Ingin Bisa Menabung Minimal Rp 1 Juta per Bulan? Ini Caranya

Oleh Editor Senin, 4 September 2017

Menabung Hanya Kalau Ingat

targetkan jumlah menabung tiap bulan

Dalam sebulan, kira-kira berapa jumlah maksimal uang yang bisa Anda tabungkan? Tiga ratus ribu? Lima ratus ribu? Atau, bahkan satu juta? Jangankan satu juta, menyisihkan sedikit gaji untuk ditabungkan saja Anda kesulitan, bahkan lupa.

Anda tidak sendirian. Banyak orang-orang di luar sana yang bahkan seringkali tidak mampu menyisihkan sedikit gaji mereka untuk ditabung setiap bulan. Mereka hanya menyisihkan jika sedang ‘ingat’ atau sedang mendapat ‘bonus’ dari kantor. Fenomenanya, saat ini hanya 15% kaum millenial yang punya  tabungan.  

Sesungguhnya ini sangat menyedihkan karena menabung sangat penting untuk kebutuhan dan keperluan mendadak di masa depan. Seperti biaya pendidikan anak, biaya rumah sakit, serta biaya tak terduga lainnya. Oleh sebab itu, akan sangat baik jika Anda menabung dengan jumlah maksimal tiap bulannya. Satu juta atau bahkan mungkin dua juta rupiah jika Anda berani memasang ambisi lebih tinggi.

Capai Target Menabung dengan Bawa Bekal

Salah satu kiat cerdas untuk mencapai target menabung satu juta per bulan adalah membawa bekal ke kantor. Biasanya, membeli makanan di luar membuat pengeluaran per bulan lebih besar. Apalagi kalau Anda makan siang di café atau restaurant karena ajakan teman. Dua puluh ribu rupiah tidak bakalan cukup untuk sekali makan, bukan?

Untuk menyiasatinya, Anda harus berhemat dengan membawa bekal makan siang ke kantor. Selain hemat, makanan yang Anda bawa dari rumah akan lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya. Terlebih jika hobi memasak, Anda cukup mencari resep menu makanan sehat dan enak di internet. 

Dengan begitu, Anda akan menghemat banyak uang untuk ditabung. Tak usah malu, ayo bawa bekal ke kantor!

Gunakan Transportasi Umum, Menabung Lebih Maksimal

Anda terbiasa menggunakan kendaraan pribadi untuk ke kantor? Untuk mengukur dan membandingkan pengeluaran, Anda bisa mencoba mengganti kendaraan pribadi dengan transportasi umum. Dengan menaiki transportasi umum, maka Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli bahan bakar alias bensin.

Apalagi jika mendadak ada keperluan sehingga harus mampir ke pusat perbelanjaan, maka Anda akan dikenakan biaya parkir per jam. Semakin lama Anda di sana, maka akan semakin mahal biaya parkir yang harus Anda keluarkan.

Oleh sebab itu, menggunakan transportasi umum ialah kiat paling bijak untuk menghemat keuangan Anda agar target menabung satu juta per bulan bisa segera tercapai.

Kurangi Hang-out di Café, Proses Menabung Lebih Cepat

 hang-out versus menabung

Anda tipe orang yang lebih mengutamakan gengsi? Maksud gengsi di sini ialah Anda lebih memilih café atau restaurant sebagai tempat kumpul alias hang-out? Kalau iya, alangkah baiknya jika Anda harus mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat.

Tidak masalah jika Anda hang-out sekali atau dua kali dalam sebulan, namun jika Anda ingin target menabung satu juta per bulan segera tercapai, maka sebaiknya kurangi hang-out di luar. Terlebih jika tempat nongkrong yang Anda datangi terbilang mahal. Dengan mengurangi intensitas nongkrong di luar, maka target menabung Anda menjadi lebih cepat.

Mau Menabung Lebih Banyak? Olahraga di Alam Terbuka

Anda aktif sebagai member di pusat kebugaran? Tidak masalah untuk kesehatan. Namun jika ingin mengejar target menabung satu juta per bulan, maka Anda harus mencari alternatif lain. Tidak perlu khawatir, Anda masih tetap bisa berolahraga dengan memanfaatkan alam terbuka.

Anda bisa mengganti pusat kebugaran dengan berolahraga di alam terbuka, seperti taman, atau track berolahraga di sekitar lingkungan Anda. Anda bisa rutin jogging dan tetap berolahraga tanpa mengeluarkan biaya. Dengan begitu, anggaran untuk membayar iuran di pusat kebugaran bisa Anda alokasikan untuk menabung.

Sedang Menabung Tapi Ingin Belanja? Manfaatkan Promo

Meskipun sedang berhemat untuk menabung, Anda tetap masih bisa berbelanja lho! Bagaimana caranya? Anda bisa memanfaatkan kartu diskon dan berbagai promo berbelanja. Pintar-pintarlah mencari diskon dan promo, baik di toko online maupun di pusat perbelanjaan.  Referensi mengenai cara belanja pintar bisa Anda baca dalam artikel mengenai promo belanja paling menguntungkan di supermarket

Dengan diskon dan promo berbelanja, maka Anda bisa berhemat dan mengalokasikan sisa anggaran berbelanja untuk ditabung. Jadi Anda tetap bisa berbelanja walaupun sedang berhemat.

Konsisten Sisihkan Uang di Awal Bulan untuk Menabung

sisihkan uang sejak awal bulan untuk menabung

Mau lebih cepat dan efisien dalam mengejar target menabung satu juta per bulan? Anda harus konsisten menyisihkan uang atau gaji di awal bulan untuk ditabung. Dengan begitu, anggaran untuk menabung tidak terpakai untuk keperluan yang lain.

Tapi, harus diingat, untuk mencapai target menabung sejumlah satu juta per bulan, maka dibutuhkan konsistensi dalam diri Anda. Tidak hanya konsisten menyisihkan uang tabungan di awal bulan, tetapi juga harus konsisten berhemat dalam segala hal. Mulai dari membawa bekal, mengganti kendaraan pribadi dengan transportasi umum, dan kiat menabung lainnya.

Jadi... yuks terapkan kiat-kiat di atas untuk menyongsong masa depan yang lebih terang.