Gaji Kurang dari Rp 2,5 juta? Ada Asuransi Mikro untuk Anda

Oleh Editor Jum`at, 25 Agustus 2017

Asuransi Mikro Premi Murah

asuransi mikro untuk gaji minim

Anda ingin mengansuransikan kesehatan keluarga? Atau, ingin punya jaminan atas usaha kecil yang tengah dirintis? Tapi setelah dihitung-hitung, Anda bingung sendiri karena penghasilan bulanan ternyata hanya berkisar pada bilangan Rp 2 jutaan?

Jangan khawatir, sekarang ada asuransi yang sesuai dengan kemampuan Anda. Namanya Asuransi Mikro, produk perlindungan yang khusus menyasar konsumen dengan kondisi keuangan terbatas. Yaitu masyarakat dengan penghasilan tidak lebih dari Rp 2,5 juta.

Sst.. preminya murah sekali, lho.  Harga  premi bruto asuransi mikro saat ini maksimal hanya sebesar Rp50.000! Padahal covered yang ditawarkan cukup luas.

Beda Asuransi Mikro dengan Non Mikro

Sebelum masuk ke benefit produk, mari telaah dulu apa perbedaan antara asuransi mikro dengan non mikro.

Pertama, polis asuransi mikro jumlahnya tidak lebih dari dua lembar, baik dalam bentuk sertifikat ataupun voucher. Bentuk polis ini jelas berbeda dengan asuransi non mikro yang terdiri dari beberapa lembar bahkan ada yang berbentuk buku. 

Pada umumnya polis asuransi mikro berbentuk sangat ringkas, ditulis dalam Bahasa Indonesia yang jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat awam. Dengan demikian tidak akan menimbulkan multi tafsir bagi mereka yang membacanya. Perusahaan harus tetap menerbitkan tanda kepesertaan bagi masing-masing peserta pemegang polis, berupa sertifikat polis.

Kedua, dalam hal santunan, asuransi mikro dikemas secara sederhana dan mudah diproses. Dokumen klaim yang dipersyaratkan tidak lebih dari 4 (empat) jenis saja. Yaitu data diri sebagai peserta asuransi (yang berhak menerima manfaat), dan bukti tertulis terkait dengan risiko yang dijamin.

Santunan asuransi mikro bisa diterima hanya dalam waktu kurang dari 10 hari setelah dokumen lengkap lho. Bandingkan dengan asuransi non mikro yang butuh waktu 30 hari.

Selain itu, asuransi mikro hanya punya sedikit pengecualian. Berbanding terbalik dengan asuransi non mikro yang punya banyak pengecualian.

Manfaat Asuransi Mikro Untuk Masyarakat Kecil

asuransi mikro untuk petani

Asuransi semestinya memberikan manfaat untuk semua kalangan, bukan hanya kalangan menengah ke atas. Menurut Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, asuransi mikro akan memberikan banyak manfaat.

Misalnya saja, dengan asuransi mikro di bidang pertanian, petani bisa mengansuransikan tanamannya. Sehingga jika terjadi gagal panen, maka petani akan mendapat dana dari asuransi.

Tidak hanya petani, masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah seperti nelayan ataupun pelaku usaha kecil menengah akan membutuhkan asuransi. Mengapa? Karena biasanya mereka belum memiliki simpanan atau perencanaan keuangan ketika dihadapkan dengan risiko bencana. 

Misalnya seperti musibah kecelakaan, cacat, gagal panen, hingga kematian. Dengan asuransi mikro ini, mereka akan memiliki jaminan jika suatu saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

Apa Saja Penawaran Asuransi Mikro?

Tidak berbeda jauh dengan asuransi non mikro, asuransi mikro memberikan beberapa penawaran. Seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi kerugian. Asuransi jiwa akan menjamin santunan biaya pemakaman dan pembayaran sisa pinjaman berupa hutang kredit dan sebagainya. Adapun asuransi kerugian menjamin santunan untuk pembangunan rumah atau tempat usaha pasca bencana alam. 

Asuransi mikro yang paling populer adalah asuransi kesehatan. Asuransi ini akan menjamin biaya rumah sakit, juga santunan tunai pengganti penghasilan yang hilang akibat peserta sakit atau mendampingi keluarga yang sakit. (baca ini : memilih asuransi kesehatan murah dan bagus)

Ada beragam produk asuransi mikro dengan manfaat yang sangat dibutuhkan semua orang. Di antaranya adalah Warisanku, Rumahku, Stop Usaha Erupsi, Stop Usaha Gempa Bumi, Asuransiku, Asuransi Mikro Penuh Cinta (Si Peci), dan Asuransi Mikro Syariah (Si Bijak).

Si Peci adalah produk asuransi jiwa yang memberikan santunan duka kepada ahli waris sebesar Rp5.000.000 apabila tertanggung meninggal dunia karena sakit dan santunan sebesar Rp25.000.000 apabila tertanggung meninggal dunia akibat.

Si Bijak merupakan sebuah produk asuransi mikro syariah yang memberikan jaminan terhadap risiko meninggal dunia karena sakit, santunan pemakaman pada tertanggung yang meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan. Juga untuk hilangnya penghasilan karena kebakaran, bencana alam, pencurian, perampokan terhadap rumah tempat tinggal, atau kendaraan, atau kios atau gerobak usaha yang diasuransikan dalam masa kepesertaan asuransi syariah.

Warisanku adalah produk asuransi mikro yang memberikan jaminan terhadap risiko meninggal dunia akibat kecelakaan dengan uang santunan duka sebesar Rp10.000.000 untuk ahli waris, ditambah dengan biaya pemakaman sebesar Rp500.000 bagi tertanggung yang meninggal dunia karena sakit.

Rumahku adalah asuransi yang memberikan perlindungan untuk bangunan tempat tinggal dan bangunan usaha mikro terhadap risiko-risiko kerusakan yang terjadi akibat kebakaran, ledakan petir, kejatuhan pesawat, asap, dan meninggal dunia. Santunan kebakaran yang akan diberikan adalah sebesar Rp5.000.000 untuk pemilik bangunan, Rp500.000 untuk penyewa bangunan, dan santunan duka sebesar Rp5.000.000 untuk ahli waris.

Stop Usaha Erupsi memberikan perlindungan terhadap beberapa objek. Yaitu untuk  tempat usaha (berupa kios, warung, lapak, gerobak, bakulan, sepeda, sepeda motor, sampan, dan tempat usaha lainnya. Selain itu perlindungan juga meliputi modal usaha atau isi tempat usaha tersebut. ( baca ini : asuransi UMKM yang layak ditilik )

Asuransi ini memberikan perlindungan kepada objek di atas terhadap risiko kerusakan akibat kebakaran, ledakan petir, kejatuhan pesawat, asap, kerusuhan, tertabrak kendaraan, dan letusan gunung berapi (erupsi).

Stop Usaha Gempa Tsunami memberikan perlindungan terhadap risiko kerusakan akibat kebakaran, ledakan petir, kejatuhan pesawat, asap, kerusuhan, tertabrak kendaraan, gempa bumi dan tsunami. Objek perlindungan meliputi tempat usaha dan modal usaha seperti pada asuransi stop usaha erupsi. 

Cara Ajukan Asuransi Mikro

kesederhanaan asuransi mikro

Asuransi mikro menawarkan peluang bagi siapa saja untuk mendapatkan perlindungan. Oleh sebab itu, bentuk-bentuk perlindungan asuransi ini pun dikemas secara sederhana, lugas, dan tidak begitu kompleks. Jadi, proses pendaftarannya pun dibuat dengan berbagai kemudahan. 

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menyediakan asuransi mikro dalam bentuk voucher. Adapun proses pendaftaran dan pengajuan klaim bisa dilakukan lewat SMS. Preminya sangat terjangkau. Cukup membayar Rp 50 ribu, Anda akan mendapat perlindungan yang luas. Mudah, bukan?

Cara Mendapatkan Asuransi Mikro

Untuk perorangan, produk asuransi mikro dapat dibeli langsung ke perusahaan asuransi, melalui swalayan, kios-kios, kantor kepala desa atau tempat lain yang ditentukan oleh perusahaan asuransi. Dengan demikian, Anda tidak perlu menemui agen asuransi dengan prosedur dan persyaratan yang rumit seperti dalam pembelian  asuransi non mikro.

Untuk pembelian secara berkelompok, dapat dibeli di mana mereka bergabung dalam organisasi berbadan usaha seperti halnya koperasi, organisasi keagamaan dan asosiasi lokal.

Asuransi Mikro, Perluas Hak Perlindungan untuk Semua Masyarakat

Minimnya pengetahuan tentang asuransi mikro membuat masyarakat berpenghasilan rendah ragu untuk memiliki asuransi. Padahal, asuransi mikro ini memilki peran yang sangat penting sebagai katup penyelamat dari jurang kemiskinan karena menyediakan alternatif pengalihan risiko bagi keluarga berpenghasilan rendah. Terlebih jika suatu saat terjadi musibah secara tidak terduga, maka asuransi mikro ini akan memberikan jaminan biaya santunan dan lainnya.

Padahal dengan biaya premi yang sangat murah, asuransi ini menawarkan berbagai bentuk manfaat dan covered yang luas. Misalnya untuk membiayai pendidikan anak jika pencari nafkah keluarga meninggal, membiayai rumah sakit anak-anak, atau melindungi petani jika suatu saat terjadi gagal panen karena kekeringan atau cuaca ekstrim.

So, bagaimana pun kondisi ekonomi Anda, jangan ragu untuk berasuransi. Asuransi mikro siap menjadi teman dan perlindungan kehidupan keluarga Anda