Cari Promo Belanja Paling Menguntungkan di Supermarket

Oleh Editor Jum`at, 14 Juli 2017

Cari Promo Belanja untuk Kebutuhan Bulanan

belanja promo supermarket dengan kartu kredit

Banyak di antara kita yang memilih supermarket untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Namun tidak jarang, orang kesulitan mengatur pola belanja ketika masuk ke pasar modern. Karena tanpa perencanaan, anda sangat mungkin melakukan sejumlah pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu sehingga membahayakan isi dompet. 

Salah satu sebabnya mungkin karena anda tergiur promo yang disajikan supermarket secara atraktif. Boro-boro hemat, bisa-bisa dompet anda bobol untuk pembelian beberapa barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Padahal kalau mau, anda sebenarnya punya peluang besar untuk berhemat. Caranya cari promo belanja yang disajikan supermarket.

Simak tips-tips di bawah ini agar bisa belanja hemat sekaligus bijak dalam memanfaatkan promo belanja yang menjadi program pemasaran reguler semua supermarket.

Cari Promo Belanja di Katalog

Ini bukan omong kosong, harga promo suatu barang di supermarket bisa lebih murah dibandingkan harga di pasar tradisional. Beberapa item barang yang didiskon, bisa jadi lebih miring ketimbang harga grosir. 

Untuk mendapatkan harga termurah, cari promo belanja melalui katalog-katalog yang diterbitkan setiap supermarket. Cara ini sangat ampuh untuk menemukan harga promo barang yang sedang anda incar di salah satu supermarket. Hanya saja, kendati hemat anda butuh waktu lebih banyak karena harus rajin-rajin mengecek iklan promo supermarket di berbagai koran.

Cari Promo Belanja dari Info Digital

Sebenarnya ada cara yang lebih efektif ketimbang mengecek koran satu per satu. Saat ini ada beberapa portal belanja yang khusus menyajikan promo-promo supermarket, seperti promo Jumat Sabtu Minggu (JSM), promo mingguan atau promo bulanan.

Anda tinggal mengetik barang yang dibutuhkan, dalam hitungan detik akan menemukan harga termurah dari semua promo supermarket terbesar di Indonesia. Anda bahkan bisa membandingkan harga promo di supermarket dengan di marketplace online.

Pasang Radar untuk Cari Promo Belanja

Semua supermarket pasti ingin pelanggannya kembali berbelanja. Karena itulah mereka berlomba-lomba menawarkan program loyalty. Program bisa berupa akumulasi poin yang bisa ditukarkan dengan potongan harga, kupon, atau hadiah menarik.

Supermarket biasanya juga menawarkan kartu diskon untuk pembelanjaan produk tertentu. Jika terbiasa berbelanja di beberapa supermarket, dan Anda memiliki kartu diskon dari semua supermarket itu, berhati-hatilah saat memakainya.

Pastikan kartu diskon tersebut dapat berfungsi dengan baik. Ada kalanya kartu diskon tak berlaku karena cara memperlakukannya keliru. Penyimpanan kartu yang tidak benar misalnya, bisa menjadikan kartu tidak terbaca saat petugas kasir memindainya. Pastikan juga kartu diskon berfungsi. Artinya, Anda benar-benar mendapatkan potongan harga dari kartu diskon tersebut.

Beberapa perusahaan kartu kredit menjalin kerja sama dengan supermarket untuk program cashback atau diskon. Contohnya jika belanja di Carrefour dan Transmart Carrefour di Indonesia, kita akan mendapatkan diskon 10% ketika bertransaksi dengan kartu kredit Bank Mega.

Cari Promo Belanja Efektif di Akhir Pekan

Hampir semua supermarket memiliki program menarik saat akhir pekan. Biasanya promo ini berlaku pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu, sehingga sering juga disebut sebagai promo JSM atau week end promo.

Demi menarik konsumen, pada akhir pekan supermarket sering melakukan banting harga untuk produk-produk yang sangat diperlukan konsumen, seperti sembako atau mie instan. Promonya tidak main-main, bisa lebih rendah dari harga grosir.

Hanya saja promo ini memiliki tantangan khusus. Biasanya stok barang cepat habis karena banyak orang menjadi "kalap" memborong barang. Karena itu banyak supermarket yang kemudian membatasi jumlah pembelian.

Cari Promo Belanja di Hari Kerja, Awal Pekan, Awal Hari atau Akhir Hari

hemat belanja bulanan dengan promo supermarket

Saran ini sepertinya jarang dipikirkan konsumen. Sebenarnya anda memiliki peluang besar untuk mendapatkan harga termurah di supermarket, justru di luar akhir pekan. Tahukah anda, banyak pengelola supermarket yang kerap memberikan diskon tambahan pada hari kerja, awal pekan bahkan pagi hari.

Keuntungan tambahan berbelanja pada waktu-waktu tersebut, anda lebih leluasa memilih barang karena kondisi supermarket biasanya tidak terlalu ramai. Jika anda termasuk pekerja kantoran, anda bisa memanfaatkan waktu di sela-sela istirahat untuk berbelanja di supermarket dekat kantor. 

Anda juga bisa belanja menjelang supermarket tutup. Biasanya, ada produk-produk yang dijual dengan harga lebih murah dengan diskon yang bisa mencapai 80%. Ini adalah strategi supermarket untuk mengatisipasi produk basi karena barang sudah tidak mungkin dijual esok harinya.

Cari Promo Belanja Sesuai Kebutuhan

cari promo belanja supermarket

Seberapa pun seksinya promo belanja yang ditawarkan supermarket, anda bisa kebobolan jika tidak disiplin. Sebelum berangkat, catat dengan detil barang apa saja yang perlu dibeli. Buat skala prioritas dari barang paling penting, disusul barang kebutuhan skunder dan terakhir baru barang-barang yang sifatnya entertainment.

Daftar belanja ini paling tidak akan menahan anda dari godaan membeli barang di luar kebutuhan. Selain itu juga bisa membantu untuk perkiraan berapa besar uang yang perlu disediakan untuk belanja.

Sebelum belanja, ada baiknya sudah memiliki jadwal perencanaan menu untuk seminggu atau dua minggu ke depan. Cara ini akan membuat anda lebih mudah berhemat, karena hanya perlu sekali belanja. Sebelum berangkat, cek dulu stok barang-barang yang ada di rumah untuk memastikan apakah memang perlu membeli lagi.

Cari Promo Belanja & Disiplin terhadap Daftar Belanja

Agar program hemat belanja anda efektif, cari promo belanja untuk bahan makanan atau barang yang memang anda butuhkan. Catatlah kebutuhan ini dalam daftar belanjaan. Tanpa daftar belanjaan, Anda akan sangat mudah tergoda membeli barang diskon di luar kebutuhan.

Selain catatan daftar belanjaan, Anda juga perlu catatan berisi daftar harga kebutuhan rutin yang penting. Cek lemari es dan dapur, apa saja kebutuhan tersebut. Biasanya, susu, roti, mie instan dan isi freezer masuk dalam daftar. Tuliskan masing-masing produk di satu halaman buku sebagai judul utama.

Bawa catatan tersebut setiap kali berbelanja di supermarket. Lalu catat berapa harga dari setiap produk, termasuk ketika supermarket menyertakan produk ini dalam program diskon. Catat juga berapa harga setelah diskon. Dengan catatan itu, Anda juga bisa membandingkan harga dari satu supermarket dengan supermarket lainnya dari waktu ke waktu.

Tak perlu menunggu bulan depan, mari optimalkan program promo hemat  saat belanja di supermarket agar belanja anda semakin berkualitas.