Your Financial Life, Simplified

Baca artikel keuangan terkini.

Berita Keuangan

Kartu Kredit  BRI  Wonderful Indonesia, untuk Anda yang Suka Traveling
Berita Keuangan

Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia, untuk Anda yang Suka Traveling

Bersinergi dengan Kementrian Pariwisata RI, BRI meluncurkan Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia.  Diluncurkan di Candi Borobodur Magelang kemarin, Kartu Kredit ini menawarkan “EnTRIPreneurship” yaitu program series dan berkelanjutan, di mana orang yang berpergian mendapat pengalaman dan inspirasi dari tempat atau daerah yang dikunjungi.

“Kartu Kredit ini didesain khusus, bergambar destinasi wisata pilihan di Indonesia agar generasi milenial yang nota bene hobi traveling tertarik,” ujar Direktur Konsumer BRI, Handayani. 

Terdapat 4 pilihan jenis Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia. Yaitu desain bergambar Candi Borobudur, desain Kawasan Wisata Bromo-Tengger-Semeru, gambar Danau Toba, serta Kawasan Ekonomi Mandalika. Handayani menegaskan bahwa salah satu target yang disasar oleh produk ini memang generasi millenial serta pekerja yang suka traveling. 

Produk ini adalah kartu kredit traveling kedua yang dimiliki BRI.  Januari lalu, BRI juga sudah meluncurkan kartu kredit traveling untuk segmen premium. Sementara Bank BNI, sudah mendahuluinya dengan penyegaran kembali BNI Style Titanimum untuk memudakan konsumennya. Mana yang lebih bagus, silakan simak  Syarat Kartu Kredit Terbaik untuk traveling yang sudah pernah kami tulis.   

Bagi para traveler milenial, Kredit BRI Wonderful Indonesia menawarkan beberapa program menarik. Salah satu yang unik adalah EnTRIPreneurship, yaitu program series dan berkelanjutan agar orang yang bepergian mendapatkan pengalaman dan inspirasi dari tempat atau daerah yang dikunjungi.

“Melalui program ini,  pengguna kartu tidak hanya menikmati waktu berlibur, namun juga mendapat inspirasi dan dapat menggali potensi atau investasi yang menghasilkan keuntungan,”jelas Handayani lagi. 

Selain memiliki desain khusus, KK BRI Wonderful Indonesia juga dilengkapi fitur fitur menarik lainnya. Diantaranya dengan bertransaksi menggunakan KK BRI Wonderful Indonesia bisa memberikan keuntungan dalam bentuk Rewards Point, yang dapat diconvert ke Garuda Miles dan atau Big Point Air Asia.

Selain itu, nasabah mendapatkan Doublel Point untuk transaksi di MCC Travel & Airlines,  Double Point untuk transaksi di MCC Hotel serta gratis 1.000 Garuda Miles bagi 500 nasabah pertama.

Kartu Kredit BRI untuk Mendukung Wonderful Indonesia

Launching Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia, jelas Handayani, merupakan dukungan nyata perseroan guna mendukung target 270 juta wisatawan nusantara (Wisnus) di tahun 2018. Peluncuran ini merupakan tindak lanjut PKS yang sebelumnya telah ditandatangani BRI dengan Kemenpar pada medio Desember 2017. 

“Melalui launching ini kami juga ingin berperan semakin mempopulerkan brand Wonderful Indonesia,” imbuhnya. 

Wonderful Indonesia merupakan brand yang diciptakan sebagai identitas Indonesia yang merepresentasikan daya tarik keindahan alam, keanekaragaman budaya, dan keramahtamahan masyarakat Indonesia maupun fasilitas pariwisata menarik lainnya.

“Untuk mewujudkan brand Wonderful Indonesia di pasar global dan domestic dibutuhkan kebersamaan dan sinergi seluruh elemen bangsa dalam kerangka Indonesia Incorporated. Dengan kolaborasi dan bekerja bersama-sama, salah satunya dengan Bank BRI, kita akan Bigger-Broader-Better together,” ujar  Menteri Pariwisata Arief Yahya pada acara tersebut.

Peluncuran Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia ini diharapkan mampu menopang kinerja Kartu Kredit Bank BRI. Hingga kuartal I 2018, tercatat hampir 1,5 juta kartu kredit Bank BRI telah beredar di masyarakat. “Kami optimis di tahun 2018 dapat menerbitkan setidaknya 300.000 KK BRI baru atau tumbuh sekitar 20 persen,” pungkas Handayani.

Intan Rizky Adelia
Intan Rizky Adelia
19 April 2018

Cara Hemat

Berapa Harga Tiket Konser Mariah Carey di Borobudur?
Cara Hemat

Berapa Harga Tiket Konser Mariah Carey di Borobudur?

Mariah Carey akan datang lagi di Indonesia! Sang diva akan tampil perdana di hadapan penonton dengan latar belakang keindahan Candi Borobudur dalam konser musik bertajuk “Borobudur Symphony” 6 November mendatang.

"Kami akan menyandingkan diva dan the World Heritage, Candi Borobudur," ujar Project Director Borobudur Symphony, Palwoto beberapa waktu lalu. 

Event Consultant sekaligus CEO Rajawali Indonesia Communication, Anas Syahrul Alimi menjamin konser Mariah Carey  itu akan megah. Mariah  sendiri, dikabarkan akan tampil bersama big band dan dancer yang dia bawa langsung dari negaranya. 

"Opening act tidak ada, benar-benar live in concert selama dua sampai dua setengah jam. Dia akan membawakan lagu-lagu hitsnya. Lighting, sound system dan lainnya dari Indonesia namun benar-benar akan sangat megah. Konsepnya pakai big band dari Amerika," tuturnya.

Konser Borobudur Symphony juga diklaim memasang  harga tiket konser Mariah Carey  pada level paling murah di dunia.

Tiket Konser Mariah Carey Dijual 5 Kelas 

Anas mengungkapkan klaim tersbeut berdasarkan harga tiket kelas termurah yang dijual dalam konser. Tiket konser Borobudur Symphony dijual dalam lima kelas. Masing-masing adalah Diamond seharga Rp7 juta, Platinum Rp3,5 juta, Gold Rp2 juta dan yang paling murah Festival Rp1 juta. Sementara itu, satu kelas sisanya yakni Super VVIP, menurut Anas, masih belum dapat diumumkan harganya.

“Super VVIP sifatnya on call. Tergantung permintaan. Tetapi yang jelas tidak semahal konser di kelas yang paling tinggi,” katanya.

Sekadar perbandingan, tiket konser Mariah Carey di Manila, Filipina pada 26 Oktober tahun ini dikabarkan dijual pada harga termurah kisaran Rp1,9 juta.

Proses penjualan tiket konser Mariah Carey, akan dilakukan dalam dua tahap. Yaitu pre sale dan reguler online. Untuk tahap pre sale, dijual  secara online melaluai www.tiketpasaja.com mulai 18 April (kemarin). Harga pre sale ini lebih hemat 20% dibanding  harga tahap reguler. Sementara untuk tahap reguler akan mulai dijual pada 20 April 2018.

Project Director Borobudur Symphony Palwoto mengatakan, pembagian kelas harga tiket konser Mariah Carey tersebut telah diperhitungkan dengan memperhatikan tingkat keterjangkauan dan daya beli masyarakat. Berdasarkan pertimbangan tersebut, tak heran bila rentang antara harga tiket kelas paling tinggi dan yang terendah cukup jauh.

“Kami memperhitungkan tingkat keterjangkauan, sebab kita ingin menunjukkan bahwa BUMN memang benar-benar hadir untuk negeri dan menjangkau semua kalangan,” ujarnya.

Seperti diketahui, konser tersebut diinisiasi oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Dalam pelaksanaanya BUMN yang bergerak di sektor pariwisata tersebut menggandeng CEO Rajawali Indonesia Communications sebagai promotornya.

PT TWC berharap konser bertaraf internasional ini akan menjadi ajang promosi yang efektif dalam menarik minat dan perhatian dunia pada Candi Borobudur. Di sisi lain, pergelaran tersebut ditargetkan akan mampu meningkatkan tingkat kunjungan wisman di Indonesia.

Tak hanya menampilkan Mariah Carey di Borobudur, Agustus mendatang  Rajawali Indonesia Communications juga akan menampilkan penyanyi Diana Krall dan kelompok musik Boyzone di Candi Prambanan Yogyakarta.  Seperti di Borobodur, Prambanan Jazz Festival 2018 yang  mengusung tema "Music, Experience & Masterpiece" bertujuan memadukan mahakarya Candi Prambanan dengan penyanyi jazz terkemuka. 

Jika Anda berniat menghadiri  salah satu atau kedua pagelaran akbar tersebut, persiapkan perjalanan sekarang. Jangan lupa manfaatkan fasilitas kartu kredit Anda untuk perjalanan dan menginap di Magelang, Jogja atau Surakarta. Jangan lupa kesiapan fisik agar Anda bisa menikmati konser dengan nyaman

Laras
Laras
19 April 2018

Kiat Keuangan

Berencana Beli Mobil di IIMS? Pertimbangan Poin-Poin Ini!
Kiat Keuangan

Berencana Beli Mobil di IIMS? Pertimbangan Poin-Poin Ini!

Pameran otomotif seperti IIMS  yang akan dibuka mulai hari ini sampai 29 April mendatang adalah kesempatan untuk mencari dan mendapatkan mobil yang Anda idamkan.  

Di sana, Anda bisa leluasa melakukan pengecekan dan perbandingan harga, menggali berbagai informasi tentang jenis mobil dan memilih kendaraan yang paling tepat dengan kebutuhan.  Selain langsung eksplorasi produk, melalui pameran Anda juga bisa memanfaatkan berbagai program promo saat pembelian. 

Namun tunggu dulu, seperti halnya pembelian barang lainnya, beli mobil di pameran pun harus dilakukan hati-hati dan penuh pertimbangan. Jangan gegabah, bagaimanapun juga pembelian kendaraan adalah keputusan finansial yang serius. 

Simak beberapa poin di bawah ini, dan jadikan bahan pertimbangan saat akan beli mobil di pameran. 

1.    Miliki Cukup Pengetahuan

Sebelum mendatangi pameran, pastikan Anda memiliki pengetahuan memadai mengenai seluk-beluk mobil. Hal ini wajib terutama bagi Anda yang akan membeli mobil untuk pertama kalinya. 

Pelajari berbagai macam fitur yang terdapat di dalam mobil, di mana hal tersebut akan membantu Anda untuk bisa berkomunikasi lancar dengan para sales dan mendapatkan sejumlah informasi yang berguna bagi Anda. 

Jangan berfokus hanya pada satu jenis mobil saja. Ada baiknya Anda memiliki pengetahuan mengenai beberapa jenis mobil sekaligus agar Anda bisa dengan mudah melakukan perbandingan antara satu jenis mobil dengan jenis mobil lainnya.

2.    Pastikan Mobil yang Anda Incar Sesuai Kebutuhan

Saat datang ke pameran mestinya  Anda sudah memiliki target incaran yang akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan utama dalam membeli mobil. Satu hal yang harus diingat saat menentukan target adalah kesesuaian  baik fitur maupun jenis mobil, dengan kebutuhan. 

Penentuan target ini sangat penting untuk membantu Anda agar fokus dalam mencari dan menggali informasi tertentu saja. Dengan demikian, Anda tidak menghabiskan banyak waktu mendatangi banyak dealer yang jenis mobilnya jauh dari target. 

Karena itu, sebelum ke pameran, idealnya Anda sudah mendatangi beberapa dealer yang menjual mobil sesuai target Anda. Cari  informasi sebanyak mungkin tentang harga dan beragam fasilitas yang mereka tawarkan. Dengan begitu, Anda juga akan lebih mudah dalam menentukan pilihan dan mendapatkan penawaran terbaik yang bisa Anda pilih dengan mudah.  
Selain harga beli, maka harga jual di kemudian hari juga patut untuk Anda pertimbangkan saat akan membeli mobil. Usahakan mencari mobil yang harga jual kondisi bekasnya masih cukup tinggi, sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian di kemudian hari.

Beberapa penawaran menarik, mungkin akan membuat Anda sedikit kebingungan dalam menentukan pilihan. Karena itu, tidak ada salahnya Anda minta pertimbangan orang terdekat, atau mengambil sedikit waktu sebelum memutuskan pilihan. 

Memang sih, di pameran otomotif Anda akan menemui sejumlah produk unggulan yang menjadi primadona. Produk itu biasanya akan dilabeli dengan sejumlah promosi menarik dan diskon menggiurkan.

Namun jangan mudah tergoda dengan sebuah produk unggulan yang tidak benar-benar Anda ketahui keunggulannya. Anda harus memastikan bahwa keunggulan tersebut memang seusai dengan kebutuhan.

Karena itu, hindari berlama-lama di dealer yang berada di luar target yang Anda tentukan. Hal ini akan membantu Anda terhindar dari bujuk rayu sales yang bisa saja membuat terlena dan membeli sesuatu di luar target. 

3.    Cari Promo dan Diskon

Umumnya pameran otomotif sarat dengan penawaran menarik dan diskon serta bonus menggiurkan. Mulai dari diskon harga, DP dan cicilan ringan, sampai undian hadiah yang ditawarkan khusus saat pameran. 

Semakin ketat persaingan, promo dan diskon yang ditawarkan juga akan semakin gencar. Mulai dari merek Jepang sampai Eropa, biasa akan berlomba-lomba menggelar pormo  demi meraih transaksi sebanyak mungkin.  

Dalam sebuah pameran besar, pihak dealer bisa mendapatkan banyak keuntungan dari jumlah penjualan yang terbilang besar. Karena itu mereka juga tidak akan sungkan-sungkan untuk memberikan berbagai macam diskon dan bonus dalam penjualan.

Jangan segan-segan untuk melakukan tawar-menawar diskon karena hal tersebut wajar saja dilakukan dalam sebuah pameran.  Pastikan mendapatkan diskon dan bonus terbaik, agar bisa mengurangi jumlah pembayaran yang akan Anda lakukan.

4.    Manfaatkan Fasilitas Test Drive

Setelah membaca produk incaran melalui brosur dan review di berbagai media, test drive langsung merupakan salah satu cara paling efektif untuk memantapkan pilihan pada mobil incaran.  Melalui test drive, Anda bisa menikmati performa mobil yang akan Anda beli secara nyata. 

Jika sempat datang lebih dari sekali, manfaatkan sebaik mungkin untuk test drive beberapa mobil sekaligus, tidak hanya mobil incaran utama. Dengan melakukan test drive, Anda tidak hanya akan merasakan bagaimana mobil dikemudikan. Namun awak sales yang bertugas juga siap menerangkan berbagai fitur unggulan dari mobil tersebut.  

Untuk menghindari antrian panjang dengan pengunjung lain, kalau memungkinkan lebih baik Anda melakukannya saat hari kerja (weekday).

5. Pilih Agen Terbaik, Jangan Terburu-buru

Pada saat mendatangi sebuah pameran otomotif, Anda akan dihadapkan pada sejumlah agen dan sales yang gencar memberikan penawaran yang mereka miliki. Bila tidak bijak dan mampu menahan diri, besar kemungkinan Anda akan mengambil sebuah keputusan yang bersifat terburu-buru dalam membeli mobil.

Bersikaplah santai dan tenang agar Anda dapat mengambil sebuah keputusan yang bijak. Anda harus ingat, membeli mobil adalah keputusan finansial besar, yang melibatkan uang puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Untuk itu, Anda harus memikirkannya dengan sangat matang.

Bila ternyata di hari pertama datang ke pameran Anda belum menemukan pilihan yang tepat, tidak ada salahnya menunda dan kembali lagi keesokan harinya. Waktu jeda tersebut bisa Anda gunakan untuk memikirkan kembali keputusan terbaik yang bisa Anda ambil kemudian.

Perkara memilih agen ini, Anda sebaiknya juga ekstra hati-hati. Dalam sebuah pameran otomotif, biasanya  ada saja agen-agen nakal yang hanya berperan sementara dan kemudian “menghilang” dari dealer serta tidak menyelesaikan berbagai macam urusan dengan pelanggannya terlebih dahulu.

Jika berurusan dengan agen yang seperti ini, maka sudah bisa dipastikan Anda akan mengalami kerepotan dan bahkan kerugian dalam proses beli mobil tersebut. Untuk itu Anda perlu selalu ekstra hati-hati dalam memilih agen pembelian.  Jangan sampai tertipu dengan keberadaan agen-agen yang tidak profesional.

6.  Sesuaikan Dana dengan Jenis Pembayaran

Hal lainnya yang tidak boleh luput dari pertimbangan adalah besaran dana yang Anda miliki untuk membeli sebuah mobil. Jangan sampai Anda membeli sebuah mobil yang harganya di luar kemampuan bayar. (Coba simak dulu : Panduan FInansial Beli Mobil

Bila ternyata Anda berpikir untuk membeli sebuah mobil dengan cara mengajukan kredit, maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai segala aturan dan ketentuan yang ditetapkan di dalam pembelian tersebut. (Artikel terkait : Panduan Beli Mobil Melalui Leasing)

Hal-hal yang perlu Anda tanya dan perhatikan secara detil adalah :

  • Baca baik-baik klausul mengenai harga, apakah ada ketentuan harga tidak mengikat dan sewaktu-waktu bisa berubah? 

  • Tanyakan apakah harga yang dipasang di dalam pameran bisa berubah setelah diberi tanda jadi? Jika bisa berubah, sampai berapa lama waktu pelunasan uang muka supaya harga tidak berubah.  Tanyakan juga berapa besar uang tanda jadi yang harus diberikan supaya harga  tidak berubah. 

  • Salah satu indikator harga mobil adalah nilai tukar rupiah terhadap US dollar. Karena itu, jangan abai perkembangan dan fluktuasi nilai tukar rupiah . jika trennya sedang naik, pikir ulang apakah Anda memang harus membeli mobil saat ini. Jika trennya cenderung turun, cobalah bisa minta diskon besar ke dealer.

  • Jangan lupa, pastikan layanan asuransinya karena itu akan membantu Anda melindungi segala risiko yang mungkin terjadi. Tentukan dan pilih asuransi  mobil terbaik dan pastikan Anda menggunakan layanan asuransi dari sebuah perusahaan penyedia jasa asuransi yang bisa dipercaya.

7.  ‘Deal’ di Hari Terakhir Pameran

Tidak jarang tim sales dan dealer perwakilan yang turun langsung di pameran memberi tambahan potongan harga atau diskon lebih besar di hari terakhir pameran. Tujuannya agar calon pembeli semakin tergoda untuk meminang mobil pilihannya.

Strategi ini biasanya dilakukan sales atau dealer untuk model mobil lama yang kembali dipromosikan di pameran tersebut. Selain diskon, bukan tidak mungkin bonus lebih besar juga diberikan kalau melakukan transaksi atau pemesanan di hari terakhir pameran. 

Setiap orang memiliki pertimbangan berbeda-beda saat membeli sebuah mobil. Namun  hal utama yang harus diperhatikan saat membeli kendaraan adalah kesesuaian dengan kebutuhan dan kecukupan dana.  Pertimbangkan dengan matang agar tidak menjadi penyesalan di kemudian hari.

 

Arie Brahmantyo
Arie Brahmantyo
19 April 2018