarah, dan self-help.

9. Bersikap Positif

Menurut banyak orang sukses, memiliki sikap posifit ternyata bukan hanya hasil kesuksesan. Tapi sikap positif adalah salah satu akar penyebab kesuksesan.

10. Berhemat

Hemat tidak sama dengan pelit. Berhemat adalah kebiasaan baik terhadap uang dan sumber daya. Hal ini bisa dijadikan kebiasaan ekonomis dengan menghindari pemborosan. Orang yang sukses secara finansial kerap melakukan tindakan sederhana seperti menabung dan melakukan investasi.

11. Berdialog dengan Diri Sendiri

Berbicara sendiri ternyata penting untuk kesuksesan. Menurut penulis Directed by Purpose, Michal Stawicki, orang-orang sukses di dunia sering mengobrol dengan diri sendiri. Mereka tentu tidak melakukannya karena mengomel namun membangun dialog dengan diri sendiri untuk mencari jawaban dan solusi

Dari 11 kebiasan di atas, syarat sukses yang jauh lebih penting adalah disiplin. Kemampuan seseorang mendisiplinkan diri, menguasai diri sendiri, mengendalikan diri sendiri merupakan kualitas unggul yang bisa dikembangkan sebagai pribadi sukses. Selamat menyongsong sukses, Bro!