Trik Menabung untuk Miliki Aset Banyak

Oleh Editor Kamis, 7 September 2017

Menabung untuk Miliki Aset

Siapa yang tidak ingin punya aset banyak? Rasanya hampir semua orang ingin memiliki banyak aset – rumah, apartemen, tanah,  kendaraan pribadi, dan berbagai properti lain. Namun jalan menuju ke arah sana sudah pasti tidak mudah. Dibutuhkan usaha keras dan anggaran besar yang tidak bisa dicapai dalam waktu singkat. 

Begitu pun, tidak perlu khawatir. Anda bisa mempersiapkannya mulai sekarang dengan cara menabung. Asal dilakukan dengan cermat dan cerdas, cita-cita memiliki banyak aset bukan hal yang mustahil. Simak kiat-kiatnya berikut ini.

Menabung Sekarang Juga

menabung miliki aset

Jika Anda bertanya kapan waktu paling tepat untuk menabung, maka jawabannya “sekarang juga!”. Tidak ada waktu yang paling tepat selain saat ini. Terlebih jika Anda masih muda. Tidak perlu menunggu tua untuk mulai menyisihkan sebagian uang guna ditabung. Semakin cepat Anda menabung, akan semakin banyak uang yang bisa dikumpulkan. Semakin cepat uang terkumpul, maka akan semakin cepat pula Anda memiliki aset impian.

Namun, jika Anda terus menerus menunda, maka harga aset seperti rumah dan mobil akan semakin mahal. Impian memiliki kedua aset itu pun semakin tidak terjangkau. Bangun komitmen untuk menabung sekarang juga! (artikel terkait : 10 cara gampang memiliki rumah )

Sukses Menabung dengan Tujuan dan Target Jelas

tetapkan target menabung

Waktu yang paling tepat untuk menabung memang sekarang, namun alangkah bijak jika Anda sudah menentukan tujuan dan target. Contohnya, Anda tetapkan dulu tujuan menabung adalah untuk membeli apartemen, tanah atau kendaraan. Setelah itu, Anda juga harus menentukan target waktu dan jumlah keuangan  yang ingin dicapai.

Jika Anda ingin cita-cita itu tercapai dalam waktu lima tahun, misalnya, maka tujuan dan target yang ditentukan sudah semakin jelas dan terarah, sehingga Anda akan lebih fokus dan bersungguh-sungguh mencapai target tersebut. Untuk menambah semangat dalam menabung, Anda dapat menuliskan tujuan serta target itu di tempat yang mudah terlihat.

Buka Rekening Autodebet untuk Menabung

 menabung dengan autodebet

Kebanyakan orang kesulitan membangun komitmen dan sikap konsisten dalam menabung. Ada saja alasan dan faktor penyebabnya. Misalnya, lupa menyisihkan sebagian dari gaji Anda hingga akhirnya tidak anggaran untuk menabung. Atau, lebih memilih menggunakan sebagian uang untuk keperluan lain daripada ditabung.

Agar menjadi kebiasaan, menabung memang butuh sedikit paksaan. Anda bisa melakukannya dengan membuka rekening tabungan di bank yang menggunakan sistem autodebet. Dengan demikian, bank akan memotong langsung sejumlah uang dari rekening penghasilan Anda setiap bulan pada tanggal tertentu. Rekening tabungan ini tidak akan bisa diambil dalam kurun waktu tertentu. Tidak apa memaksa diri sendiri demi mempercepat tercapainya impian.

Menabung Lebih Cepat dengan Deposito Online

Lagi-lagi harus sedikit memaksa, Anda bisa menabung dengan membuka deposito lewat jaringan e-channel bank. Rata-rata perbankan mematok setoran deposito minimal Rp 8 juta hingga Rp 10 juta. Jika uang sejumlah itu sudah dipegang, Anda bisa membuka rekening deposito dan menyisihkan gaji Anda setiap bulan.

Tidak ada alasan menunda karena malas antre di bank. Anda bisa membuka simpanan berjangka tersebut via online. Semua menjadi serba mudah dengan teknologi digital.

Cobalah Menabung Emas

Anda juga bisa melirik menabung emas sebagai cara cerdas untuk memiliki aset. Emas adalah tabungan atau investasi yang tidak terpengaruh inflasi, sehingga Anda tidak perlu khawatir karena nilainya cenderung stabil.

Menabung emas patut dipertimbangkan sebagai strategi antara dalam menggapai impian Anda memiliki aset besar. Mengumpulkkan uang sampai sejumlah  harga beli aset pasti butuh waktu lama. Namun, Anda harus tetap mempelajari dan memahami seluk-beluk investasi emas, apa saja keuntungan yang diberikan dan risiko yang mungkin datang

Menabung Butuh Komitmen dan Disiplin Kuat

Kiat paling penting dalam perilaku menabung adalah membangun dan menerapkan kedisiplinan serta komitmen kuat. Terlebih, menabung untuk memiliki aset bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Harga aset yang terbilang tinggi akan menuntut Anda untuk memiliki komitmen kuat dan disiplin dalam menabung.

Menabung untuk membeli aset akan butuh waktu lama. Jangan ditunda-tunda. Kalau Anda tidak melakukan dari sekarang tidak memiliki komitmen serta kedisplinan kuat, alamat terbanglah aset impian Anda. Yuukk menabung dari sekarang!