Ini Tabungan Digital Banking yang Sedang Hits

Oleh Editor Kamis, 24 Agustus 2017

Eranya Digital Banking 

Ini era digital. Demi kepentingan konsumen, dunia perbankan dan keuangan tak mungkin mengabaikan. Maka bermunculanlah berbagai inovasi digital yang menawarkan banyak keunggulan untuk nasabah.

Salah satu produk digital banking yang marak adalah tabungan berbasis digital. Di bidang ini, para pelaku perbankan berlomba-lomba menawarkan fitur yang menjanjikan kemudahan. Termasuk pembukaan rekening melalui telepon pintar.

Digital Banking Layanan Era Milenial 

kecepatan tabungan digital

Salah satu kebutuhan konsumen di era digital adalah kecepatan dan kemudahan. Dua insight inilah yang berusaha dijawab perbankan melalui kecanggihan tabungan digital.

Mirip dengan tabungan konvensional, tabungan digital juga memiliki manfaat utama sebagai tempat menyimpan uang. Bedanya ia sudah dilengkapi dengan inovasi layanan digital yang memungkinkan nasabah mengakses saldo rekening hingga transaksi melalui browser di laptop atau smartphone.

Tentu saja layanannya tetap disesuaikan dengan fitur perbankan konvensional sesuai dengan aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk mendapatkan produk tabungan digital ini, Anda hanya perlu membuat rekening secara online lewat Andorid atau iOS. Tidak perlu repot, cukup mengunduh aplikasinya di telepon pintar Anda.

Fitur Utama Digital Banking : Buka Rekening Via Smartphone

Salah satu keunggulan yang ditawarkan melalui inovasi digital banking adalah kemudahan membuat rekening lewat smartphone. Jadi, Anda tidak perlu lagi membuang waktu dengan mengantre di bank. Dengan hadirnya tabungan digital ini, segala proses transaksi akan cepat dan efisien.

Selain itu, tabungan digital juga mengurangi penggunaan kertas karena segala transaksi dilakukan secara online. Mulai dari pendaftaran, verifikasi, penerimaan kartu ATM, sampai pengaktifan layanan M-Banking.  (baca ini : 10 layanan internet banking yang perlu disimak

Apa lagi kemudahan dan inovasi tabungan digital yang ditawarkan bank? Simak ulasannya  di bawah ini.

Jenius, Digital Banking BTPN

ATM tabungan digital

Jenius ialah produk tabungan digital banking BTPN yang menawarkan kemudahan dalam membuka rekening. Anda cukup mendaftar secara online dengan mengunduh aplikasi di Android atau iOS. Setelah mendaftar, Anda akan didatangi pihak Jenius untuk memperoleh tanda tangan sekaligus memberikan kartu ATM.

"Kalau buka rekening (konvensional) di bank kan butuh waktu 30 sampai 45 menit, selain itu ada fee Rp 15.000, dan harus ada  saldo minimal Rp 50.000. Ini tidak familiar. Di Jenius, Anda tak perlu pergi ke bank. Begitu daftar di aplikasi, kartu (debit) diantar langsung ke rumah," papar Irwan Trisnabudi, Product and Value Proposition Head Jenius.

Digital Banking BTN Cermat, Bebas Biaya Administrasi

Senada dengan tabungan digital Jenius, segala proses transaksi BTN Cermat juga cukup dilakukan lewat smartphone seperti mobile banking. Untuk membuka akun tabungan BTN Cermat, Anda dapat meminta bantuan Agen Laku Pandai di kantor Pos Indonesia. 

Tabungan BTN Cermat ini tidak memiliki kantor fisik, melainkan hanya menggunakan kartu dan tidak memakai buku tabungan. Kabar baiknya, tabungan ini bebas biaya administrasi lho..

Tyme Digital Banking Commonwealth, Tak Perlu Isi Saldo

saldo tabungan digital

Bank Commonwealth menawarkan layanan digital banking dengan menghadirkan terobosan baru berupa proses pembuatan rekening yang sangat singkat. Waktu yang dibutuhkan sekitar 10-15 menit.

Lewat mesin bernama Tyme Digital, nasabah dapat membuka rekening hanya dengan membawa KTP dan NPWP yang akan di-scan. 10 menit kemudian, tarraa.. rekening Anda sudah siap.

Mesin ini memfasilitasi semua proses pembukaan rekening, termasuk pembuatan kartu ATM yang langsung aktif. "Calon nasabah juga tidak perlu mengisi saldo di ATM," ujar Rian Kaslan, Head of Corporate Strategy & Digital Solutions Bank Commonwealth. (baca ini : Buka Rekening 10 Menit )

Woke Digital Banking Bukopin Gandeng 10 Fintech

Bank Bukopin tidak mau ketinggalan turut meramaikan dunia digital banking dengan meluncurkan produk yang diberi nama Tabungan Woke. Tabungan digital ini memiliki dua tipe, yakni registered dan unregistered. Tipe registered adalah jenis tabungan digital yang disimpan di server Bank Bukopin. Sedangkan untuk tipe unregistered, seluruh transaksi Anda dapat digunakan lewat e-wallet alias dompet elektronik.

Dalam memasarkan, mengenalkan, dan menunjang produk Tabungan Woke, Bank Bukopin telah menggandeng sekitar 10 perusahaan startup yang bergerak di bidang teknologi finansial (fintech). 

Menurut Adhi Bramantya, Direktur Pengembangan Bisnis Teknologi Informasi (TI) Bukopin, sebagian fitur dari produk Tabungan Woke merupakan kontribusi dari startup binaan Bukopin.

Berbagai inovasi digital banking ini niscaya semakin mempermudah proses transaksi perbankan Anda. Selamat menabung dengan cerdas, teman!