Your Financial Life, Simplified

Baca artikel keuangan terkini.

Berita Keuangan

3 Asuransi Penting untuk Antisipasi Gempa Bumi
Berita Keuangan

3 Asuransi Penting untuk Antisipasi Gempa Bumi

Bencana alam  hampir tidak bisa diprediksi waktunya.  Padahal ketika bencana itu terjadi, kerusakan ekonomi yang ditimbulkan biasanya sangat besar.  Termasuk dalam peristiwa gempa bumi yang belakangan  semakin sering mengguncang tanah air. 

Rumah dan harta benda yang rusak akibat gempa  butuh biaya khusus untuk perbaikan. Begitu juga jika kendaraan tertimpa reruntuhan. Apalagi kalau merenggut nyawa, maka keluarga yang ditinggalkan bisa jadi kehilangan salah satu sumber penghasilan.

Memang kekuatan alam seringkali tidak bisa ditolak. Namun dari sisi keuangan, Anda bisa mempersiapkan antisisipasi gempa bumi melalui persiapan dana darurat dan asuransi. 

Terkait dengan fenomena gempa bumi, setidaknya ada 3 jenis asuransi yang sangat relevan untuk antisipasi kerusakan ini. Masing-masing adalah asuransi rumah, asuransi kendaraan, dan asuransi jiwa/kesehatan. Selengkapnya silakan simak paparan in.  

1. Asuransi Rumah 

Salah satu aset yang paling berharga adalah rumah. Asuransi ini patut dimiliki oleh masyarakat terutama yang tinggal di daerah berisiko gempa tinggi. Mudah dimengerti, gempa sangat potensial menimbulkan kerusakan rumah. Kalau kerusakan tarafnya parah, sudah tentu diperlukan biaya besar untuk memperbaiki atau bahkan membangun kembali. 

Menurut Ketua Independen Financial Planning Club (IFPC) Mohamad Andoko, asuransi rumah tak ubahnya proteksi asset. Asuransi rumah pada dasarnya adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap timbulnya kerugian akibat kebakaran, tindak pencurian, atau kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana alam seperti juga gempa.  

Lebih lanjut dikatakan, seseorang yang menggunakan asuransi rumah artinya dia memindahkan sejumlah risiko ke pihak jasa asuransi. Dengan memiliki asuransi rumah, maka segala bentuk risiko kerugian yang muncul akibat force major akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Dengan begitu, penghuni rumah bisa tenang dan merasa nyaman.

Namun begitu, kalau tujuannya memang untuk antisipasi gempa, pastikan asuransi  rumah yang Anda ambil juga tersedia untuk kerusakan yang diakibatkan oleh gempa. Maklum saja, selama ini kebanyak asuransi gempa yanga meng-cover kebakaran. 

Untuk menyebut nama, Anda bisa mempertimbangkan produk dari  Asuransi Central Asia, AsuransiTokio Marine Indonesia,  Avrist General Insurance,  MNC Home Express, Asuransi Adira Dinamika dan beberapa lainnya. 
Dalam memilih asuransi rumah, menurut pengamat keuangan Mike Rini,  konsumen harus  memperhitungkan kontrak penggantiannya. Anda harus mereview ulang  uang pertanggungannya apakah bisa meng-cover 70% dari kerusakan, atau 50% dari nilai rumah.

Saran lain, asuransi tersebut hendaknya tidak hanya melindungi rumah secara fisik , namun juga melindungi barang berharga yang ada di dalamnya. Anda tinggal menentukan barang apa yang ingin dimasukan dalam pasal tersebut. 

Memang sih, hal ini berarti ada perluasan tanggungan  dari barang-barang yang disebut di kontrak asuransi. Artinya juga ada konsekuensi naiknya jumlah premi. 

2. Asuransi Kendaraan

Selama ini, masyarakat focus pada asuransi kendaraan karena kecelakaan. Namun dengan banyaknya kejadian gempa bumi, tidak ada salahnya Anda  mengantisipasi  risiko kendaraan yang  bisa saja rusak karena tertimbun reruntuhan.  Karena itu, saat memilih asuransi kendaraan, pastikan pula asuransi tersebut juga mengcover kendaraan dari kerusakan karena gempa. 

Sejatinya, Asuransi Kendaran sebagaimana ketentuan yang dilekatkan pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia terbitan  AAUI, tidak mamsukkan memiliki Jaminan Gempa Bumi di dalam polis Standar.

Karena itu, untuk memiliki  jaminan perlindungan sebagai antisipasi gempa bumi,  tertanggung perlu memperluas Jaminan Perlindungan Gempa Bumi sebagai Extension Coverage (Jaminan Tambahan).

Sebagai konsekuensinya tentu ada tambahan premi yang akan dikenakan untuk perlindungan ini, plus melekatkan Klausul Perluasan Jaminan Gempa Bumi.

L. Iwan Pranoto, Head Of  Communication and Event Asuransi Astra, menjelaskan, peristiwa gempa bumi merupakan jaminan yang dikecualikan baik pada asuransi kendaraan Total Loss Only (TLO) ataupun comprehensive. Maka  jika ingin kendaraan kita tercover  atas risiko kerusakan karena gempa, Anda perlu melakukan perluasan jaminan dan menambah biaya. 

“Tolong cek polis masing-masing, karena itu sifatnya opsional. Bahkan beberapa asuransi ada yang sudah mem-bundling,” ucapnya beberapa waktu lalu.  

3. Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Namun, untuk memberikan perlindungan terhadap diri sendiri, asuransi jiwa penuh sangat disarankan untuk mengalihkan risiko jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Hendrisman Rahim mengungkapkan untuk memproteksi diri dari risiko-risiko yang kemungkinan terjadi, ada baiknya masyarakat punya perlindungan asuransi personal accident.

Dengan asuransi jiwa, pemegang polis bisa terproteksi dan mendapatkan uang pertanggungan jika mengalami kecelakaan.  Hal ini termasuk jika kecelakaan saat menyelamatkan diri dari bencana gempa bumi.  

Bagaimanapun juga, kalau sampai diri kita meninggal, keluarga yang ditinggalkan ada kehilangan sumber penghasilan. Dibandingkan dengan dana darurat, uang pertanggungan yang keluar dari asuransi jiwa relative lebih bisa membackup biaya-biaya yang dibutuhkan pasca kecelakaan. 

Untuk mendapatkan perlindungan jiwa, perusahaan asuransi biasanya menyediakan berbagai macam produk. Mulai dari asuransi jiwa biasa, asuransi jiwa mikro, asuransi kesehatan hingga asuransi jiwa yang dilengkapi dengan produk investasi seperti unit link.  Semuanya bisa didapatkan sesuai dengan kebutuhan perlindungan.

Untuk premi atau biaya perbulannya bisa disesuaikan dengan jenis produk yang diambil.  Pahami produk dengan baik,  sesuaikan dengan kebutuhan agar tidak kekecewaan di masa mendatang. 

Selain asuransi jiwa, asuransi kesehatan juga tidak kalah penting dalam kaitan dengan risiko gempa. Asuransi kesehatan biasanya juga meng-cover jika terjadi kecelakaan termasuk saat gempa. 

Mike menyarankan agar di samping BPJS Kesehatan dari Pemerintah, Anda juga memiliki asuransi swasta agar saling melengkapi. Pasalnya, ada jenis kecelakaan yang tidak ditanggung asuransi swasta, tapi bisa discover BPJS dan sebaliknya. 

Yang jelas, semakin detail perangkat asuransi yang dimiliki seseorang, tentu  semakin mahal premi yang harus ditanggung. Karena itu, sesuaikan pilihan  dengan kebutuhan dan tentu saja kemampuan financial Anda. 

Intan Rizky Adelia
Intan Rizky Adelia
30 Agustus 2018

Cara Hemat

Nonton Hemat Dompet Aman
Cara Hemat

Nonton Hemat Dompet Aman

Hobi nonton film? 
Akhir pekan begini paling enak memang nonton..Bisa dengan pasangan, bisa rame-rame bersama teman. Anda penggemar film, pasti tidak ingin ketinggalan film terbaru. 

Ritual nonton memang bisa menjadi candu. Sayangnya, hobi nonton ini tidak bisa dibilang murah. Kalau setiap minggu nonton bareng teman atau pacar, jadinya boros pengeluaran juga. Bisa-bisa sebelum gajian Anda sudah bokek duluan. Gigit jarilah pada tanggal tua begini. 

Bagaimana caranya supaya bisa memuaskan hobi nonton bioskop tapi dompet tetap aman? Coba ikuti beberap tips nonton hemat berikut ini. 

1. Nonton hemat saat weekday

Anda pasti tahu, harga tiket saat weekdays dan weekend berbeda. Harga tiket pada hari kerja lebih murah ketimbang di akhir pekan. Jadi mengapa tidak pilih janjian dengan teman-teman untuk nonton sepulang kerja?

Toh bioskop biasanya juga menyediakan jam nonton malam sampai midnight. Tentu lebih bijak kalau Anda tidak memilih waktu tengah malam agar besok tidak ngantuk saat kerja. 

Selain menghindari waktu weekend, demi penghematan sebaiknya Anda juga hindari nonton pada hari libur nasional. Sama saja dengan saat akhir pekan, harga tiket pada saat itu juga lebih mahal. 

2. Beda bioskop beda harga

Anda yang hobi nonton film di bioskop pasti sudah paham, masing-masing jenis bioskop punya standar harga sendiri. Seperti misalnya Cineplex 21. Jaringan bioskop ini memiliki empat jenis bioskop, 21, XX1, The Premiere, dan IMAX. Dari ke empat jenis tersebut, yang paling murah adalah Cinema 21. Harga tiket untuk bioskop jenis ini berkisar antara Rp 30.000,- hingga Rp 40.000,-.

Namun meski jenis bioskopnya sama, tak jarang harga tiketnya berbeda. Sebagai contoh, Cinema XX1 di Blok M Plaza lebih murah dibanding Cinema XX1 di Senayan City. 

Perbedaan harga ini tentu saja dikarenakan perbedaan fasilitas yang disediakan. Semakin mahal harga tiketnya, semakin mewah juga fasilitas yang disediakan, mulai dari gedung, bangku penonton, layar, dan lain sebagainya. Bahkan, ada jaringan bioskop yang menggunakan tempat tidur sebagai pengganti bangku menonton.

Meski saat ini tanggal masih terbilang muda, Anda sebaiknya bijak dalam memilih tempat nonton hemat. Cari yang sesuai dengan isi kantong. Buat apa nonton film di bioskop mewah, toh kalau dipikir-fikir filmnya juga sama dan Anda hanya menikmatinya maksimal 2,5 jam.  Yang penting jadi orang pertama nonton sehingga bisa cerita duluan kepada teman-teman. Ya nggak, ya nggak? 

3. Cari Promo Tiket Nonton Hemat

Untuk berburu tiket promo nonton hemat, Anda dapat mengakses beberapa jalur ini.

  • Media Sosial. Biasanya, info promo tiket bioskop dikomunikasikan melalui berbagai media social seperti Instagram, Twitter, Facebok dan lainnya. Bagi Anda yang aktif di media social akan mudah menemukan info-info semacam ini. 
  • Aplikasi Line. Aplikasi berbasis chat ini sering mengadakan kuis dengan hadiah berupa kupon potongan harga dan tiket gratis bioskop. Jadi, bagi Anda yang memiliki Line, rajin-rajinlah mengecek aplikasi tersebut.
  • Situs yang menyediakan informasi promo tiket nonton hemat seperti BookMyShow, katalogpromosi, 
  • Akun Jaringan Bioskop. Selagi aktif di berbagai media sosial, pastikan juga kamu mengikuti akun resmi jaringan bioskop di media sosial.

Berikut akun resmi jaringan bioskop yang dapat Anda ikuti 

• Instagram: @cgv.id, @cinema.21, @cinemaxxtheater,
• Twitter: @cgv_id, @cinema21, @cinemaxxtheater
• Facebook: CGV Cinemas Indonesia, Cinema 21, Cinemaxx Theater

4. Punya E- wallet

Di zaman modern ini, beberapa transaksi bisa dilakukan dengan metode cashless. Metode pembayaran nontunai ini juga diiringi dengan banyaknya promo agar menarik banyak orang menggunakannya. Namun promo ini musiman, dan ada periode masa berlakunya. 

Misalnya saja, e-wallet dari salah satu provider telepon seluler yang menawarkan diskon setiap pembelian tiket bioskop. Atau Sakuku dan Klikpay dari Bank BCA serta E-Pay dari BRI yang bulan ini menawarkan potongan harga hingga Rp50 ribu.

5. Nonton hemat pakai kartu kredit

Mujur kalau Anda sudah punya kartu kredit. Biasanya bank penerbit kartu kredit bekerjasama dengan jaringan bioskop  dan sering menawarkan promo berupa diskon harga tiket atau buy one get one. Pas untuk Anda yang mau nonton dengan pasangan.

Bulan ini, CIMB Niaga bahkan menawarkan diskon tiket nonton sampai 70% jika Anda membelinya di BookMyShow. Sementara Bank BRI menjanjikan diskon 40%.  

6. Ikut Forum atau Komunitas Pencinta Film

Biasanya, mereka yang tergabung dalam satu komunitas pecinta film memiliki banyak informasi mengenai promo tiket bioskop. Mulai dari masa berlaku, hingga di bioskop mana saja promo tersebut berlaku.

Coba cari forumnya di internet yang berisi para pecinta film. Bisa di Kaskus, grup Facebook atau forum online lain. 

7. Berburu Kuis Nonton Hemat

Sebagai cara promosi film yang akan dilaunching, biasanya pihak promotor film akan mengadakan berbagai kuis. Hadiahnya tentu saja tiket nonton gratis film mereka.  Anda yang suka bersilancar di internet, tentu sudah tidak asing dengan istilah pemburu kuis.

Pantengin saja akun-akun yang sering menyelenggarakan kuis seperti ini. Terutama situs hiburan, bahkan situs berita pada rubrik hiburan. Ikuti juga berbagai media social yang terkait dengan film terbaru. Jangan sampai lolos, guys!

 

Laras
Laras
21 September 2018

Kiat Keuangan

20 Barang Wajib Dibawa Saat Traveling
Kiat Keuangan

20 Barang Wajib Dibawa Saat Traveling

Banyak penawaran diskon tiket dan reservasi hotel lho. Tertarik untuk rencanakan traveling untuk akhir pekan ini? Yuk susun rencana traveling dengan matang, termasuk dengan hal packing nya.

Jangan meremehkan urusan packing dan barang-barang traveling guys. Buat catatan daftar barang-barang yang harus dibawa, sebagai keperluanmu saat liburan.

Berikut ini daftar yang bisa membantu kamu untuk packing isi koper ataupun carrier.

1.Travel Bag Organizer

Ini membantu kamu untuk menyimpan barang-barang agar tidak berantakan. Harga travel bag organizer ini juga terbilang murah. Bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp25 ribuan di online shop.

2.Quick Dry Towel

Meski hotel ataupun penginapan menyediakan handuk, sebaiknya kamu tetap membawa handuk. Tidak mesti handuk yang biasa kamu pakai di rumah, tapi siapkan jenis quick dry towel. Handuk ini biasanya lebih cepat kering, karena terbuat dari microfiber.

3.Perlengkapan Sanitasi

Kesegaran dan kebersihan badan tetap terjaga dengan perlengkapan sanitasi yang kamu bawa.  Barang-barang sanitasi yang kamu siapkan adalah: pasta gigi, sikat gigi, sabun mandi, tisu kering, tisu basah shampo, deodoran,dan facial wash.

4.Obat-obatan pribadi

Dalam perjalanan traveling, pusing ataupun mual, bisa saja terjadi. Keperluan obat-obatan yang cocok dengan tubuh kamu, jangan sampai tertinggal. Bawalah obat masuk angin, sakit kepala, maag, pegal-pegal, dan luka ringan.

5.DRY Bag

Jika destinasi wisata berhubungan dengan air, sebaiknya kamu membawa dry bag. Ini bermanfaat saat kamu membawa elektronik ataupun produk gadget, jika kamu menyeberangi area sungai, ataupun usai snorkeling di lautan.

6.Money Belt

Money belt bisa kamu dapatkan di toko-toko perlengkapan traveling. Bentuknya seperti ikat pinggang, namun memiliki kantong kecil dengan resleting yang bisa digunakan untuk menyimpan uang darurat.

7. Universal Adapter

Stop kontak di suatu daerah ataupun negara lain, bisa jadi berbeda dengan jenis stop kontak yang biasa kamu jumpai. Penting untuk bawa universal adapter, untuk keperluan kamu mengisi baterai smartphone dan gadget kamu lainnya.

8. Kamera Kedap Air

Sebaiknya tidak perlu membawa kamera berukuran besar dengan banyak lensa cadangan. Cukup lengkapi perjalanan wisata kamu dengan kamera digital kedap air jenis kamera saku. Kamera jenis ini lebih simpel dan aman bila terkena air.

9. Pisau Serbaguna

Benda ini berguna untuk perjalanan kamu.  Mulai dari sebagai alat masak jika kamu hiking ataupun melakukan kegiatan bushcraft di alam bebas. Kamu bisa gunakan untuk mengupas buah, memotong kayu, menggunting dan membuka botol.

10. Travel Vacuum Bag

Bermanfaat untuk memisahkan antara baju kamu yang kotor dan yang bersih. Selain itu juga, isi koper ataupun carrier kamu akan lebih rapih.

11. Sepatu

Bawalah sepatu yang nyaman untuk perjalanan jauh. Sepatu yang kualitasnya kurang bagus dan tidak nyaman dipakai, bisa membuat kaki kamu cedera. Apalagi jika destinasi yang kamu kunjungi ke wilayah dataran tinggi. Pastikan sepatu hiking kamu bawa sebagai alas kaki di perjalanan.

12. Kaca Mata Hitam

Selain sebagai salah satu aksesoris yang menunjang gaya liburan, kaca mata hitam dapat melindungi mata kamu dari debu, silau cahaya matahari, dan pasir.

13. Uang Tunai

Saat traveling kehabisan uang tunai? Jangan sampai itu terjadi. Meski isi ATM kamu banyak, tapi jika tidak kamu tarik dananya untuk perjalanan ke destinasi yang kamu tuju, bisa jadi kamu kebingungan cari mesin atm nya. Sebaiknya persiapkan uang tunai untuk destinasi kamu kemanapun.

14. Buku

Meski tergantung dari tiap-tiap individu. Buku bisa dibawa bagi kamu yang hobi membaca. Kamu bisa membawa 1 atau 2 buku saja dengan ukuran yang tidak terlalu tebal.

15. Botol Minuman/Tumbler

Membawa botol minuman/tumbler adalah langkah sederhana untuk merawat bumi untuk mengurangi sampah botol minuman kemasan. Kamu juga bisa mengisi air berulang-ulang untuk persiapan di perjalanan.

16. Pakaian Secukupnya

Bawa pakaian secukupnya yang juga sesuai dengan destinasi yang kamu kunjungi. Bawa pakaian yang nyaman dan aman digunakan untuk gerak aktifitasmu saat traveling.

17. Earphone

Mood saat perjalanan traveling bisa turun naik juga lho. Kelelahan di transportasi umum, kebisingan di jalan, delay pesawat, hal itu bisa kamu alihkan dengan mendengar musik menggunakan earphone.

13. Senter

Cahaya cadangan dari senter bisa berguna untuk kamu, saat kamu menjelajah ke alam bebas. Saat kamu hiking ke perbukitan apalagi pegunungan, senter sangat wajib kamu bawa.

19. Jurnal atau Buku Catatan Kecil

Meski sudah ada smartphone untuk menulis catatan. Cara manual dalam mencatat itu tetap penting lho.

20. Sarung/Perlengkapan Ibadah

Sarung sangat berguna. Selain dapat digunakan untuk sholat, sarung bisa kamu gunakan untuk penghangat badan, selimut, dan penahan angin. Bagi wanita, untuk perlengkapan sholat bisa membawa mukena dan sajadah yang berbahan parasut. 

 

Itulah 20 barang-barang wajib yang penting kamu bawa saat akan melakukan destinasi wisata. Sebelum kamu packing, hitung berapa jumlah hari yang akan kamu habiskan untuk liburan.

Buat itinerary dan aktifitas yang akan dilakukan selama berlibur. Jangan lupa untuk browsing semua informasi terkait lokasi yang akan kamu kunjungi. Rencanakan juga budgetnya, dan manfaatkan penawaran-penawaran diskon traveling untuk menghemat anggaranmu. Cek disini juga untuk informasi diskon booking hotel dan reservasi tiket ya.

Happy Trip!

Laras
Laras
19 September 2018