10 Cara Hemat Mengatur Uang Wanita Single

Oleh Editor Rabu, 21 Juni 2017

Perempuan dan belanja merupakan dua tak terpisahkan. Dalam hal pengelolaan uang, kerap kali kaum hawa cenderung boros dan tidak dapat mengatur keuangan pribadi dibanding pria. Benarkah?

Paling tidak hal ini terungkap pada The Journal of Financial Planning melaporkan sekitar 24 % wanita tidak bisa menahan diri dari godaan sale, sementara pria hanya 4,5 % yang  tergiur berbelanja. Apalagi pada wanita  lajang  kerap dihubungkan dengan kondisi keuangannya. Secara umum keuangan kaum lajang memang lebih ringan dibanding wanita menikah.

Faktanya, bagus tidaknya keadaan finansial wanita single memang tidak tergantung pada statusnya. Namun, lebih pada bagaimana cara mengelola keuangannya, sehingga tidak terjadi pemborosan dan justru dapat menabung.  Karena banyak wanita lajang yang belum dapat mengatur uang pribadi dengan baik.

Wanita Single Harus Bertanggung Jawab  Mengatur Uang Pribadi

Kecenderungannya, perempuan lebih banyak  mengeluarkan uang daripada pria. Memang penggunaan uang lebih utama untuk kebutuhan rumah tangga. Namun, yang terjadi  para wanita lajang juga sering tak berpikir panjang ketika menggunakan penghasilannya. Tak jarang mereka cenderung boros dan tidak mempunyai tabungan.

Tidak sedikit wanita lajang yang masih berpikir, kalau keuangannya kelak merupakan tanggung jawab pasangannya. Jadi dia tidak berpikir panjang untuk menggunakan penghasilannya dengan bijak. Padahal, dengan kondisi biaya hidup lebih tinggi saat ini, banyak pria pun tak kalah ngos-ngosan mencari uang. Meskipun sebagai wanita Anda pun harus tetap dapat mengatur uang pribadi  secara mandiri. Jadi Anda tidak akan bergantung pada pasangan.

Kebiasaan Mengatur Keuangan Wanita Single

Dengan demikian, pada wanita masih lajang, tidak berarti  bebas memakai uang. Jangan sampai uang habis dipakai untuk shopping, hang out, traveling,  atau hal lain yang tak perlu. Justru, saat masih sendiri, wanita  sebaiknya sudah memiliki rencana keuangan matang untuk kebutuhan di masa depan.

Kebiasaan mengelola saat lajang tentu saja menjadi hal baik bagi seseorang. Dipastikan bila seseorang mengatur uang pribadi dengan baik akan memberikan manfaat positif dari memiliki sikap lebih bertanggung jawab, bijaksana, teliti, dan hemat.  Perilaku positif ini bila saatnya sudah  berumah tangga akan terus terbawa dan Anda sudah mahir menata uang untuk urusan keluarga.

mengatur bujet keuangan

Banyak Cara Belajar Mengatur Keuangan Wanita Lajang

Dari data menunjukkan memang ada beberapa hal perbedaan menarik cara wanita dan pria dalam menangani uang mereka. Namun, sebetulnya wanita dan pria memiliki perjuangan yang sama berat dalam mengelola keuangannya.  Misalnya saja dalam hal mereka harus menyiapkan asuransi, membayar utang, menyediakan dana darurat, pensiun, dan sebagainya.

Karena itu, wanita juga harus bertanggung jawab dalam hal pengelolaan uang mereka, memahami risikonya, tujuan, pentingnya mengembangkan dana,  dan mencari solusi bagi masalah keuangan. Di era digital  banyak informasi di berbagai website, blog, tools yang mudah diakses mencari berbagai hal tentang investasi. Di era digital ini,  banyak produk investasi, dapat memudahkan siapa pun untuk mencari info tentang investasi.  Atau, Anda pun dapat berkonsultasi dengan konsultan keuangan untuk mempelajari investasi.

Kesadaran Wanita dalam Mengatur Keuangan  

Wanita perlu menyadari pentingnya mengatur keuangan pribadinya. Semakin dini mengelolanya, maka akan kian menguntungkan dirinya untuk mempersiapkan masa depannya. Yang kerap terjadi, wanita sering mengabaikan kalau urusan keuangan bukan merupakan tanggung jawabnya. Hal ini disebabkan karena banyaknya wanita yang masih tergantung pada orang lain misal suami, adik, kakak, dalam hal keuangannya.

Padahal kemampuan mengatur keuangan pribadi itu merupakan tanggung jawab setiap individu dewasa. Hal logis mengingat setiap diri kita harus bertanggung jawab untuk kehidupan kita sendiri, termasuk hal keuangan. Saatnya wanita single mulai memikirkan dan menyadari keuangan pribadinya sebagai bagian penting dalam hidupnya.

Bila Anda mempunyai  keuangan mandiri, Anda akan lebih  tenang menghadapi perjalanan hidup Anda baik menikah ataupun tidak. Jadi keuangan pribadi Anda merupakan bentuk tanggung jawab pada diri sendiri. Mungkin saja saat menikah, bila suatu saat suami Anda tidak sanggup mencukupi kebutuhan keluarga, Anda akan siap menghadapinya.

Beda Trik Wanita Single Mengatur Keuangan dibanding Pria

Wanita secara natural merupakan mahkluk yang lebih rapi, detail, terorganisir dibanding pria. Kemampuan ini sebetulnya ini merupakan hal dasar untuk wanita single lebih berhasil mengelola keuangannya dibanding kaum pria.

Dengan keahlian untuk merapikan berbagai hal, bisa diterapkan dalam keuangan. Misalnya untuk membuat anggaran belanja bulanan dan mencatat sumber penghasilan dan pengeluaran Anda setiap bulannya. Pada akhir bulan, Anda bisa melihat alasan mengapa penghasilan Anda habis dan untuk apa saja. Saatnya Anda membuat prioritas kebutuhan Anda. Pengeluaran tidak terlalu penting pada bulan berikutnya bisa Anda tidak lakukan. Dengan demikian Anda akan bisa lebih mengontrol keangan Anda.

Benarkan Wanita Lajang Tidak Bisa Mengatur Keuangan Pribadi dibanding Pria?

Pada masyarakat memang ditemui fakta kalau perempuan itu  mengeluarkan uang lebih banyak dibanding pria. Namun, memang pengeluaran itu terutama untuk kebutuhan rumah tangga. Di Amerika Serikat, terlihat dua per tiga konsumennya adalah perempuan. Tetapi,  angka itu tidak berbanding lurus dengan gaji yang mereka dapatkan. Masih terdapat kesenjangan gaji antara pria dan wanita di sana.

Meskipun pendapatannya lebih sedikit, tapi wanita lebih baik dalam mengelola utangnya. Hal ini terbukti dari data kredit survei Experian beberapa waktu lalu.  Para pria ternyata punya utang lebih banyak, terutama untuk  kredit mobil dan perumahan  dibanding wanita. Kaum Hawa punya strategi investasi yang lebih baik ketimbang kaum Adam.

Antisipasi  Mengelola Keuangan Wanita Single

Namun begitu, pola pikir wanita single yang mempunyai kepercayaan diri tinggi, namun  menyangkut soal keuangan juga menunjukkan beberapa sisi kelemahan uang yang mengkhawatirkan.  Contohnya para wanita single itu tidak dapat mengikuti para pria dalam soal menabung dan berinvestasi.

Tahukah Anda bahwa pria memiliki 50 persen lebih banyak uang yang disimpan untuk masa pensiun mereka daripada wanita? Ini merupakan  data dari survei perusahaan reksa dana Vanguard tahun 2015.Banyak wanita single tidak memikirkan satu kemungkinan, bila menikah, memiliki anak dan keadaan mengharuskan dia menjadi single parent.

Ini juga menjadi satu cara untuk memperbaiki  cara pengelolaan uang pribadi. Salah satunya menyangkut antisipasi menjadi  orang tua tunggal dan memiliki anak sudah menjadi  bagian penting. Mau tidak mau Anda akan menjadi penopang utama kehidupan keuangan anak Anda.  Di sini Anda perlu bekerja ekstra keras untuk lebih banyak menabung demi masa depan lebih terjamin.

mengatur keuangan wanita lajang

Cara Cerdas Mengatur Keuangan Wanita Single

Meski masih single dan punya penghasilan sendiri, bukan berarti Anda bebas menghamburkan penghasilan Anda. Saatnya Anda mencatat semua pengeluaran termasuk dari tiap harinya. Buat secara terpisah setiap keperluan seperti transportasi, makan dan minum, uang belanja, yang dimasukkan ke dalam sebuah amplop masing-masing.

Catatlah setiap pengeluaran Anda di tiap harinya. Pisahkan keuangan dan keperluan bulanan yang rutin seperti biaya makan, biaya transportasi, uang belanja dan lainya, bagi menjadi beberapa  pos tertentu atau dalam sebuah amplop. Sebaiknya hindari menghabiskan  waktu di pusat perbelanjaan ketika akhir pekan, terutama saat musim sale.

Strategi  Wanita  Single  Mengatur Keuangan Mandiri

Mengatur keuangan pribadi sepertinya bukan hal yang dilakukan nanti, sebaliknya justru dilakukan saat ini. Semakin cepat Anda lakukan maka kian cepat Anda mencapai beragam tujuan kehidupan Anda. Berikut ini beberapa cara  mengatur keuangan bagi wanita lajang:

Memahami Tujuan Keuangan
Menabung memang membutuhkan waktu lama untuk melihat hasilnya, dan hal ini kadang membuat Anda enggan melakukannya. Solusinya, buatlah tujuan keuangan Anda. Semakin jelas arah  keuangan Anda akan memberikan kesadaran pentingnya menabung. Misalnya Anda memvisualisasikan diri Anda menikmati masa pensiun di kondominium atau rumah di pantai atau pegunungan, keliling dunia, dan lainnya.  Dengan tujuan ini membuat Anda  dapat memotivasi diri dan bijak  menabung.

Mengatur Budget Bulanan
Karena single umumnya pengeluaran Anda lebih hemat dibanding yang sudah berkeluarga. Namun begitu, buatlah bujet sehari-hari dalam waktu satu bulan. Jangan lupa jika mempunyai utang, Anda juga harus membuat bujet untuk membayarnya. Buatlah anggaran untuk pemakaian air, listrik, pulsa telepon, internet, dan lainnya.

Buatlah Daftar Belanja
Saat belanja buatlah daftarnya terdahulu di rumah. Ini akan membantu Anda membeli apa yang dibutuhkan. Jangan terkecoh dengan belanja impulsif yang datang tiba-tiba. Sebelum membeli sesuatu barang paling tidak tanyakan ke diri Anda, mengapa saya lakukan ini? Apakah Anda sedang kesal atau marah dan membutuhkan belanja sebagai pelampiasannya? Anda sedang bertengkar dengan pasangan Anda? Anda punya kesempatan untuk membantu diri Anda tidak belanja dengan gegabah.

Tahan Godaan Sale
Bagi perempuan sangat sulit menepis godaan sale. Apalagi dengan iming-iming diskon di atas 50%, buy 1 get 1, buy 2 get 3, dan lainnya. Kadang hal inilah yang kerap membuat banyak wanita lajang terjebak membeli berbagai barang diskon yang sebetulnya tidak diperlukan. Namun, ada solusi lain, Anda bisa memanfaatkan kartu kredit yang selalu memberikan diskon dan cicilan 0% hingga 12 bulan seperti Kartu Kredit HSBC Visa Gold yang memungkinkan Anda mengatur pembelian dengan cara hemat.

●Mengenali Utang Baik & Buruk
Bila Anda mencicil rumah, mobil, ataupun biaya pendidikan, bisa dikatakan sebagai utang yang baik. Karena hal itu merupakan menjadi bagian dasar kehidupan Anda. Namun, kalau Anda mengangsur berbagai barang yang tidak terlalu dibutuhkan (secondary) misalnya mengganti televisi, laptop, atau gadget terbaru walau sebetulnya masih bagus, membuat Anda memiliki utang baru yang tidak terlalu diperlukan. Untuk mengatasi utang tak perlu, sebisa mungkin gunakan tabungan darurat untuk membeli beragam barang ini. Lalu isi kembali uang yang telah digunakan. Atau, Anda bisa gunakan kartu kredit untuk membeli suatu barang yang diperlukan saat diperlukan.

mengatur keuangan wanita lajang

Cari Pekerjaan Tambahan
Bila Anda sudah melakukan penghematan belanja namun ternyata pendapatkan Anda kurang memadai, sepertinya Anda harus mencoba mencari tambahan penghasilan. Saat ini kian banyak cara menambah penghasilan yang tidak membutuhkan modal besar. Misalnya saja menjual produk kosmetik, fashion, sepatu, secara online. Atau menjadi tenaga freelance pemasaran properti, asuransi, dan sebagainya. Selain jaringan kian luas, Anda akan mendapatkan tambahan penghasilan.

●Jangan Menghindar dari Utang
Utang memiliki reputasi buruk karena dinilai menyebabkan kebangkrutan. Namun mengambil kredit dengan pengelolaan yang tepat ternyata dapat berguna. Kredit memungkinkan orang untuk membeli rumah maupun membiayai keperluan mendesak lainnya.  Tapi tetap evaluasi keputusan tentang utang ini dengan mempertimbangkan dampaknya secara hati-hati.

●Membuat Dana Darurat
Banyak yang berpikir tidak wajib memiliki dana darurat. Namun, dana darurat itu akan dibutuhkan saat seseorang mengalami masalah berat dan membutuhkan biaya besar. Buatlah dana darurat dengan membuat rekening khusus dan sisihkan sekitar 5-10% setiap bulannya.  

●Siapkan Dana Pensiun
Walaupun Anda masih berusia muda dan sehat, janganlah lupa menyiapkan dana pensiun. Semakin muda usia Anda mempersiapkannya hasilnya akan semakin baik. Ada banyak cara untuk mengumpulkan dana pensiun, seperti tabungan dana pensiun, asuransi, atau bentuk lainnya. Dengan demikian Anda tidak mengkhawatirkan masa pensiun Anda kelak.

●Siapkan Dana untuk Membeli Rumah
Meskipun Anda single ada baiknya membeli rumah sendiri. Dibandingkan biaya untuk menyewa rumah atau apartemen uang Anda akan habis. Mulainya menabung untuk membeli rumah atau apartemen yang nyaman dengan berbagai variasi harga. Saat ini banyak pameran properti, informasi di website tentang perumahan dan sebagainya. Mempunyai rumah akan membuat Anda merasa aman dan dapat digunakan sebagai bagian investasi Anda.