Cara Hemat Berinternet di Smartphone Anda

Oleh Editor Selasa, 12 September 2017

Cara Hemat Berinternet Pengaruhi Cashflow Bulanan

Pulsa internet habis sebelum waktunya? Atau, justru Anda harus mengisi pulsa data internet dua kali dalam sebulan? Coba hitung ulang, berapa dana yang mesti Anda keluarkan untuk membeli pulsa internet dalam satu bulan.

Hidup di jaman internet memang memberi banyak kemudahan. Hanya dengan sentuhan gawai di tangan, Anda bisa melakukan apapun tanpa harus beranjak dari kursi. Segala kemudahan itu,  secara tidak sadar telah mengubah   gaya hidup kita menjadi sangat tergantung kepada koneksi internet.

Namun sadarkah Anda, bahwa kecanduan terhadap gawai sering menjadi sumber pemborosan? Mengecek notifikasi di gawai setiap menit, rutin membuka aplikasi satu dengan yang lain, ngobrol tak tentu arah dalam grup whatsapps teman lama adalah aktivitas online yang  menyedot cukup banyak pulsa internet.

Akibatnya, belum satu bulan kuota internet sudah habis sehingga harus diisi lagi. Belum lagi kalau Anda juga suka bermain game online, browsing, nonton youtube dan berbagai  aktivitas online yang sebenarnya sekadar hiburan.

Banyak faktor yang  bisa menyebabkan pemborosan paket data internet  Anda. Demi kesehatan finansial, yuk terapkan cara hemat dalam perilaku berinternet kita. (Strategi untuk  mengatur kesehatan finansial bulanan Anda, bisa  diikuti dalam artikel Danaxtra sebelumnya).

Cara Hemat Pulsa Internet #1 : Aktifkan Data Saat Perlu Saja

Cara hemat pemakaian pulsa internet yang pertama yakni dengan tidak mengaktifkan data setiap saat, Anda cukup mengaktifkannya di waktu-waktu tertentu saja. Ingat, sejumlah kuota internet itu akan tetap terpakai meskipun tidak Anda gunakan. Maka, ketika sedang bekerja, terutama meeting, lebih baik matikan saja data internet Anda. Selain untuk menjaga konsentrasi dalam bekerja, Anda pun dapat menghemat kuota internet.

Akan sangat baik jika Anda hanya mengaktifkannya di waktu senggang seperti saat istirahat. Atau ketika memang perlu berinteraksi secara profesional  dengan klien melalui aplikasi chatting. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengecek gawai berulangkali untuk memeriksa notifikasi. Aturlah waktu berinternet sebijak mungkin.

Cara Hemat Pulsa Internet #2 : Matikan Fitur Auto-Sync

Apakah Anda mengaktifkan fitur auto-sinkronisasi di gadget? Fitur ini akan menyedot  pulsa internet Anda secara otomatis, lho. Terlebih jika fitur auto-sinkronisasi ini Anda pasang pada semua aplikasi. Jika aplikasi auto-sync diaktifkan untuk email Anda misalnya,  maka aplikasi ini akan meng-update email terbaru secara otomatis. Akibatnya, Anda  akan menerima notifikasi email terbaru dengan segera.

Sama halnya jika fitur ini juga Anda aktifkan untuk aplikasi lain.  Anda akan menerima update-an terbaru dari masing-masing aplikasi. Ada sisi baiknya, sih. Anda akan selalu menerima informasi dengan segera. Kabar buruknya, pulsa Anda akan cepat terkuras.

Jadi matikan saja fitur auto sync ini pada sebagian aplikasi. Pilih beberapa yang memang penting informasinya untuk Anda ikuti segera. Selamatkan pulsa internet Anda. 

Cara Hemat Pulsa Internet #3 :  Batasi Aktivasi Data

cara hemat data internet

Cara hemat pemakaian pulsa internet berikutnya ialah dengan mengaktifkan data selular pada aplikasi tertentu saja. Atur pemakaian data seluler di gawai Anda dan aktifkan hanya untuk aplikasi-aplikasi tertentu yang sering Anda gunakan. Misalnya aplikasi chatt  atau media sosial tertentu. Sedangkan untuk aplikasi-aplikasi yang jarang Anda gunakan, seperti Maps, sebaiknya ubah menjadi mode offline agar tidak menghabiskan data.

Jika Anda mempergunakan iPhone, Anda dapat mengubahnya di settings atau Pengaturan, lalu buka Data Cellular. Jika ingin mengaktifkan, geser kursor ke kanan menjadi hijau, jika ingin menonaktifkan geser ke kiri. Artikel ini membantu Anda untuk mendapatkan trik yang cukup efektif dalamuntuk menghindari perilaku boros pemakaian pulsa internet.

Cara Hemat Data Internet #4 :  Batasi Data Tiap Aplikasi

Untuk mengingatkan agar tidak boros dalam mengonsumsi data internet, maka Anda bisa memanfaatkan fitur data usage warning dan limit system. Jika mengaktifkan fitur ini, maka Anda akan mendapatkan peringatan ketika pemakaian pulsa internet melampaui batas yang sudah Anda tentukan.

Misalnya untuk aplikasi chat Whatsapp. Anda bisa membuka tampilan setting atau pengaturan, lalu masuk ke Data and Storage Usage, dan nonaktifkan media auto download. Anda bisa memilih opsi auto download saat terkoneksi dengan wifi saja.

Mau lebih hemat? Anda juga bisa mengatur panggilan di Whatsapp menjadi low data usage. Konsekuensinya,  kualitas  suara memang menjadi kurang baik.

Cara Hemat Data Internet #5 : Gunakan Fitur Airplane Mode

 flight mode cara hemat berinternet

Jika Anda sedang berada di suatu tempat atau kondisi yang tidak memungkinan untuk memegang gawai, mengapa tidak Anda nyalakan fitur airplane mode saja? Dengan demikian, Anda bisa lebih hemat dalam pemakaian internet.

Misalnya saja, saat Anda sedang ingin menikmati quality time dalam liburan bersama keluarga. Agar kebersamaan tetap terjaga, ada baiknya Anda mengaktifkan mode ini. Selain data internet tidak tersedot terus menerus, dengan airplane mode Anda juga tidak akan menerima panggilan dari siapapun.  Perhatian Anda kepada keluarga pun menjadi lebih berkualitas.

Tidak hanya saat sedang kumpul keluarga, Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini saat sedang berdesakan di transportasi umum. Data internet selamat, gadget Anda pun selamat dari incaran pencopet.

Cara Hemat Pulsa Internet Terampuh :  Update Aplikasi Hanya Saat Ada Wi-Fi

Jika Anda perhatikan, pulsa internet Anda sering tersedot saat aplikasi-aplikasi pada gawai Anda "minta di-update", bukan? Coba ubah pengaturan di gawai Anda agar update aplikasi terjadi saat terkoneksi dengan jaringan Wifi. Jangan aktifkan fitur auto-update dengan menggunakan data cellular, sebab itu akan menghabiskan pulsa internet dengan cepat.

Bagaimana cara mengaturnya? Untuk pengguna Android, silahkan buka menu settings, lalu buka auto-update apps, dan pilih auto-update apps over Wifi Only.

Di luar itu, sebenarnya ada lho, fitur finansial yang bisa membantu Anda berhemat data internet. Yuk atur perilaku berinternet kita. Semakin bijak berinternet, semakin banyak pengeluaran yang bisa Anda hemat !