4 Alasan Mengapa Anda Harus Persiapkan Dana Pensiun Sekarang

Oleh Editor Selasa, 12 September 2017

Jangan Anggap Enteng Dana Pensiun

Pernahkah terpikir akan seperti apa masa tua Anda nantinya? Apakah segala kebutuhan di masa tua akan terpenuhi dan tercukupi? Atau, justru Anda masih harus bekerja untuk memenuhi segala keperluan?

Seringkali orang menggampangkan dan menunda persiapan masa pensiunnya. Alasannya, “Nanti saja, masih terlalu muda untuk memikirkan”.

Apakah Anda juga berprinsip begitu? Nanti, nanti dan nanti. Dan ketika tiba saatnya, tinggal penyesalan yang Anda dapatkan.

Jangan salah,  masa tua yang nyaman dan berkecukupan harus Anda pikirkan dan persiapkan sejak dini. Ini berbagai faktor dan alasan mengapa Anda harus segera mempersiapkan dana pensiun pada usia muda.

Dana Pensiun untuk Generasi Sandwich

dana pensiun untuk gen Sandwich

Sadarkah Anda jika kita termasuk dalam "generasi sandwich"? Kebanyakan, generasi produktif di Indonesia (usia 25 – 35 tahun) terjepit seperti daging sandwich di antara dua potong roti.  Di satu sisi kita bertanggungjawab terhadap orang tua (generasi di atas kita), di sisi lain juga harus membiayai kebutuhan hidup anak-anak.

Sebagai "generasi sandwich", Anda pasti paham dan merasakan betapa dibutuhkan usaha ekstra untuk memikul tanggungjawab  yang terbeban dari sisi atas mau pun bawah tersebut. Kondisi ini menjadi pembelajaran penting mengenai perlunya mempersiapkan dana pensiun sejak dini.

Dengan mempersiapkan dana pensiun dari awal, Anda bisa memastikan pada masa tua nanti bisa tetap mandiri secara finansial dan berkecukupan. Dengan begitu, generasi anak-anak kelak tidak akan mendapatkan beban yang terlalu besar atas diri Anda. Generasi sandwich harus mampu mempersiapkan dana pensiun agar tidak membebani generasi selanjutnya

Menua Aman dengan Dana Pensiun

Tidak ada yang tahu perihal batas usia manusia.  Mari berfikir sejenak jauh ke depan, bagaimana jika usia Anda mencapai 80 tahun lebih. Sekilas terdengar indah. Namun bagaimana Anda memenuhi kebutuhan dan keperluan pada usia yang sudah tidak produktif? 

Misalnya, usia pensiun adalah 55 tahun dan Anda berharap dapat hidup hingga umur 80 tahun. Nah, berarti Anda memiliki 25 tahun masa pensiun. Selama 25 tahun itu, Anda tetap harus memenuhi segala keperluan dan kebutuhan hidup Anda, bukan? Bagaimana cara membiayai hidup itu?

Apakah akan menggantungkan diri pada anak-anak Anda? Apakah Anda yakin kondisi perekonomian anak nanti dapat memenuhi segala keperluan keluarganya, termasuk Anda? Oleh sebab itu, sangat penting untuk mempersiapan dana pensiun sejak sekarang agar masa tua Anda nyaman dan berkecukupan.

Dana Pensiun? Ingat Inflasi!

Jika Anda masih menunda-nunda persiapan dana pensiun, ingatlah inflasi yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Rata-rata angka inflasi per tahun sebesar 6%, sedangkan bunga tabungan hanya 4%. Jadi, tidak akan tercukupi jika Anda hanya mengandalkan tabungan untuk hari tua nanti, karena nilai tabungan jauh di bawah persentase inflasi.

Coba Anda ingat-ingat, sewaktu masih SD dulu, dengan uang saku Rp 500 Anda sudah bisa jajan lontong, batagor dan permen karet Yosan. Sudah kenyang dan cukup puas. Sekarang apa yang bisa anak Anda dapatkan dengan uang saku sejumlah itu? Dia pasti akan protes keras karena hanya bisa untuk membeli permen  sebiji !

Seperti itulah gambaran inflasi yang terjadi dari tahun ke tahun. Jadi Anda bisa bayangkan betapa merosotnya nilai uang yang Anda tabung saat ini. Sekarang mungkin Anda merasa tenang karena isi rekening terkesan gemuk. Namun 30 tahun lagi, nilai itu sangat mungkin sudah tidak terlalu berharga.  Ini alasan  sangat penting mengapa Anda harus mempersiapkan dana pensiun dari sekarang.

Dana Pensiun Jaminan Kesehatan Hari Tua

Setiap orang pasti mendambakan masa tua yang nyaman dikelilingi keluarga tercinta? Dan, tentu saja juga dengan kesehatan yang masih prima. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa di usia tua kondisi kesehatan fisik akan semakin menurun.  Ini  tentu membutuhkan persiapan  biaya jika sewaktu-waktu harus berkunjung atau mendapatkan perawatan dari rumah sakit.

Dengan adanya dana pensiun, Anda tidak perlu khawatir lagi jika di masa tua nanti harus  rutin melakukan kontrol kesehatan. Dana pensiun akan menjaga Anda dari kekhawatiran akan ketidakpastian  jaminan kesehatan di hari tua.

Dana Pensiun Penting Saat JHT BPJS Ketenagakerjaan dan DPLK Tidak Cukup

Dana Pensiun Jaminan Hari Tua

Apakah perusahaan tempat Anda bekerja menjamin masa pensiun dengan Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)? Perusahaan Anda sudah berlaku bijak, namun mungkin belum cukup. Anda masih harus memperhatikan beberapa hal lain.

Pertama, apakah dana pensiun tersebut cukup? Pasalnya, besaran iuran JHT BPJS Ketenagakerjaan dan DPLK disetorkan berdasarkan besarnya gaji Anda, bukan dari target dana pensiun yang harus Anda miliki. Yang kedua, jika Anda sudah tahu bahwa iuran saat ini kurang untuk masa pensiun nanti, Anda tetap tidak bisa langsung menambah iuran meskipun itu dari kantong Anda sendiri.

Oleh karenanya, ketika JHT BPJS Ketenagakerjaan dan DPLK dianggap tidak mampu mencukupi keperluan hari tua, sangat penting untuk mempersiapkan dana pensiun dari sekarang.

Dana Pensiun agar Tidak Bekerja Saat Tubuh Renta

Alasan terakhir mengapa Anda harus mempersiapkan dana pensiun sejak dini adalah agar Anda tidak perlu lagi bekerja di hari tua nanti. Dengan kondisi kesehatan yang tidak lagi prima seperti ketika masih muda, maka memang sudah saatnya Anda beristirahat, menikmati hari tua dengan nyaman dan tenteram.

Anda tidak perlu memikirkan biaya hidup di hari tua yang semakin mahal tiap tahunnya. Anda juga tidak perlu bergantung dan merepotkan anak-anak Anda kelak.

Jaga selalu perilaku keuangan Anda,  jangan sampai melakukan berbagai kesalahan finansial agar tidak menyesal nantinya. Persiapkan dana pensiun sekarang juga!